Berapa Suhu Ideal Transmisi Matic Pada Mobil ?

lksotomotif.com - Panas yang berlebihan pada setiap sistem di mobil akan mengakibatkan dampak yang buruk. Baik itu pada mesin, sistem pengereman dan juga transmisi. Transmisi yang patut diperhatikan suhu panasnya adalah jenis transmisi automatis ( matic ). Ini dikarenakan jenis transmisi ini cara kerjanya sangat berpengaruh terhadap kapasitas dan kwalitas minyak pelumas.

Mempertahankan suhu transmisi yang ideal merupakan bagian terpenting  agar tetap berfungsi dalam waktu lama. Faktanya, panas berlebih ( overheat ) adalah masalah besar yang menyebabkan hampir 90% kegagalan transmisi otomatis.

Apa yang menyebabkan transmisi mengalami kondisi overheat? Mungkin ada beberapa hal, namun penyebab utamanya adalah cairan transmisi yang terlalu banyak bekerja. Cairan ini adalah sumber utama dari keseluruhan sistem kinerja gearbox. Kesalahan apa pun pada transmisi akan memengaruhi fungsi transmisi dan masa pakainya.

Berapa Suhu Transmisi Ideal?

Mobil  akan  aman jika suhu cairan minyak pelumas pada transmisi girboks berkisar antara 80 sampai 110 derajat celcius . Menjaga suhu kurang dari 80°C menunjukkan kondisi sehat dan memastikan jarak tempuh yang jauh. Sebaliknya, akan mengkhawatirkan jika suhu melebihi 110°C. Setiap 20 derajat melewati ambang batas tersebut akan mengurangi separuh masa pakai transmisi Anda.

Penyebab Minyak  Transmisi Memanas

Hampir keseluruhan komponen - komponen pada transmisi terbuat dari material logam yang saling berkaitan. Bagian-bagian gearbox ini akan  bergesekan satu sama lain dan gesekan yang terjadi akan  menghasilkan panas internal dalam jumlah besar. Cairan berputar di dalam konverter torsi, roda gigi, bantalan, pelat kopling, dan bagian lain dan suhunya meningkat seiring dengan pergerakan mobil.

Jika semua komponen berfungsi dan Anda mengemudi dengan kecepatan normal, suhu transmisi ideal adalah 80°C atau kurang. Cairan tersebut akan bertahan selamanya atau tepatnya hingga 160.000 km jika Anda selalu bisa berkendara pada suhu tersebut.

Namun kotoran pada minyak atau butiran halus akibat gesekan komponen, kurangnya perawatan rutin, dan bagian yang rusak atau pecah, kebocoran cairan, berkendara dengan kecepatan tinggi dalam waktu lama, dan beberapa alasan lainnya menyebabkan cairan transmisi menjadi panas. Masalahnya adalah kualitas dan umur cairan mulai menurun begitu panas mulai menumpuk dan melewati batas aman.

Apa yang Terjadi Jika Transmisi Mengalami  Overheat?

Panas berlebih akan merusak kualitas pelumas dan kemampuan gesekan cairan. Keadaan yang sangat panas akan mengoksidasinya dan membuatnya membentuk pernis pada bagian internal komponen.

Ketika suhu melewati 110°C, seal karet akan mengeras dan menyebabkan retak. Akibatnya, seal  ini mengalami kebocoran akiat dari baik tekanan maupun cairan. Ketika suhu mencapai hampir 110°C, transmisi mulai selip dan berhenti berfungsi karena minyak yang habis  dan koplig ( cluth ) slip.

Cairan yang terlalu panas mengeluarkan bau seperti roti bakar dan berwarna coklat hingga gelap. Anda harus memeriksanya secara teratur untuk menghindari perbaikan transmisi yang mahal atau pekerjaan penggantian di kemudian hari.

Baca juga : 6 Ciri - Ciri Transmisi Anda Mengalami Overheat

Cara Pencegahan Transmisi Matic Mengalami Overheat

suhu ideal transmisi matic mobil

Perawatan dan pemeriksaan rutin adalah kunci untuk menjaga suhu transmisi tetap ideal. Periksa komponen untuk melihat apakah ada tanda-tanda keausan. Cairan harus berada pada tingkat dan warna yang tepat. Cairan normal terlihat berwarna merah dan berbau merah tua, tetapi hal ini perlu dikhawatirkan jika berubah warna menjadi kecoklatan atau berubah menjadi gelap. Selain itu, Anda dapat menggunakan pengukur suhu untuk mengetahui seberapa panas transmisinya. Ini akan membantu Anda mengambil tindakan pada waktu yang tepat.

0 Response to "Berapa Suhu Ideal Transmisi Matic Pada Mobil ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel