Spesifikasi Mesin, Masalah & Keandalan Mesin Toyota 2ZR-FE/FAE/FXE 1.8L

mengenal mesin toyota corolla cross dan facelift


lksotomotif.com - Baru - baru ini Toyota Indonesia telah meluncurkan Toyota Corolla Cross Facelift. Secara keseluruhan, jantung pacu yang digunakan masih sama dengan Corolla Cross yang menggunakan mesin berkode 2ZR-FE.

Mesin 2ZR-FE menempati posisi tengah dalam rentang tenaga keluarga ZR, antara mesin 1ZR dan 3ZR. Mesin bensin empat silinder 1,8 liter ini diperkenalkan pada tahun 2007 dan dengan cepat menjadi alternatif unit tenaga 1ZZ-FE. Toyota memproduksi beberapa varian 2ZR yang berbeda tergantung pada model kendaraan (misalnya Toyota Corolla reguler atau Toyota Prius hybrid) dan pasar (Eropa, Jepang, Amerika Utara, dan lain-lain).

Basis 2ZR-FE memiliki blok silinder aluminium dengan lapisan besi cor tipe berduri, conecting rod terbuat dari baja, dan piston ringan dengan rok berlapis resin. Piston didinginkan oleh oli mesin yang disemprotkan ke bagian bawah piston dengan jet oli yang dipasang di dalam blok mesin. 

Kepala silinder terbuat dari aluminium dengan  16 katup dipasang di atas blok dengan paking kepala silinder tipe logam tiga lapis. Mesinnya dilengkapi dengan rantai timing dan dua camshaft ( DOHC ). Katup digerakkan oleh roller rocker arm. 

Rangkaian katup mencakup penyetel celah hidraulik untuk menjaga jarak bebas katup nol secara konstan. Diameter katup masuk adalah 31,9 mm; diameter katup buang 27,4 mm. Mesin 2ZR memiliki waktu masuk dan buang yang bervariasi - sistem Dual VVT-I. Spesifikasi camshaft (intake/exhaust): durasi 246/234 derajat; angkat katup adalah 9,9/9,7 mm.

Bagian  intake manifold dari plastik, throttle body yang dikontrol secara elektronik, dan ETCS-I (Electronic Throttle Control System - cerdas) Toyota. Mesin 2ZR-FE memiliki sistem injeksi bahan bakar sekuensial yang dilengkapi dengan injektor 12 lubang. Selain itu, mesin ini menerima pengapian elektronik modern (DIS) dengan koil-on-plug. Busi merupakan jenis elektroda tipis berujung iridium. Exhaust Manifold buang terbuat dari baja tahan karat. 

Versi 2ZR-FAE (2009 - sekarang) menggantikan seluruh 1ZZ-FED dan juga mesin dasar 2ZR-FE di beberapa kendaraan. 2ZR-FAE dilengkapi sistem Valvematic dan peningkatan rasio kompresi. Sistem Valvematic secara konstan menyesuaikan pengangkatan katup masuk dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

Dengan sistem Dual VVT-I dan Valvamatic, versi 2ZR ini mengkonsumsi bahan bakar 5-10% lebih sedikit dibandingkan 2ZR-FE dan menghasilkan tenaga yang sedikit lebih besar.

2ZR-FXE (2010 - sekarang) merupakan modifikasi lain dari mesin 2ZR-FE, yang banyak digunakan pada model hybrid Toyota seperti Toyota Prius, C-HR hybrid, Lexus CT200h. Mesin ini dilengkapi pengoperasian siklus Atkinson, VVT-i hanya untuk poros camshfat masuk, rasio kompresi 13,0:1, dan sistem resirkulasi gas buang (EGR) berpendingin. 

2ZR-FXE menggantikan mesin 1,5 liter 1NZ-FXE, yang sebelumnya digunakan pada Toyota XW30 Prius.


   
Manufacturer   
   
Toyota Motor Manufacturing West Virginia;   Shimoyama Plant
   
   
Production years   
   
2007-present   
   
   
Cylinder block material   
   
Aluminum   
   
   
Cylinder head material   
   
Aluminum   
   
   
Fuel type   
   
Gasoline   
   
   
Fuel system   
   
Sequential fuel injection   
   
   
Configuration   
   
Inline   
   
   
Number of cylinders   
   
4   
   
   
Valves per cylinder   
   
4   
   
   
Valvetrain layout   
   
DOHC   
   
   
Bore, mm   
   
80.5 mm (3.17 in)   
   
   
Stroke, mm   
   
88.3 mm (3.48 in)   
   
   
Displacement, cc   
   
1,798 cc (110 cu in)   
   
   
Type of internal combustion engine   
   
Four-stroke, naturally aspirated   
   
   
Compression Ratio   
   
10.0:1 - 2ZR-FE; 10.5:1 -   2ZR-FAE; 13.0:1   - 2ZR-FXE
   
   
Power, hp   
   
95-148 hp (71-110 kW)/5,200-6,600   
   
   
Torque, lb ft   
   
105-129 lb-ft (142-175 Nm)/3,600-4,400   
   
   
Engine weight   
   
214 lbs (97 kg)   
   
   
Firing order   
   
1-3-4-2   
   
   
Engine oil weight   
   
SAE 5W-20   
   
   
Engine oil capacity, liter   
   
4.2 l (4.4 qt)   
   
   
Oil change interval, mile   
   
9,000 (15,000 km) / 12 months   
   
   
Applications   
   
Toyota Avensis, Toyota Corolla, Toyota   Matrix, Toyota Allion, Toyota Premio, Toyota Yaris/Vitz, Scion xD, Toyota   Corolla Rumion, Toyota iSt, Toyota Wish, Toyota Prius, Toyota C-HR hybrid,   Toyota Voxy Hybrid, Toyota Auris, Toyota Verso, Lexus CT200h, Pontiac Vibe,   Lotus Elise, Junpai D60      

0 Response to "Spesifikasi Mesin, Masalah & Keandalan Mesin Toyota 2ZR-FE/FAE/FXE 1.8L"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel