Perbandingan Ban Bridgestone VS Michelin, Mana Yang Paling Bagus ?

ban bridgestone vs michelin


lksotomotif.com - Bridgestone dan Michelin adalah sama-sama dikenal sebagai merek ban terbaik di pasar otomotif saat ini. Masing-masing brand tersebut   memiliki keunggulan tersendiri untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Namun banyak pengendara yang bertanya-tanya saat mengambil keputusan untuk membeli salah satu ban tersebut.

Mana yang lebih baik, Bridgestone atau Michelin ? Untuk menjawab pertanyaan ini dengan benar, dikutip dari Car From Japan, berikut gambaran mengenai kedua brand ban terbaik tersebut.

Kriteria Ban Mobil Yang Bagus

Ban merupakan bagian terpenting dalam kendaraan apa pun, namun tidak semua ban mobil menjamin standar kualitas dan keamanan. Biasanya, ban mobil yang bagus akan memenuhi kriteria berikut:

Pengoperasian Yang Mudah

Ban mobil yang baik akan membantu mobil beroperasi dengan lancar dan mengurangi kebisingan. Ban yang lebih tebal cenderung lebih senyap dibandingkan ban yang lebih tipis, sehingga pembeli sebaiknya mempertimbangkan fitur ini saat memilih ban. Pelek yang besar, ban yang tipis, dan permukaan ban yang lebar dapat memberikan traksi yang baik namun juga dapat menimbulkan kebisingan dan bantingan yang keras.

Daya Tahan Tinggi

Umur pemakaian ban  merupakan faktor kunci dalam menentukan kualitas ban mobil. Ban dengan kwalitas bagus memiliki banyak tapak yang tajam dan lekukan yang dalam di permukaannya. Bahannya harus keras tetapi tidak terlalu kasar atau elastis. Pembeli sebaiknya memilih ban dengan desain khusus dan ketahanan benturan yang baik.

Batas  Kecepatan Ban

Batas kecepatan ban ditentukan oleh lambang huruf yang menempel pada dinding ban. Ini menjadi kunci penting untuk mengetahui batas maksimum kecepatan pada ban tersebut. Dinding samping ban akan menampilkan huruf yang menunjukkan tingkat kecepatan, seperti T, H, V, W, Y, atau Z. 

Huruf ini menunjukkan kecepatan maksimum yang memungkinkan ban dikendarai dengan aman. Misalnya, ban dengan peringkat kecepatan H dapat dikendarai dengan aman pada kecepatan hingga 240 km/jam, sedangkan ban dengan peringkat kecepatan T dapat dikendarai dengan aman pada kecepatan hingga 200 km/jam. Ban dengan peringkat kecepatan V, W, Y, atau Z dapat dikendarai dengan aman pada kecepatan 239-299 km/jam, namun umur ban tersebut mungkin lebih pendek.

Peringkat Kwalitas Tapak Ban

Peringkat keausan tapak adalah ukuran berapa lama suatu ban diperkirakan akan bertahan. Ini ditetapkan oleh pemerintah dan didasarkan pada tes standar. Semakin tinggi tingkat keausan tapak, diharapkan ban tersebut akan bertahan lebih lama. 

Peringkat keausan tapak 200 berarti ban diharapkan dapat bertahan dua kali lebih lama dibandingkan ban dengan peringkat keausan tapak 100. Namun perlu diingat bahwa peringkat keausan tapak hanyalah perkiraan. Umur ban sebenarnya akan bergantung pada sejumlah faktor, termasuk kondisi berkendara, perawatan, dan beban yang dipikul.

Peringkat Traksi ( Gaya Gesek )

Peringkat traksi menunjukkan seberapa baik ban mampu mencengkeram jalan dalam kondisi basah dan kering. Ini biasanya juga ditetapkan oleh pemerintah dan didasarkan pada tes standar. Semakin tinggi tingkat traksi, semakin baik cengkeraman ban. 

Kriteria ini sangat penting terutama untuk ban truk yang akan ditarik. Ada dua jenis peringkat traksi: AA dan A. AA adalah peringkat tertinggi, dan ini menunjukkan bahwa ban memiliki cengkeraman yang sangat baik dalam kondisi basah dan kering. A adalah nilai tertinggi kedua yang menunjukkan bahwa ban memiliki daya cengkeram yang baik dalam kondisi basah dan kering.

Selain aspek diatas, Anda juga harus mempertimbangkan spesifikasi ban seperti kondisi jalan, indeks beban, dan aspek rasio.

Berdasarkan standar tersebut, kami akan mulai mengevaluasi dan membandingkan kelebihan & kekurangan ban Bridgestone vs Michelin. Saat bertanya-tanya tentang membeli ban dari berbagai merek, berikan kriteria Anda dan lakukan perbandingan. 

Membandingkan ban Michelin dan Bridgestone di bawah ini akan memberi Anda jawaban lengkap. Baik ban Michelin maupun Bridgestone sepenuhnya memenuhi kriteria di atas dan menjadi pilihan pertama pengemudi. Untuk mengetahui antara Michelin dan Bridgestone: ban mana yang terbaik? mari kita telusuri kelebihan & kekurangan ban ini:

Ban Bridgestone

Bridgestone merupakan produsen ban terkemuka asal Jepang yang didirikan pada tanggal 1 Maret 1931. Memiliki jumlah pelanggan yang banyak, perusahaan memperluas produksinya dengan membangun pabrik di beberapa negara. Ban Bridgestone merupakan salah satu merek ban mobil premium yang umum digunakan. untuk berbagai jenis mobil terutama sedan, SUV, dll. Selain itu, ban Bridgestone didesain khusus untuk setiap model, misalnya

Jenis mobil SUV & Crossover: Ban Bridgestone Alenza, Ban Bridgestone Dueler, Ban Bridgestone Ecopia…

Jenis mobil Sedan & Hatchback: Ban Bridgestone Turanza, Ban Bridgestone Ecopia, Ban Bridgestone Potenza

Apakah Ban Bridgestone Bagus?

Ada beberapa keunggulan yang tidak dapat disangkal jika berbicara tentang ban Bridgestone:

Bridgestone memiliki varian ban lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Ada banyak jenis ban seperti Ecopia – dengan fungsi hemat bahan bakar, Turanza – memberikan kelancaran pengoperasian, atau ban Dueler untuk SUV, Bridgestone bisa bangga menjadi salah satu produsen ban terkemuka di dunia dengan berbagai macam produk yang  sesuai dengan selera konsumen.

  • Daya tahan yang tinggi, menunjang kemampuan kendaraan dalam menghemat bahan bakar
  • Pengendaraan mulus, handling dan manuver mudah, dan menopang sistem rem dengan kokoh.

Kekurangan Ban Bridgestone

Bridgestone dibuat  untuk pelanggan kelas menengah, sehingga tidak banyak inovasi pada beberapa lini ban khusus untuk beberapa kendaraan khusus.

Penilaian subjektif sebagian besar pengguna adalah ban Bridgestone tahan lama namun cukup berisik karena karakternya yang kaku.

Namun, tergantung pada pengalaman pengguna, mereka mungkin menganggap ban Bridgestone bagus atau tidak, atau cocok untuk perjalanan sehari-hari.

Ban Michelin

Michelin merupakan salah satu perusahaan ban terkemuka di Perancis yang didirikan pada tahun 1989, namun hingga saat ini ban Michelin telah hadir di lebih dari 170 negara di dunia dengan jaringan pabrik yang luas.

Apakah ban Michelin bagus?

Ban mobil Michelin sangat dihargai, merupakan salah satu merek ban mobil terbaik, dan seringkali dipasang pada mobil paling mewah di pasaran, terutama sedan mewah, atau mobil sport. Selain itu, ban Michelin juga dianggap sebagai ban terbaik untuk jenis mobil SUV.

Ban Michelin memiliki umur yang panjang, daya tahan yang luar biasa, dan efisiensi bahan bakar karena gaya resistansinya yang rendah. Ban Michelin adalah pilihan ideal bagi pengemudi yang peduli dengan ketahanan, keamanan, dan keunggulan produknya.

Dengan lapisan struktural yang modern, ban Michelin tidak hanya menjamin kehalusan dan cengkeraman saat dioperasikan, tetapi juga memberikan umur yang panjang saat digunakan, bahkan saat sering bepergian ke luar jalan raya.

Ban Michelin dirancang dan diproduksi dengan cara yang modern untuk memberikan keselamatan bagi penggunanya dan ramah lingkungan. 

Kontra ban Michelin

Kami harus mengatakan bahwa tidak murah bagi Anda untuk memiliki ban Michelin. Harga rata-rata ban Michelin berkisar antara 2 juta hingga belasan juta. Oleh karena itu, jika Anda mencari ban mobil murah, maka Michelin bukanlah pilihan yang tepat.

Menurut review pengguna, ban Michelin akan kurang awet jika sering bepergian di jalan yang buruk, namun tingkat kebisingannya selalu rendah di setiap kondisi jalan.

Michelin dan Bridgestone – Pertarungan Dua Merek Ban Terkenal yang Tak Terkalahkan

Saat membandingkan ban Michelin dan Bridgestone, sulit untuk menyimpulkan bahwa ban Bridgestone dan Michelin adalah pilihan terbaik. Namun dapat dipastikan bahwa ini adalah merek yang dapat Anda percayai.

Mengenai kualitas ban Michelin dan Bridgestone, merek-merek ini telah terbukti dengan jelas ketika digunakan pada mobil balap F1 terkenal dan menjadi sponsor utama acara-acara yang berhubungan dengan mobil sport.

Namun, jika dibandingkan dengan ban umum lainnya, ban Michelin dinilai dapat membantu mengalirkan air lebih cepat, mengurangi licin, dan memberikan Anda pengendalian yang lebih baik. Jika Anda sering berkendara dalam kondisi cuaca buruk seperti jalan basah, hujan lebat, atau salju, sebaiknya pilih ban Michelin. 

Kesimpulan

Sebagai penutup artikel, kami ingin memberikan kesimpulan bahwa sangat sulit memberikan saran apakah akan menggunakan ban Michelin atau Bridgestone bahkan untuk seorang ahli sekalipun. Itulah sebabnya kami menghabiskan artikel ini untuk mencantumkan informasi lengkap tentang setiap jenis ban karena melaluinya Anda dapat mengandalkan sejarah, reputasi, dan kebijakan garansi pelanggan.

0 Response to "Perbandingan Ban Bridgestone VS Michelin, Mana Yang Paling Bagus ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel