Lakukan 5 Langkah Ini Untuk Memperoleh Posisi Mengemudi Yang Tepat

Posisi Mengemudi - Posisi mengemudi yang tepat akan memberikan keuntungan yang banyak bagi pengemudi diantaranya yaitu meningkatkann pandangan kedepan dan memaksimalkan keamanan dalam berkendara.

Jika Anda masih berpikir bahwa posisi mengemudi yang paling tepat adalah dengan meletakkan tangan pada roda kemudi di posisi angka 2 dan 100 ( seperi yang diajarkan pada kelas - kelas mengemudi ), sepertinya cara ini perlu sedikit dikoreksi. Mengapa ? Seiring dengan perkembangan otomotif, mobil telah banyak mengalami perubahan beberapa tahun terakhir. Karenanya, kebiasaan mengemudi juga juga harus dirubah.

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada Anda tentang perubahan - perubahan kecil dalam kebiasaan mengemudi, dimana ini sangat berguna pada perjalanan yang jauh.

Berikut adalah 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh posisi mengemudi yang tepat.

Langkah 1, Posisi Duduk 

posisi mengemudi yang tepat
Duduklah secara tegak dan sedikit sandarkan bahu anda dengan nyaman di kursi. Duduklah sejauh mungkin dari stir ( roda kemudi ), namun Anda tetap masih mudah untuk mengendalikan kendaraan dengan aman. 

Aturlah kursi sebelum Anda melakukan perjalanan, seperti jarak kursi dan sudut sandaran. Dan pastikan Anda mendapatkan visibilitas ( pandangan ) kedepan yang maksimal. 


Langkah 2, Meletakkan Tangan Pada Roda Kemudi

posisi memegang roda kemudi yang baik


Dahulu, mungkin Anda beranggapan bahwa posisi jam 2 dan 10 adalah yang terbaik. Namun seperti kami jelaskan diatas, bahwa saat ini mobil - mobil telah mengalami perubahan yang signifikan. Untuk memegang setir yang benar adalah letakkan tangan Anda pada posisi jam 3 dan jam 9 atau sedikit lebih rendah. 

Posisi ini akan meminimalkan risiko cedera pada lengan, tangan, dan jari Anda ketika air bag meletus saat terjadi bentuan dibagian depan mobil. Selain itu,  lengan Anda harus sedikit ditekuk.


Langkah 3, Mengangkat Kaki Kanan Tanpa Mengangkat Tumit


fungsi kaki kanan saat berkendara
Fungsi kaki kanan saat berkendara adalah menekan pedal gas dan pedal rem. Sedangkan kaki kiri hanya menekan pedal kopling. Nah, untuk mendapatkan kenyamanan yang baik, lakukanlah penekan pedal gas dan pedal rem tanpa harus memindahkan tumit kaki kanan Anda. 

Bagi pemula mungkin ini agak merepotkan diawal, namun tidak ada salahnya Anda untuk mencoba langkah ini. Secara logika dengan sering mengangkat tumit ketika berpindah penekanan pedal, maka Anda harus mengangkat kaki juga. Ini membutuhkan tenaga untuk melakukannya dan semakin lama akan membuat kaki menjadi lelah. 

Langkah 4, Memeriksa Titik Blind Spot


menyetel kaca spion tengah mobil untuk meminimalisir blind spot


Ketika Anda tidak memperdulikan titik - titik blind spot pada mobil saat akan berkendara, maka ini akan menimbulkan bencana ketika sedang berjalan atau bermanuver. Faktanya, ribuan orang mengalami kecelakaan setiap tahunnya karena gagal saat akan berpindah jalur karena ternyata ada kendaraan lain yang tidak terlihat. 

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk melindungi diri dan mencegah terjadinya kecelakaan adalah memastikan kaca spion untuk pandangan belakang kendaraan diposisikan pada tampilan yang maksimum. 

Langkah 5, Menyetel Kaca Spion Samping

cara tepat menyetell kaca spion samping mobil


Mengatur kaca spion samping kendaraan tidak kalah pentingnya dengan menyetel kaca spion kabin untuk melihat bagian belakang mobil. Perlu pengetahuan khusus untuk mendapatkan titik terbaik saat menyetel kaca spion. Ikuti langkah - langkah dibawah ini, 

a. Untuk kaca spion pengemudi: Letakkan sisi kepala Anda di dekat jendela, lalu stel kaca spion hingga sisi kendaraan Anda terlihat.

b. Untuk kaca spion penumpang: Sambil duduk di kursi pengemudi, condongkan tubuh ke kiri sehingga kepala Anda ada tepat berada di bagian tengah mobil. Sesuaikan cermin sampai sisi kendaraan Anda terlihat.

Selain itu ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kaca spion berada pada sisi yang paling tepat. Caranya yaitu ketika kendaraan Anda berjalan dan meninggalkan sebuah objek ( misalkan tiang listrik ) atau mendahului mobil maka Anda harus dapat langsung melihat objek tersebut pada kaca spion. Jika tidak maka spion tidak berada pada titik yang tepat. 

Untuk memaksimalkan penggunaan kaca spion, kami telah membahasnya lebih detail pada artikel sebelumnya  6 Tips Penting Menggunakan Kaca Spion Untuk Menjaga Keselamatan Dalam Berkendara.

0 Response to "Lakukan 5 Langkah Ini Untuk Memperoleh Posisi Mengemudi Yang Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel