Cara Kerja Teknologi Blind Spot Monitoring

Sepasang kaca spion yang ada pada mobil ternyata belum dapat memberi bantuan secara maksimal kepada pengemudi akan kondisi keadaan disekitar mobil. Ini karena memang sifat kaca sepion yang terbatas yang hanya dapat memantulkan area yang ada dibelakang mobil dengan jangkuan yang terbatas. Maka tak heran jika masih sering terjadi kecelakaan yang diakibatkan karena diakibatkan oleh daerah - daerah yang tidak terdeteksi oleh kaca spion. Biasanya ini sangat mengejutkan dan tidak diketahui oleh pengemudi, wajar karena memang daerah tersebut tidak bisa dilihat oleh pengemudi dari kaca spion.

Daerah rawan yang tidak terlihat oleh pengemudi pada kaca spion disebut sebagai area Blind Spot. Area ini adalah area yang tidak bisa dijangkau oleh kaca spin dan kebanyakan akan berakibat fatal yang mengakibatkan kecelakaan. Beragam cara konvensional yang dilakukan oleh pengemudi untuk menghindari kecelkaan yang diakibatkan oleh area blind spot. Pada mobil - mobil kecil seperti sedan dan sejenisnya, biasanya pengemudi akan menambahkan kaca kecil pada kaca spion. Contoh seperti dibawah ini. 

jenis kaca blind spot manual


Beragam bentuk kaca tambahan yang ditempelkan pada kaca spion untuk mobil - mobil kecil. Seperti yang terlihat diatas ada yang berbentuk bulat menempel pada kaca, berbentuk pipih yang menempel pada bagian atas ataupun bagian bawah kaca spion. Cara ini bisa dibilang sangat manjur untuk membantu pengemudi mengetahui area blind spot. Banyak dijual di toko akasessoris mobil dengan harga yang terjangkau.

Lalu bagaimana dengan mobil - mobil yang mempunyai bentuk dimensi yang besar ? seperti truk dan bus. Untuk jenis kendaraan ini tidak bisa mengandalkan kaca tambahan yang kecil seperti pada contoh diatas, bisanya mereka akan menambahkan kaca spion tambahan dengan posisi yang berbeda dari standart. Bentuknya seperti pada gambar dibawah ini.


kaca blind spot pada truk


Pada bus, bukan hanya tambahan kaca blind spot saja yang ditambahkan melainkan juga terkadang mereka menempelkan stiker sebagai sign ( tanda ) bagi pengendara dibelakangnya.  Stiker ini jelas tidak dapat banyak membantu bagi pengemdi, namun ini sangat berperan penting bagi pengendara dibelakangnya untuk tetap menjaga jarak aman dengan truk tersebut.

stiker blind spot pada truk


Jika kita lihat, tentu saja tampilan kaca tambahan yang menempel pada kaca spion dirasa sangat kurang elegan dan mengurangi nilai - nilai desain pada sebuah kendaraan. Untuk mengatasi hal tersebut, pabrikan telah merancang sebuah teknologi yang mereka namakan Blind Spot Monitoring yang mereka sisipkan pada mobil - mobil mewah buatannya.

Sistem Deteksi Blind Spot memperingatkan pengemudi bahwa ada kendaraan yang berada di titik buta  yang berada di samping dan belakang kendaraan di luar pandangan pengemudi. Sensor (kamera, ultrasonik, atau radar) memantau setiap sisi kendaraan  (termasuk jika ada  sepeda motor) yang mendekat dari belakang. Sistem akan  memberi informasi kepada pengemudi dengan lampu yang dipasang di kaca spion samping atau kaca spion, ataupun pintu, setiap merek mempunyai jenis yang berbeda -  beda.

Jika Anda menghidupkan sinyal belok yang menunjukkan niat untuk membuat perubahan jalur, dan kendaraan ada di titik buta, sistem dapat memperingatkan Anda dengan ikon berkedip merah dan kuning dan / atau peringatan audio, atau dengan menggetarkan roda kemudi atau kursi pengemudi.

Cara Kerja Blind Spot Monitoring

Teknologi ini mengandalkan sensor ultra sonic yang terpasang pada bagian luar kendaraan, kebayakan sensor terpasang pada area kaca spion dan juga bumper belakang. Sensor kamera ini akan mendeteksi kondisi disekitar area mobil. Jarak jangkuan sensor di beberapa tipe mobil dapat mendeteksi hingga 50 meter.

sensor blind spot pada mobil

jarak jangkauan sensor blind spot


  • Rentang pemantauan sistem berbeda - beda sesuai dengan pabrikan mobil tersebut
  • Sebagian besar sistem hanya memperingatkan pengemudi jika Anda menghidupkan sinyal belok ( akan berpindah jalur jalan )
  • Pada tipe tertentu, sistem hanya akan aktif diatas kecepatan 10 Km/jam dan mati secara otomatis jika kendaraan berada dibawah kecepatan tersebut. 
  • Lampu blind spot akan hidup jika ia mendeteksi ada kendaraan yang masuk pada area blind spot, ketika anda menghidupkan lampu sinyal belok dan akan berpindah jalur maka sistem akan mengeluarkan bunyi beef. 
sensor blind spot pada mobil


Lampu blind spot ada yang terletak pada kaca spion, jenis ini bisanya sudah bawaan dari pabrikan. Ada juga yang terpasang pada bagian pintu dekat dengan pilar A, jenis ini biasanya tidak bawaan dari pabrikan, memasang produk after market. 

cara kerja teknologi blind spot pada mobil




Demikianlah penjelasan dari kami mengenai cara kerja teknologi blind spot. Semoga anda memahami cara kerjnya sehingga akan membantu dalam proses pengemudian yang mengutamakan keselamatan.

0 Response to "Cara Kerja Teknologi Blind Spot Monitoring"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel