6 Tips Penting Menggunakan Kaca Spion Untuk Menjaga Keselamatan Dalam Berkendara

Pada era saat ini, kaca spion  memilki fungsi yang sangat   penting saat  berkendara untuk menjaga  keaman kendaraan dan orang disekitar. In iterjadi karena memang saat ini populasi kendaraan sudah sangat banyak dijalanan, berbeda dengan zaman dulu yang lebih sedikit. Hal ini tentunya mendorong kita untuk lebih waspada dalam mengemudikan kendaraan. Oleh karena fungsinya yang sangat penting, banyak perusahaan mobil telah mengintegrasikan kaca spion dengan   komponen elektronik di dalam mobil. Namun, masih  banyak juga  kendaraan di pasar  yang membutuhkan penyesuaian posisi kaca spion secara manual. Untuk menambah keamanan kendaraan Anda, mari kita pelajari beberapa kiat penting untuk menggunakan kaca spion  saat mengemudi.

Jenis - jenis kaca spion  pada  Mobil

Banyak orang tidak menyadari ketika mereka menggunakan kendaraanya untuk berbagai keperluan dan aman - aman saja ketika berkendara tidak pernah menyadari jenis kaca spion pada kendraannya saat mengemudi. Padahal ada beberapa jenis kaca spion pada kendaraan yang dapat bermanfaat saat mobil tersebut dikemudikan. Adapun jenis - jenis kaca spion yang terdapat pada mobil yaitu :

1. Kaca Spion Bagian Samping

Kaca bagian samping kendaraan
Kaca bagian samping kendaraan
Dipasang di kedua pintu mobil depan, reflektor ini menggunakan lensa cembung untuk meminimalkan ukuran objek yang berada pada bagian belakang dan sedikit bagian samping kendaraan. Bahkan  cermin cembung ini memiliki atribut untuk menunjukkan area yang luas dengan membuat ukuran objek menjadi kecil. Dengan demikian, benda-benda di sekitarnya tampak lebih kecil dan lebih jauh dari yang sebenarnya. Ini akan memudahkan pengemudi untuk mengontrol kendaraanya dengan kendaraan atau benda disekitar.

3. Kaca  Tampilan Belakang

Kaca tampilan belakang
Kaca tampilan belakang

Terpasang pada bagian atas kabin  di dalam mobil, cermin cekung ini melekat pada kaca depan. Fungsi utamanya adalah bertanggung jawab untuk menunjukkan tampilan belakang kendaraan secara langsung.


3. Kaca  pada lampu kepada ( Headligt )

Kaca pada lampu kepala
Kaca pada lampu kepala

Tidak pernah kita sadari bahwa sebenarnya lampu kepala bekerja begitu terang akibat adanya cermin cekung pada bagian belakangnya. Dengan adanya kaca cekung pada bagian belakang lampu, ini akan sangat bermanfaat bagi pengemudi karena sifatnya yang divergensi cahaya dan memungkinkan pengemudi untuk mendapatkan visibilitas maksimal diarea depan.

Tips Penting untuk Menggunakan Cermin Saat Berkendara
Mengakses cermin di mobil dapat mencegah ratusan kecelakaan terjadi di jalan setiap hari. Jadi, untuk perjalanan yang aman, selalu ikuti tips berikut menggunakan cermin saat mengemudi di dalam mobil.

1. Pada Saat Mobil Mulai Bergerak 
Pengamatan yang tepat dan aman sebelum mengemudi benar-benar membantu banyak orang dalam mengendalikan mobil. Selain itu, ini juga akan menjaga keamanan kendaraan dan mencegah kecelakaan. Oleh karena itu, sebelum mobil bergerak, pengemudi  harus selalu memeriksa pandangan pada kaca spion samping dengan  posisi disekitar  belakang. Kemudian lihat  area blind spot ( area yang tidak terlihat pada kaca spion).  Jika semuanya jelas, maka jalankanlah  mobil anda.

2. Pada Saat Perubahan  Kecepatan
Sebelum merubah  kecepatan kendaraan, akan lebih  bijaksana apabila kita  melihat  kaca spion samping,  karena mungkinan  ada kendaraan lain yang mencoba menyalip Anda. Begitu pula saat memperlambat laju mobil, selalu pastikan kendaraan lain yang ada  di belakang kendaraan dengan melihat dari kaca spion. Jika terjadi kesalahan  karena kelalaian anda, kendaraan di belakang mobil anda tidak akan punya waktu untuk menghindarkan kecelakaan.

3. Pada Saat  Menyalip / Bergerak Pada Jalur Berlawanan
Kita  harus melihat kaca spion bagian samping  sebelum bergerak pada  jalur berlawanan atau  mencoba menyalip kendaraan yang didepan. Dalam kasus seperti itu, kita harus melihat terlebih dahulu area blind spot dan reflektor pada kaca spion bagian samping untuk memastikan kondisi kendaraan dibagian samping kendaraan kita. 


4. Pada Saat Membuka Pintu Mobil
Mungkin kedengarannya tidak terlalu penting,  tetapi ini akan sangat berbahaya jika kendaraan kita berada pada kondisi yang padar. Karena tidak hanya mencegah kendaraan kita  dari kerusakan,  tetapi bisa jadi ada mobil lain yang  mungkin datang dari belakang  atau pejalaan kaki. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita melihat sekitar mobil pada kaca spion.

5. Jaga Jarak Aman dari Kendaraan lain
Para ahli keamanan biasanya menyarankan memeriksa kaca samping saat mengemudi. Hal yang penting untuk dilihat saat mengendarai mobil adalah jarak kendaraan kita dengan kendaraan yang lain. Jadi, jika kita imenginnginkan perjalanan yang aman dan menyenangkan, maka jagalah jarak aman mobil kita dengan mobil lain dengan cara melihat kaca spion.

6. Pada Saat Mengemudikan  Truck  Trailer
Mengemudikan mobil besar seperti truck memang memiliki resiko kecelakaan yang tinggi. Oleh sebab itu, sering - seringlah melihat kaca spion untuk mengathui kondisi disekitar truck. Karena dimensinya yang sangat besar membuat pengemudi truck harus selalu bisa mengontrol kendaraan dengan baik untuk mencegah bagian belakang truck menabrak kendaraan yang ada pada bagian samping atau belakang truck. 

0 Response to "6 Tips Penting Menggunakan Kaca Spion Untuk Menjaga Keselamatan Dalam Berkendara"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel