Cukup Mengetahui 6 Hal Ini, Anda Sudah Bisa Langsung Belajar Mengendarai Mobil

cara cepat agar anda bisa mengendari mobil



Mobil merupaksan salah satu sarana moda transportasi yang memiliki nilai kenyamanan dan keamanan yang baik dibanding dengan sepeda motor. Apalagi jika mobil tersebut adalah mobil milik pribadi, jelas itu akan serasa rumah sendiri yang dapat berjalan kemana yang Anda mau.

Dengan mengendarai mobil, Anda tidak takut akan kepanasan dan kehujanan dalam setiap perjalanan. Faktor keselamatan saat perjalanan pada malam hari juga akan terjaga jika dibandingkan menggunakan moda transportasi terbuka ( seperti sepeda motor ).

Kebebasan saat berada dimobil akan Anda rasakan ketika Anda sendirilah yang mengemudikannya. Anda bisa dengan mudah untuk melakukan perjalanan dengan mobil kesayangan kapan saja dan dimana saja.

Namun bagi orang - orang yang belum memiliki kemampuan yang baik dalam mengemudi itu adalah mimpi yang belum terwujud.

Bagi Anda yang belum memiliki keterampilan mengemudi, segeralah lakukan tindakan agar dapat mengemudikan mobil  sendirian dalam waktu singkat. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi kiat cepat belajar mengemudikan  mobil.

Berikut ini adalah 6 hal yang cukup Anda ketahui agar cepat dalam proses belajar mengendarai mobil.  Tanpa perlu lama - lama cas cis cus, Anda sudah bisa mengendari mobil.

1. Dapat Membedakan Pedal Gas, Rem Dan Kopling

Ini adalah point pertama yang harus Anda ketahui yaitu membedakan setiap pedal yang ada dibagian bawah ruang kemudi mobil. Pada mobil - mobil bertransmisi manual ( harus masuk gigi 1, 2, 3, 4, 5 dan mundur ) jumlah pedal ada 3 yaitu pedal gas, pedal rem dan pedal kopling.

Sedangkan pada mobil - mobil yang sudah bertransmisi otomatis, jumlah pedalnya hanya 2 ( dua ) yaitu pedal gas dan pedal rem.

Anda harus bisa membedakan mana pedal gas, rem dan kopling dengan baik agar tidak salah injak saat baru pertama kali belajar mengendarai mobil.

Letak setiap pedal :

  1. Pedal Gas berada pada paling kanan
  2. Pedal Rem berada pada bagian tengah 
  3. Pedal Kopling berada pada bagian paling kiri

membedakan pedal gas, kopling dan pedal rem


Perhatikan perbedaan jumlah pedal antara mobil manual dengan mobil matic. Mobil manual masih menggunakan pedal kopling ( no.3 ) sedangkan mobil matic sudah tidak menggunakan pedal kopling. 

Lantas apa fungsi no 4 ? itu bukan pedal ya. Itu hanya tempat tumpuan kaki kiri saat tidak digunakan. Contohnya  ketika kaki kiri tidak bekerja maka letakkanlah di no 4, jangan letakkan dipedal no 3 ( kopling ) karena ini akan berakibat buruk terhadap tenaga mesin dan komponen kopling. 

2. Mengetahui Fungsi Pedal Gas, Pedal Rem Dan Pedal Kopling

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara pedal gas, rem dan kopling maka selanjutnya adalah mengetahui fungsi dari setiap pedal tersebut. Berikut ini penjelasan mengenai fungsi dari ketiga pedal tersebut :

  • Pedal Gas berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan putaran mesin. Semakin ditekan pedal gas maka putaran mesin semakin tinggi. Sedangkan jika pedal gas dilepas maka putaran mesin akan berkurang. 
  • Pedal Rem berfungsi untuk mengaktifkan rem seperti memperlambat jalannya kendaraan atau menghentikan kendaraan. Semakin ditekan maka rem semakin kuat dan mengakibatkan kendaraan akan berhenti. 
  • Pedal Kopling berfungsi memutus putaran dari mesin ke bagian transmisi. Jadi ketika pedal koling ditekan maka tenaga dari mesin tidak tersalurkan ke roda. Pada posisi normal, kopling terhubung, sedangkan bila pedal ditekan kopling terputus. Penggunaan kopling dilakukan ketika melakukan perpindahan gigi. 

3. Meletakkan Kaki Yang Benar

Saat Anda baru memulai akan belajar mengendarai kendaraan maka hal penting yang patut Anda perhatikan akan meletakkan kaki yang benar pada setiap pedal. Fungsikanlah kaki kanan dan kiri sesuai aturan agar Anda mudah mengendalikan kendaraan. Pada point ke 3 ( tiga ) ini kami akan menjelaskan meletakkan kaki berdasarkan jenis kendaraan yaitu mobil manual dan mobil matic.


Mobil Manual 

  • Kaki Kanan digunakan untuk menekan pedal gas dan rem
  • Kaki Kiri hanya digunakan untuk menekan pedal kopling saat melakukan perpindahan gigi. Dilain kerja itu, letakkan kaki kiri pada tumpuan kaki. 

Mobil Matic 

  • Kaki Kanan digunakan untuk menekan pedal gas dan rem
  • Kaki kiri tetap berada pada tumpuan kaki, jadi pada mobil matic kaki yang bekerja hanya kaki kanan saja. 

4. Meletakkan Tangan Pada Roda Kemudi Yang Benar

Meletakkan tangan pada roda kemudi itu sangat penting. Namun ada hal yang lebih penting dari hanya sekedekar memegang roda kemudi yaitu meletakkan tangan pada titik roda kemudi yang tepat. Pada ahli menganjurkan untuk meletakkan tangan kanan pada arah jam 3 dan tangan kiri pada arah jam 9.

meletakkan tangan yang benar pada roda kemudi

Ini memiliki manfaat yang sangat baik saat Anda memutar roda kemudi untuk menendalikan atu memutarkan kendaraan pada putaran penuh.

5. Memasukkan Gigi Pada Waktu Yang Tepat

Memasukkan gigi pada mobil bertransmsi manual memang agak susah  - susah gampang. Jika Anda sudah mengetahui celahnya, ini sangat mudah. Untuk memindahkan gigi pada mobil manual kuncinya   yaitu kebersamaan. Maksudnya yaitu  tekan pedal kopling dan tahan, serta dalam waktu yang bersamaan pindahkan tuas transmisi. Sedangkan pedal gas tetap pada posisi awalnya ( tidak boleh dilepas atau ditekan lebih dalam ). Ini memang akan memakan waktu, namun kami yakin dalam 3 atau 4 kali percobaan memindahkan gigi pasti bisa.

Sedangkan untuk mobil automatic, ini jelas sangat mudah karena Anda tidak perlu repot - repot untuk menekan pedal kopling. Cukup sedikit turunkan pedal gas dan pindahkan tuas transmisi.

6. Tetap Tenang

Ini adalah kunci terakhir agar Anda mudah mengendalikan kendaraan. Pastikan tetap tenang ketika Anda mengalami masalah saat menekan pedal kopling atau memindahkan gigi. Jika pun mobil mati ditengah keramaian, tetaplah tenang untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi Netral dan menstater ulang mobil. 

Tips untuk menenangkan pikirian caranya mudah, tariklah napas dalam tempo yang panjang dalam durasi yang diperlama. Lalu lepaskan pelan - pelan nafas dan keluarkan semua. Ulangi percobaan ini selama 3 kali untuk mengurangi denyut jantung yang berdetak kencang. 


Itulah tips mengenai 6 hal yang harus Anda ketahui agar bisa langsung mengendari mobil. 

0 Response to "Cukup Mengetahui 6 Hal Ini, Anda Sudah Bisa Langsung Belajar Mengendarai Mobil "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel