Apa Itu Power Windows Pada Mobil ?

Power Windows - Setiap kendaraan pasti mempunyai kaca pada bagian pintu. Kaca pada pintu mempunyai peran penting seperti mencegah udara luar masuk ke bagian kabin, memaksimalkan sirkulasi air conditioner didalam kabin, pengaman dan lain - lain.


Dengan adanya kaca pada pintu mobil, penumpang akan dapat dengan mudah melihat kondisi diluar mobil. Ini akan menambah rasa kenyaman bagi setiap penumpang untuk mengetahui semua hal yang ada disekitar kendaraan. Setiap kaca pada pintu mobil dapat dibuka oleh penumpang, kecuali kaca pada bagian pintu belakang bagasi. Ini karena secara fungsi, sama sekali tidak bermanfaat dan pasti juga akan jarang digunakan jika itu bisa dibuka.

Kaca pintu pada mobil - mobil penumpang keluaran lama,  mekanisme buka tutupnya  dengan cara naik turun kebawah ( untuk pintu depan ) dan digeser kesamping untuk pintu pada bagian belakang.

apa itu power windows pada mobil
Kaca sistem Geser Pada Mobil Kijang Doyok

Sedangkan pada mobil - mobil keluaran terbaru, semua kaca pada pintu mobil sudah seluruhnya menggunakan mekanisme buka tutup naik dan turun.

Mobil Avanza dengan sistem buka tutup kaca naik dan turun

Untuk menaikkan dan menurunkan kaca pada pintu mobil, dahulu menggunakan mekanisme manual. Yaitu dengan menggerakkan engkol kaca yang menempel pada bagian pintu ( doortrim ). Jelas ini sangat merepotkan untuk beberapa penumpang dan ini sangat berdampak kepada pengmudi ketika mobil berjalan dan ingin membuka kaca mobil.

kenangan menggunakan engkol power windows

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka mekanisme manual pembukaan dan penutupan kaca pada pintu mobil diganti dengan sistem elektrik ( sistem power windows ).

Apa Itu Power Windows Pada Mobil ?

Power windows adalah mekanisme elektrik pembukaan dan penutupan kaca pada pintu mobil. Power windows pertama kali diciptakan pada tahun 1940 dan pabrikan mobil Ford pertama kali menerapkan teknologi ini pada tahun 1941 untuk mobil Lincoln 7 ( tujuh ) penumpang.

Untuk menggerakkan kaca dengan sistem power windows pun sangat mudah, bahkan anak kecilpun kami rasa bisa melakukan ini dengan mudah. Pengemudi atau penumpang hanya cukup menekan tombol power windows untuk menurunkan kaca dan menarik tombol untuk menutup kaca. Power windows bekerja mengandalkan dinamo yang terpasang didalam pintu.

fungsi tombol power windows pintu penumpang dengan pintu pengemudi


Tombol power windows pada bagian pintu pengemudi terdapat 4 ( empat ) tombol, sedangkan pada pintu penumpang hanya terdapat 1 ( satu tombol ). Yang mana ini mempunyai fungsi bahwa pengemudi dapat mengontrol ( buka tutup ) kaca pada semua pintu ( termasuk pintu penumpang ). Sedangkan penumpang hanya bisa membuka dan menutup kaca bagian pintu itu saja.

Faktor Keselamatan Dalam Penggunaan Power Windows

Bagi Anda yang baru memiliki mobil, sepertinya faktor keselamatan dalam pengoperasian power windows harus diketahui. Sebab, salah dalam pengoperasian power windows akan menimbulkan dampak yang sangat berbahaya, terutama bagi anak - anak. 

Ketika tombol power windows ditarik keatas, maka kaca akan terus naik dan menekan segala jenis benda yang ada diatas sehingga ini menimbulkan faktor resiko seperti tangan kecepit dan lain sebagainya. Dikutip dari CNN, seorang anak laki - laki mengalam kritis akibat tejepit pada bagian lehernya. Anda harus memiliki pengontrolan yang penuh ketika membawa anak - anak kedalam mobil. 
bahaya power windows bagi anak - anak


Untuk mengatasi hal kejadian diatas, para pabrikan sudah memprediksi akan bahaya tersebut. Maka diciptakanlah semua mekanisme pengaman Anti Punch Power Windows. Apakah semua power windows sudah semuanya dilengkapi dengan teknologi ini ? jawabannya belum. Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas atau mobil baru tanyakannlah kepada penjual apakah kendaraan tersebut sudah terpasang teknologi ini. 


Anti punch power windows berfungsi mencegah kaca terus begerak ketas ketika ada benda yang menahan pada bagian atas. Ketika ada sesuatu benda yang tertahan, maka kaca secara otomatis akan sedikit turun kebawah dan berhenti. 

0 Response to "Apa Itu Power Windows Pada Mobil ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel