Penyebab Fuse ( Sekering ) ECU Selalu Putus

lksotomotif.com - Fuse adalah komponen pengaman kelistrikan pada kendaraan, ada pada mobil dan motor. Fuse bisa diibarakan sebuah jembatan yang mempunyai batas ambang tertentu agar semua jenis kendaraan tidak boleh melewatinya. Pada sistem elektronik, ambang batas yang dikontrol oleh fuse adalah besarnya arus ( satuan amper ).

Setiap komponen pada mobil dilengkapi dengan pengaman fuse, misalkan head lamp ( lampu kepala ) yang juga dilengkapi dengan fuse. Selain itu  komponen penting yang dilengkapi dengan fuse adalah ECU ( electronic Control Unit ). 

Tiga hari yang lalu, saya menerima kerusakan mobil dengan gejala awal tidak bisa di stater ( sama sekali motor stater tidak hidup). Setelah melakukan pemeriksaan awal, saya melihat lampu check engine tidak menyala pada saat kunci kontak ON mesin mati.

Saya pun coba untuk memeriksa komponen yang berkaitan, seperti relay Engine 1, relay engine 2 dan fuse - fuse yang berkaitan dengan sistem control electronic mesin. Hasilnya saya menemukan bahwa fuse ECU yang terletak pada junction blok telah putus. 

Fuse kapasitas 15 amper saya ganti dengan yang baru, namun yang terjadi adalah fuse tersebut selalu putus. Saya lanjutkan untuk melalkukan pemeriksaan pada soket betina dudukan fuses tersebut, pada satu sisi ada nilai tegangan 12 volt, sedangkan pada soket yang bersebelahan terhubung dengan massa ( short ). Inilah yang menjadi penyebab utama mengapa fuse ecu selalu putus.

Lantas apakah masalah sudah selesai ? tentu belum. Ini masih indikasi awal, sedangkan untuk mencari dimana posisi terjadinya short adalah hal yang paling menyebalkan. Ini membutuhkan tenaga ekstra untuk mengetahui riwayat perbaikan yang dilakukan sebelumnya oleh pemilik. 

Saya pun mencoba untuk memastikan apakah short terjadi pada ECU, ternyata tidak. Saya melepas semua soket ECU dan  soket fuse ECU masih short. Dengan demikian, kesimpulan bahwa short diakibatkan karena wiring ada yang short dijalur sebelum ke ECU.

Penyebab Fuse ( Sekering ) ECU Putur Terus Menerus

Info dari pemilik bahwa sebelumnya mobil ini melakukan perawatan AC. Saya pun curiga bahwa trouble ini disebabkan oleh hal tersebut. Saya pun coba untuk mencari satu persatu dimana lokasi shortnya. Sangat tidak tertarik jika harus melepas semua wiring dan mengurutkan satu persatu, ini pekerjaan yang sangat melelahkan. 

Kecurigaan saya tidak jauh - jauh dari komponen - komponen yang pernah dilepas saat service AC. Setelah saya perhatikan secara berlahan, dan  sesuatu penampakan yang mengejutkan terlihat. 

penyebab fuse ecu putus terus


Lihat pada gambar yang saya lingkari, ternyata ada tiga kabel yang terjepit diantara plat besi. Salah satu kabel tersebut adalah kabel rangkaian power untuk ECU. Saya pun coba melepas kabel tersebut dengan mengendorkan pengunci dasbord.

penyebab short pada kabel mobil


Setelah terlepas, kabel terlihat gepeng dan serat kuingan sudah terkelupas. Ini lah penyebab utama yang mengakibatkan fuse ECU putus terus.

lokasi penyebab ECU Short


Gambar diatas adalah lokasi ditemukannya rangkaian kabel yang konslet ( short ). Tepat pada sambungan pengunci dasbord. 

Kesimpulan

Pemeriksaan short pada rangkaian memang sangat menyita waktu, tenaga dan pikiran. Jika Anda menemukan trouble seperti ini, langkah bijak yang bisa Anda lakukan adalah tanyakan kepada pemilik, apa perbaikan yang pernah dilakukan sebelumnya. Dengan demikian, ini akan sedikit memudahkan kita dalam menganalisa dari hal - hal yang kemungkinan terjadi akibat dari perbaikan yang dilakukan sebelumnya. 


0 Response to "Penyebab Fuse ( Sekering ) ECU Selalu Putus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel