Mengatasi Asap Hitam Pada Mobil Avanza Dan Xenia

lksotomotif.com - Kemarin saya kedatangan pelanggan yang akan melakukan jasa service rutin. Kebetulan pemilik juga teman dekat yang sudah ketiga kalinya mempercayakan jasa perawatan ke kami. Datang dengan mobil avanza tua kesayangannya. 

Dilihat dari kondisinya, mobil mengeluarkan asap hitam tipis yang menandakan ada sesuatu kurang pas pada mesin. Setelah dilakukan perawatan, saya coba memperhatikan getaran mesin dan suara kebocoran udara yang terjadi. 

Mesin pun mengalami idle yang kurang normal, seperti ada kelebihan udara masuk atau busi yang mati. Setelah dilakukan cek pelan - pelan, ternyata sensor PIM nya bocor. kok bisa ?

Sensor Pada Mesin Avanza Dan Xenia

Mesin EFI pada Xenia dan Avanza menggunakan jenis EFI type-D Jetronik. Artinya, EFI jenis ini mengandalkan sensor MAP ( Manifold Absolute Pressure ) atau orang juga sering menyebut sensor ini sebagai sensor PIM ( pressure Intake Manifold ). 

Fungsi sensor MAP/PIM adalah untuk mendeteksi tekanan udara yang ada pada saluran masuk ( intake manifold). Data inilah yang digunakan oleh ECU sebagai data awal berapa banyak bahan bakar yang akan diinjeksikan oleh injektor.

Jika terjadi kerusakan pada sensor tersebut, maka bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor akan tidak sesuai dengan udara yang akan masuk ke ruang bakar. Akibatnya terjadi campuran udara dan bahan bakar yang tidak ideal dan menyebabkan mesin bekerja secara tidak maksimal.

Penyebab Asap Hitam Pada Mobil Avanza Dan Xenia

Setelah dilakukan pemeriksaan dan menemukan gejala awal seperti ada udara yang bocor. Saya pun coba memeriksa sensor PIM/MAP dan hasilnya cukup aneh. Perhatikan gambar dibawah ini, 

kerusakan sensor MAP/PIM avanza xenia

Ternyata sensor PIM/MAP tersebut mengalami luka yang cukup aneh. Mengapa ? seperti ada bekas gesekan, namun secara lokasi sensor ini berapa pada tempat yang aman dan jauh dari mekanisme yang berputar/bergesekan. 

Dengan luka tersebut mengakibatkan kebocoran udara yang tidak masuk dalam pendataan sensor tersebut. Akibatnya, udara yang masuk sebagian tidak terkakulasi oleh ECU

Dengan kondisi tersebut, akhirnya saya pun melakukan langkah perbaikan yang sederhana yaitu menutup lubang tersebut dengan sealer silicon. Setelah kering, saya coba menyalakan mesin dan hasilnya sangat  memuaskan, asap hitam sudah tidak keluar.

Itulah sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan, pada kondisi tertentu bisa saja cara diatas sesuai dengan masalah yang dialami oleh mobil Anda. Namun jika tidak sesuai, kerusakan bisa saja ditimbulkan oleh masalah yang lain. 

0 Response to "Mengatasi Asap Hitam Pada Mobil Avanza Dan Xenia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel