Trik Jitu, Hanya Bermodal 150 Ribu Penyakit CVT Mobil Gredek - Gredek Langsung Senyap

lksotomotif.com - CVT ( Continous Variable Transmisi ) adalah transmisi dengan mekanisme kerja yang mengandalkan sabuk logam ( metal belt ). Pemindahan putaran menggunakan sabuk memiliki kelebihan dibanding transmisi matic model gear, proses peralihan kecepatan sangat halus. 

Inilah alasan mengapa mobil - mobil keluaran terbaru sudah mulai banyak yang menggunakan transmisi CVT. Dengan kenyamanan yang ditawarkan, ternyata jenis transmisi ini  memiliki kelemahan yaitu biaya perbaikannya yang relatif sangat mahal. 

Salah satu penyakit mobil bertransmisi CVT yang paling umum adalah gredek - gredek. Jika demikian, banyak asumsi penyebab masalah tersebut. Namun sayangnya, biaya yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut lumayan mahal, minimal 5 juta rupiah.

Baru - baru ini adalah seorang pengguna mobil CVT yang berbagi pengalaman mengatasi CVT mobil gredek - gredek hanya dengan biaya 150 ribu dan dikerjakan sendiri. 

Berikut pengalaman pengguna yang dibagikan pada laman media sosialnya. 

Punya Mobil Matic CVT trus gredeg2 pas masuk D/P ?

Trus ke bengkel di vonis harus Ganti Girbox puluhan juta ?

Terutama Honda Jazz / City taun lama ?

Haha ini pengalaman gue banget ... gue share aja sapa tau berguna buat kamu pada yg punya keluhan yg sama. Problem ini udah  Bertaun taun mobil gue gredeg gredeg pas masuk D/P dari N dan gue biarin aja karena gue juga ga tau harus digimanain.

Udah pelbagai bengkel resmi sampe ga resmi gue datengin, dan tawaran solusi mereka bikin shock, dari harus kuras oli matic, turun girbox ganti flywheel, ganti body valve, pokonya biaya starting 5jt sampe 20jtan buat ganti CVT... dan itu pun Gak Garansi Problem solved haha... 

Karena gue ini orgnya penasaranan... dan kalo dah penasaran pasti diulik apapun resikonya... mulai deh gue browsing2 dan ngeyutub... Ternyata banyak bangeeeettt yg mengalami hal yg sama... dari berbagai tutorial mereka akhirnya gue summarize deh harus ngapain.... dengan modal perkakas seadanya dan brani ambil resiko nih mobil kalo udah bongkar gak bisa pasang lagi, gue yg ga punya background mesin ini mulai deh nonton nonton channnel otomotif, cara bongkar dan pasang, dll.

Akhirnya mulai deh gue ikutin step step mereka, dan combine antara pengalaman satu org dengan org lainnya... apa yg gue lakukan ada di fotonya ya...

Dan Akhirnya ? 

Mobil gue skrg bisa smooth lagiii hahaha

Cuma kluar biaya 155rb ajah.... hahaha seneng banget laaah... gak sia sia libur cuti lebaran tiap ari tangan penuh oli 🤣

Jadi buat kamu kamu yg mobilnya punya penyakit yg sama... ayo...yg perlu kamu lakukan cuma ngeyutube dan niat pol 🤣

Thank you yutuber yutuber montir yg jago2 yg telah menginspirasi gue hahaha..

Dari pengalaman yang dibagikan, ternyata penyebab transmsi mobil CVT gredek - gredek adalah aktuator IACV yang macet.  IACV ( intake air control valve ) adalah aktuator yang mengontrol debit udara yang masuk kedalam ruang bakar.

Sensor IACV akan terbuka lebar jika pedal gas diinjak yang menyebabkan udara masuk lebih banyak. Begitupun sebaliknya, jika hanya pada posisi idle ( langsam ) maka udara yang masuk akan sedikit. Sensor IACV terletak tepat disaluran masuk yang menempel pada bagian samping throtle body. 

Lantas apa hubungannya dengan CVT ? 

Putaran mesin harus disesuikan saat mobil akan jalan, yang mana  pada kondisi normalnya IACV harus terbuka agar  debit udara yang akan masuk semakin banyak. 

Jika IACV macet, maka yang seharusnya debit udara yang masuk banyak malah menjadi sedikit yang menyebabkan putaran RPM mesin menjadi drop. Putaran mesin yang tidak kuat menyebabkan CVT menerima sedikit putaran. Putaran  awal yang tidak kuat inilah yang menyebabkan CVT menjadi gredek - gredek.

Beikut langkah - langakhnya 

1. Buka Throtle Body

Buka secara perlahan throtle body dengan menggunakan kunci yang sesuai. Umunya throtle body memiliki empat batu ukuran 10 mm atau 12 mm.


2. Lepas Aktuator IACV 

Setelah throtle body terlepas, langkah selanjutnya adalah melepas aktuator IACV ( intake air control valve ). 


3. Bersihkan Aktuator IACV 

Setelah IACV telepas, langkah selanjutnya dibersihkan kerak - kerak yang menempel dengan menggunakan carbon cleaner. Selain itu jangan lupa untuk menyemprotkan pelumas WD40 pada bagian salenoidnya.


4. Ganti Seal IACV

Langkah terakhir ganti seal IACV dengan yang baru. Fungsi seal mencegah udara bocor yang menyebabkan RPM mesin menjadi tidak normal.


Kesimpulan
Ketika mobil CVT anda mengalami masalah seperti diatas, Anda bisa mencoba trik yang telah dibagikan oleh pengguna. Tidak ada masalah untuk mencobanya, ini membutuhkan biaya yang sedikit dan minim resiko. 

Jika Anda sudah melakukan langkah langkah - langkah diatas dan ternyata hasilnya belum memuaskan, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan bengkel langganan Anda,

0 Response to "Trik Jitu, Hanya Bermodal 150 Ribu Penyakit CVT Mobil Gredek - Gredek Langsung Senyap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel