Berapa Lama Transmisi CVT Mobil Dapat Bertahan ? Berikut Faktanya

kelemahan transmisi CVT honda, nissan, Toyota


lksotomotif.com - CVT (continuously variable transmission) adalah transmisi satu kecepatan yang bekerja seperti pemindah gigi otomatis untuk pemindahan gigi yang mulus melalui berbagai perbandingan gigi.  Trasmisi CVT memiliki mekanisme berbeda seperti transmisi lainnya, yang mana pada transmisi manual ataupun matic maka ada beberapa perpindahan perbandingan gigi pada transmisi tersebut.

Karena memiliki mekanisme yang berbeda, ada kekhawatiran tentang umur panjang transmisi ini.  Jika kita melihat kebelakang, ada beberapa masalah yang terjadi  masa lalu di beberapa mobil model Jeep dan Nissan. Jadi, berapa lama transmisi CVT bertahan? 

Dalam hal ini Anda harus menganalisa lebih jauh sebelum Anda Anda berniat untuk membeli mobil bertansmisi CVT.

Apa Arti CVT Pada Mobil?

CVT adalah pilihan trasnmisi yang kurang dikenal untuk jenis transmisi otomatis konvensional. Apa yang dimaksud dengan CVT pada mobil? Anda menggunakannya seperti transmisi biasa, yaitu geser tuas transmisi dari "P" ke "D" dan mobil akan melaju. 

Pada transmisi otomatis, umunnya memiliki gigi kecepatan. Sebagai contoh misalkan transmisi otomotasi 6 kecepatan. Yang mana pada jenis ini setiap gigi hanya bagus untuk kondisi kendaraan tertentu, jadi jika Anda perlu untuk berakselerasi dari gigi 1 ke gigi 2 dan seterusnya. 

Tetapi transmisi variabel kontinu ( CVT )  secara teknis tidak memiliki roda gigi.  Sebagai gantinya, dia  seperti memiliki satu perlengkapan ajaib yang bervariasi di semua situasi mengemudi. Itu sebabnya penumpang  bahkan tidak merasakan perpindahan dari gigi ke gigi seperti di mobil biasa. Yang Anda rasakan hanya putaran putaran mesin ( RPM ). RPM tinggi untuk akselerasi dan RPM rendah untuk momen yang besar. 

Berapa Lama Transmisi CVT Bertahan? Fakta dan Kekeliruan

Berapa lama transmisi CVT  bertahan? Merek ternama seperti Toyota, Honda, Subaru, dan Nissan telah menggunakan berbagai versi transmisi CVT di beberapa lineup mereka. Kekhawatiran tentang masa pakai shifter telah dimulai setelah beberapa masalah pada model generasi pertama. 

Nissan menghadapi masalah serius di beberapa lineup mereka yang diproduksi oleh anak perusahaannya JATCO. Jeep juga memiliki masalah dalam model Compass bersama dengan beberapa model lainnya.

1. Titik Terlemah CVT

Struktur mekanik CVT masih belum sempurna dan canggih karena merupakan teknologi yang relatif baru. CVT   memiliki rantai baja selebar sekitar satu inci yang merupakan komponen  utama untuk mentransfer tenaga dari mesin ke bagian lain mobil. Jika rantai ini rusak karena beberapa alasan, transmisi akan berhenti berfungsi.

kerusakan transmisi CVT
Konstruksi Sabuk Rantai CVT

kerusakan transmisi CVT
Sabuk rantai rusak

Ketika rantai baja tersebut rusak parah ( putus ) , itu akan hancur berkeping-keping dengan pecahan yang menembak keseluruh bagian dalam CVT. Transmisi otomatis konvensional tidak seburuk ini jika ia mengalami kerusakan. Mungkin hanya katup yang aus, atau kopling yang terbakar. Tidak seperti transmisi CVT yang jika rusak ssabuk rantainya akan berantakan seperti pecahan peluru logam. Selain itu banyak bengkel service yang tidak menyediakan layanan perbaikan atau rekondisi transmisi CVT.

2. Merk Transmisi CVT Yang Handal

Model CVT Honda adalah yang paling dapat diandalkan di antara semua lineup dan masa pakai transmisi CVT  transmisi yang paling lama. Namun, pabrikan  telah bekerja tanpa henti untuk meningkatkan teknologi. Hampir semua model merek yang lebih baru lebih baik dari pendahulunya.

3. Langkah-Langkah  Yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Umur Pemakaian  CVT

Berapa lama transmisi CVT bertahan jika Anda merawatnya dengan baik? Dari beberapa ahli mengatakan, setidaknya itu lebih dari lima tahun. CVT adalah transmisi yang masih merupakan teknologi baru dan para pembuat mobil telah bekerja untuk memperbaikinya. Tetapi, mereka akan tetap bertahan lama jika Anda melakukan perawatan yang tepat.

Lakukan perawatan transmisi CVT sebagai berikut : 

  • Ganti oli  transmisi CVT  secara teratur, mungkin setiap 30.000 kilometer. Rantai/sabuk yang mentransfer daya membutuhkan oli yang bersih dan baru  agar dapat berfungsi dengan baik. Frekuensi penggantian oli harus bergantung pada lingkungan dan iklim tempat Anda mengemudikan mobil. Frekuensinya harus lebih dari rekomendasi pabrikan jika Anda tinggal di daerah yang panas dan berdebu.
  • Transmisi bekerja paling baik untuk mobil kecil dan mesin kecil. Banyak dari mereka tidak memiliki desain yang sesuai dan rantai yang kuat untuk menangani mesin bertenaga tinggi.
  • Bawa mobil ke dealer Anda atau mekanik yang berpengalaman dan tepercaya secara berkala.

CVT membantu efisiensi bahan bakar dengan meningkatkan jarak tempuh dan memiliki beberapa keunggulan lainnya. Namun, tidak semua model CVT memiliki keunggulan yang sama.  Misalnya, model Honda Civic dan Accord menawarkan penanganan yang responsif dan terprogram dengan baik yang menghilangkan efek " Rubber band" atau efek karet gelang. Efek rubber band adalah suatu kondisi ketika RPM tinggi tetapi kendaraan membutuhkan waktu untuk mengejar kecepatan itu.

Masalah Transmisi CVT

1. CVT Honda bermasalah

Padahal honda menjamin oli transmisi seumur hidup tapi tidak seperti itu :

  1. TIDAK ADA cairan transmisi seumur hidup , masih perlu diganti.
  2. CVT tidak dapat diandalkan dan tahan lama seperti transmisi otomatis biasa,  ketika CVT rusak parah, Anda dapat harus menggantinya dengan biaya yang sangat mahal atau menjual mobil Anda dengan harga yang murah.  

2. Masalah CVT Nissan

Kami mendapat beberapa poin untuk kelemahan transmisi CVT Nissan:

  1. Akselerasi kecepatan rendah adalah titik masalahnya, kendaraan akan  bergetar saat menambah kecepatan.
  2. Salah satu alasan untuk semua komplain yang tertuju pada CVT Nissan adalah masalah overheating (  terlalu panas) . Nissan telah dituduh menggunakan sistem pendingin yang tidak memadai untuk transmisi mereka.
  3. CVT Nissan membutuhkan waktu lama untuk merespons input dari pedal. Ini mungkin membahayakan keselamatan saat mencoba bergabung ke jalan yang sibuk. Tak perlu dikatakan, Anda tidak bisa berteman dengan orang-orang yang mengemudi di belakang Anda.
  4. Rengekan CVT adalah masalah umum  untuk kendaraan Nissan. 

0 Response to "Berapa Lama Transmisi CVT Mobil Dapat Bertahan ? Berikut Faktanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )