3 Jenis Rear Housing Diffrenstial

lksotomotif.com - Setiap mobil dilengkapi dengan mekanisme penyalur tenaga ke roda penggerak yaitu diffrential. Pada mobil yang berpenggerak roda belakang, diffrential dilengkapi dengan rumah diffrential ( housing ). Sedangkan untuk mobil - mobil yang berpenggerak roda depan, diffrential menyatu dengan transmisi ( transaxle.

Gear housing diffrenstial memiliki konstruksi yang berbeda - beda, namun secara mekanisme kerjanya sama. 

Rear housing berfungsi untuk memikul berat kendaraan dan beban impact dari roda. Pada bagian tengah rear housing, terdapat differential case yang sesuai dengan final gear dan differential assembly. Terpasang pada kedua sisi rear housing adalah axle tube penopang axle shaft, pada kedua ujungnya dilengkapi dengan perlengkapan untuk menopang leaf spring dan back plate untuk rem.

Rear housing dapat diklasifikasikan dalam tiga tipe menurut desainnya.


1. BANJO TYPE

diffrensial gear housing tipe banjo


Rear housing tipe banjo mudah untuk perbaikan dan memberikan kesiapan akses pada final gear untuk penyetelan bilamana memasukkan final gear yang dipasang secara terpisah dan terpasang pada axle housing. 

Beberapa rear housing tipe banjo terbuat dari besi tuang yang mudah ditempa dan mempunyai tabung baja terpasang dipress pada kedua ujungnya. Lainnya terbuat dari baja di cor dalam sebuah unit integral dan lembaran-lembaran baja dipress dan dilas menjadi satu unit . 


2. SPLIT TYPE

diffrensial gear housing tipe split


Tipe split terdiri dari tabung axle kanan dan kiri dengan final gear dipasang di antaranya. Rancangan ini sulit untuk pemeriksaan dan penyetelan final gear. Housing dibuat dari baja tuang yang mudah ditempa atau baja tuang dan axle tube terpasang dengan tabung baja. 


3. BUILT UP TYPE 

diffrensial gear housing tipe built up


Tipe built-up mempunyai housing baja tuang mudah ditempa untuk final gear. Housing membawa axle tube. Rancangan housing yang kompleks membuat kesulitan pengerjaan pembuatan. 

0 Response to "3 Jenis Rear Housing Diffrenstial "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )