Keuntungan Pompa Injeksi Diesel Tipe Distributor

keuntungan pompa injeksi model distributor


lksotomotif.com - Pada mesin diesel, sistem penyemprotan bahan bakarnya memerlukan tekanan yang tinggi. Karena alasan inilah, pada mesin diesel dilengkapi dengan pumpa injeksi ( injection pump ) yang bekerjanya melalui mekanisme mekanik putaran mesin. 

Secara garis besar, pumpa injeksi mesin diesel terbagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Pumpa injeksi tipe In-Line

2. Pumpa injeksi tipe Distributor

Sesuai dengan judul diatas, maka pada artikel ini kita akan membahas mengenai keuntungan pompa injeksi model distributor.

Pada pompa injeksi tipe PE (tipe in-line), jumlah elemen pompa (plunger) harus sama dengan jumlah silindernya. Tetapi pada pompa injeksi tipe VE ini (tipe distributor), jumlah plunger tidak ada hubungannya dengan banyaknya silinder mesin, jadi hanya menggunakan satu plunger saja.

Plunger yang hanya satu ini sambil berputar membagikan bahan bakar injeksi secara bergantian ke setiap silinder melalui pipe injeksi sesuai dengan firing order mesin.

Seperti pada pompa injeksi tipe PE yang dilengkapi dengan governor, timer, feed pump, dan lainnya yang dipasang pada bagian luarnya, maka pada pompa injeksi tipe VE perlengkapan tersebut berada di dalamnya.

Bila dibandingkan dengan tipe PE, komponen yang ada pada pompa injeksi tipe VE jumlahnya tidak sampai setengah dari yang ada pada tipe PE, dan dibuat demikian untuk memenuhi kebutuhan akan pompa injeksi yang kecil, ringan dan berkecepatan tinggi.

Untuk memenuhi keinginan pengendaranya, maka dirancanglah sebuah pompa yang dapat memberikan percepatan kendaraan yang mendekati kendaraan yang bermesin bensin. Sebuah pompa injeksi tipe VE untuk mesin dengan sistim pembakaran Iangsung sekarang telah dibuat dan diharapkan akan digunakan secara meluas pada berbagai bidang termasuk untuk mesin-mesin konstruksi, truk ukuran sedang, dll. 

Keuntungan Pompa Injeksi Jenis Distributor

1. Pompa injeksi ini kecil dan ringan dan memiliki jumlah komponen suku cadang yang kecil (dibandingkan dengan pompa injeksi in-line yang konvensional ).

2. Pompa injeksi dapat dipasang pada mesin baik dengan posisi tegak maupun horizontal.

3. Dapat digunakan untuk mesin dengan kecepatan tinggi hingga 6000 rpm.

4. Dapat dengan mudah diatur untuk mendapatkan karakteristik torsi mesin.

5. Konstruksi pompa dapat mencegah pengiriman bahan bakar apabila karena suatu sebab arah putaran mesin diputar terbalik.

6. Dapat dengan mudah disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan kemampuan mesin. Mekanis pengontrol dapat dipasang secara terpisah, contohnya torque control device, load timer, boost compensator.

7. Karena injeksi dihentikan dengan cara memutar saklar mesin ke OFF, mesin dapat dengan segera berhenti.

8. Pelumasan menggunakan bahan bakar (bebas perawatan).  Karena pelumasan di dalam pompa injeksi dilakukan oleh bahan bakar yang ada pada ruangan pompa, pelumasan dengan minyak khusus tidak diperlukan lagi. Maka dari itu tidak ada waktu yang hilang seperti pada perawatan yang biasanya. 

0 Response to "Keuntungan Pompa Injeksi Diesel Tipe Distributor "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )