Awas, Jangan Asal Ganti Bearing Roda Mobil Ford Sembarangan

lksotomotif.com - Kenyamanan saat berkendara adalah hal mutlak yang harus didapatkan. Terlebih jika kendaraan yang kita miliki adalah kendaraan yang digunakan untuk keperluan sehari - hari. Masalah - masala kecil yang menimpa kendaraan terkadang sangat menjengkelkan. 

Kerusakan pada mobil harus segera ditangai dengan baik dan benar, keterlambatan penanganan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen yang lain. Contoh umum kerusakan  yang terjadi pada mobil adalah bearing ( lahar ) roda yang sudah rusak. Ciri - ciri kerusakan bearing roda ditandai dengan bunyi mendengung yang semakin keras seiring dengan bertambahnya kecepatan. 

Bagi para pengguna mobil Ford, penggunaan bearing ternyata tidak boleh sembarang. Bearing yang tidak sesuai dengan standart Ford akan menyebabkan kegagalan perbaikan. 

Seperti yang diceritakan oleh salah satu pengguna Ford Fiesta yang memaparkan pengalamannya mengganti bearing roda Ford Fiesta menggunakan bearing dengan kwalitas yang rendah.

Berikut kutipan pengalaman yang dibagikan, 

Sekadar berbagi pengalaman,  pertengahan April kemarin karena bearing depan Fiesta saya sudah mendengung suaranya, saya belilah sepasang bearing depan merek Trivindo di Tokopedia

Beberapa hari kemudian saya pasang di bengkel langganan. Apa yang terjadi saat di test drive ? Pada kecepatan 30km/jam saja saat mobil di-rem suara roda bergemuruh seperti ada gempa bumi, ABS light menyala, lalu di-scan, muncul error DTC C0030 (Left front tone wheel), saya browse internet & advice pemilik bengkel: kesimpulannya bearing Trivindo tersebut jelek/failed sistem magnetnya (untuk dibaca oleh sensor ABS)

Atas inisiatif saya sendiri, saya cabut fuse ABS di fuse box engine compartment, coba jalan (ABS kan menyala) tapi rem jadi normal

Terpaksa Fiesta menginap karena sudah terlalu sore untuk pesan bearing NTN pakai Gosend 

Besoknya diganti dengan bearing NTN, hasilnya maknyus.

kerusakan bearing ford fiesta

kode kerusakan ABS ford fiesta

cara mengganti bearing roda Ford Fiesta

Kesalahan dalam proses perbaikan akan memakan waktu yang lebih lama, selain itu biaya juga akan termbah. 

0 Response to "Awas, Jangan Asal Ganti Bearing Roda Mobil Ford Sembarangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel