Kelebihan Dan Kelemahan Ban Low Profile ( Ban Ceper )

lksotomotif.com - Jika Anda memiliki rencana untuk mengganti ban ukuran standar mobil Anda dengan ban profil rendah, maka artikel ini bisa menjadi referensi yang bisa digunakan untuk mengetahui kelebihan dna kekurangan ban jenis ini. Dengan mengetahui penjelasan ini, Anda memiliki keputusan apakah harus membeli ban profil pendek atau tidak ?

A. Mengenal  Ban Profil Rendah ( pendek ) ?

Ketika kita berbicara mengenai  ban profil rendah, maka kita akan balik mengetahui dua istilah pada ban, yaitu :

1. Tyre Sidewall ( dinding samping ban ), adalah bagian samping ( dinding ) ban yang diukur dari tepi tapak ban hingga bead ban ( bagian yang menyentuh velg ). 

2. Aspect Ratio ( rasio aspek ), adalah persentase tinggi dinding ban berdasarkan lebar ban.  Misalkan ban ukuran 195 / 70. Nah nilai 70 inilah persentase tinggi dinding ban, maka nilai tinggi dinding ban tersebut yaitu 195 mm x 70 % = 136,5 mm.

mengenal ban profil ban rendah

Apa dasar untuk menentukan apakah mobil Anda memiliki ban profil rendah? Untuk memahami ban profil rendah, kita cukup mendasarkannya pada rasio aspek ban. Menurut perhitungan pabrikan ban, ban profil rendah memiliki rasio aspek 55 atau kurang. Misalnya, 235/40R18 berarti tinggi dinding samping adalah 40% dari lebar panjang 235mm, tinggi dinding samping adalah 94mm. Pengemudi dapat melihat parameter ini di ban.

Saat ini banyak pengendara yang menggunakan ban low profile untuk mobilnya karena mereka beranggapan bahwa ban jenis ini memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan ban high profile. Jadi apakah itu benar? Mari kita telusuri bersama beberapa kelebihan ban low-profile:


B. Kelebihan  Ban Low Profile

1. Memberikan Mobil Anda Lebih Bergaya

Ban profil rendah dapat meningkatkan estetika eksterior kendaraan, membuat mobil Anda terlihat lebih sporty dan membantu Anda menyesuaikan velg yang lebih besar karena memiliki lebih banyak ruang untuk menambahkan rem yang lebih besar. Penggunaan ban profil rendah juga berarti pelek yang lebih besar, Anda dapat memasang rem yang lebih besar, dan efisiensi pendinginan rem yang lebih baik. Kini, ban low profile banyak digunakan untuk mobil sport karena tampilannya yang sangat estetis.

2. Penanganan Menikung Yang Lebih Baik

Ban profil rendah memperhitungkan peningkatan kinerja dalam penanganan yang lebih baik dan pengereman intensitas tinggi. Semakin tipis dinding samping ban, semakin akurat kendaraannya dan semakin realistis pengalaman berkendara, terutama saat mobil Anda menikung atau melaju dengan kecepatan tinggi. 

Namun sebaliknya, mobil berjalan lebih bergelombang, karena penyangga antara pelek dan permukaan jalan yang lebih kecil. Ban juga merupakan bagian dari sistem suspensi kendaraan. Dengan kendaraan dengan ban profil rendah, pengemudi dapat dengan jelas merasakan setiap gundukan kecepatan dan ketidakrataan jalan, kecuali jika suspensi dirancang untuk mengakomodasi kendaraan dengan ban profil rendah.

3. Meningkatkan Cengkeraman Untuk Mobil Anda

Ban profil rendah memiliki tapak karet yang besar, sehingga memberikan traksi yang lebih baik pada mobil, dan sebagai gantinya, suara gema saat berlajan ( ride noise )  juga lebih keras. Selain itu, ban berdinding tipis hanya menambah keunggulan traksi di kondisi jalan datar dan kering, dan saat hujan menjadi poin minusnya.


C. Kerugian Ban Profil Rendah

1. Rawan Rusak

Dalam kondisi berkendara dan penyimpanan yang baik, daya tahan ban low profile sama dengan ban biasa karena struktur tapak dan serat kedua jenis ini tidak jauh berbeda. Namun ban low profile sering digunakan untuk kendaraan yang beroperasi dengan performa tinggi atau kondisi kerja yang buruk sehingga akan lebih rentan terhadap kerusakan.

2. Membuat Kebisingan Dalam Beberapa Situasi

Jika Anda ingin mobil Anda terlihat lebih sporty, Anda dapat memilih roda besar, dan ban profil rendah dengan suspensi yang dirancang untuk mengakomodasi kendaraan dengan ban profil rendah. Namun, ban juga merupakan bagian dari sistem suspensi, jadi menggantinya akan menimbulkan kebisingan pada mobil Anda saat berkendara dan performa suspensi mungkin tidak sesuai dengan persyaratan.

Selain itu, ban low profile membuat bantalan antara pelek dan jalan menjadi lebih kecil, sehingga pengemudi dapat dengan jelas merasakan permukaan jalan yang tidak rata.

Dengan ketidaksempurnaan jalan (bergelombang atau berlubang), pengemudi harus benar - benar menjaga kecepatan kendaraan. Jika ini diabaikan,  ban dapat dengan mudah  untuk mengempis, atau robek. Jika hal ini terjadi, Anda harus mengganti ban seluruhnya dengan yang baru yang tidak bisa ditambal. 

Secara khusus, dibandingkan dengan ban biasa, ban profil rendah harganya sedikit lebih mahal. Oleh karena itu, pengendara yang berkendara dengan ban low profile perlu lebih sering mengecek tekanan ban. Jika ban terlalu kembung, mobil Anda hanya perlu melewati lubang kecil, yang dapat menyebabkan roda lebih cepat rusak.

Tentunya selain kelebihan seperti meningkatkan estetika, membuat kendaraan jauh lebih baik, serta meningkatkan traksi atau efisiensi pengereman, ban low profile juga memiliki banyak kekurangan. Banyak pengemudi yang menggunakan ban profil rendah mengeluh karena lebih tipis dari ban biasa, ban lebih rentan terhadap tusukan dan guncangan, dan pelek roda lebih cepat rusak.

D. Ban profil rendah vs profil tinggi: Mana yang lebih baik?

Pilihan terbaik akan bergantung pada kebutuhan mengemudi Anda dan fungsi ban. Namun sebelum mengambil keputusan, sebaiknya Anda mengetahui perbedaan kedua jenis ban tersebut. Ban profil rendah akan memiliki tapak yang lebih lebar dan dinding samping yang lebih pendek. Fitur-fitur ini memberikan cengkeraman dan penanganan yang baik. 

Sedangkan ban profil tinggi memiliki tinggi dinding samping yang lebih tinggi dan lebar bagian yang kecil. Ban profil tinggi terbukti memiliki kenyamanan berkendara, dengan biaya murah dan untuk kendaraan yang lebih besar sedangkan ban profil rendah dikenal dengan respons kemudi yang lebih baik dan kinerja menikung yang lebih baik. Selain kelebihannya, keduanya juga memiliki kekurangannya masing-masing dan Anda harus mempertimbangkannya sebelum membeli ban.

Apakah ban profil rendah lebih baik untuk kecepatan?

Sebuah pertanyaan yang diajukan oleh banyak pengemudi dapatkah ban profil rendah meningkatkan kecepatan mobil? Jawaban kami adalah “Ya”. Karena ban ini memiliki diameter yang lebih rendah yang akan meningkatkan gearing ratio. Ban profil rendah meningkatkan efisiensi penanganan dengan mengurangi distorsi dinding samping selama mengemudi dan menikung tentu hasilnya juga akan menghasilkan inflasi yang lebih tinggi. Itu sebabnya ban profil rendah selalu digunakan  untuk kendaraan sport. Itu tidak hanya memberikan tampilan yang menarik tetapi juga membantu mobil Anda mencapai kecepatan tertinggi.

Apakah ban profil rendah lebih boros bahan bakar ?

Untungnya, ban profil rendah dikenal memiliki penghematan bahan bakar yang lebih baik. Kendaraan dengan ban profil rendah dapat mengurangi 15% hingga 20% konsumsi bahan bakar saat melaju pada kecepatan rendah dan hingga 35% pada kecepatan tinggi. Jadi kenapa? Karena ban yang lebih besar akan terasa berat dan memiliki ketahanan putaran yang lebih tinggi daripada ban yang lebih kecil, mobil Anda akan membutuhkan lebih banyak tenaga untuk menggerakkan ban, dan saat ini mobil Anda akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar di ban yang besar.

0 Response to "Kelebihan Dan Kelemahan Ban Low Profile ( Ban Ceper ) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel