Ciri - Ciri Busi Palsu Dan Efeknya Terhadap Mesin Berdasarkan Pengalaman

lksotomotif.com - Busi ( sparkplug ) adalah komponen penting yang ada pada mesin bensin. Busi berfungsi memercikan bunga api pada saat menerima tegangan yang besar dari coil. Percikan pada busi mengakibatkan terjadinya pembakaran pada ruang bakar. 

Pembakaran yang sempurna sangat dipengaruhi oleh kwalitas busi. Namun demikian, seiring dengan perkembangan teknologi, busi memiliki beberapa jenis tipe. Dan sayangnya, saat ini sangat banyak beredar busi - busi palsu yang bebas diperjual belikan. 

Ciri - Ciri Busi Palsu Berdasarkan Pengalaman

Beberapa hari yang lalu saya menangani mobil teman yang mengalami gejala berebet pada kecepatan 50 - 60 km/jam. Kebetulan mobil ini adalah mobil matic CVT dan saat gejala tersebut, transmsisi ( gearbox ) sangat luar biasa bergetarnya dan tenaga berkurang secara drastis. 

Analisa ini menguatkan bahwa bisa jadi kerusakan disebabkan oleh CVT yang bermasalah, jika ini yang rusak pasti biaya yang dikeluarkan sangat besar. Namun ini adalah kesimpulan akhir jika memang semua komponen dalam keadaan baik. 

Sayapun mencoba untuk mengganti komponen yang mudah dan murah yaitu saringan bahan bakar ( fuel filter ), komponen ini memang banyak menyumbang masalah apabila mesin mengalami masalah mbrebet. Namun setelah saya ganti bantu dan test drive, ternyata masalah belum kelar juga. 

Oh ya, ini mobil baru  diganti busi iridium sekitar 1 bulan yang lalu,  pemiliknya beli sendiri  busi tersebut secara online di marketplace. 

Gelaja mesin getar ( mbrebet ) terjadi tidak lama setelah dipasang busi baru. Dan kecurigaan saya pun tertuju pada kinerja busi yang tidak jelas tersebut. Saya coba untuk mengambil data streem ignition system, dan terlihat data tersebut tidak stabil pada saat mesin diakselerasi. 

Saya pun coba untuk melepas semua busi dan menggantinya dengan busi jenis standar. Dan hasilnya mesin normal. 

Berikut adalah gambar  busi palsu, secara kasat mata ini sangat susah membedakan dengan busi original.

busi denso palsu

busi denso palsu

Dari beberapa info yang penulis dapatkan bahwa, ciri - ciri busi palsu yaitu bentuk print merek terlihat agak kabur. Jika kita lihat busi diatas, tulisan mereknya agak kabur. 

Dibawah ini adalah gambar busi original yang saya pasang dimobil tersebut.

ciri - ciri busi original

Terlihat dari bentuk print mereknya begitu lekat dan tidak kabur.

Sedangkan pada gambar dibawah adalah petunjuk yang diberikan oleh pabrikan denso untuk membedakan busi kw dengan busi original. 
perbedaan busi original dan busi palsu


Efek Menggunakan Busi Palsu

Berikut adalah kesimpulan dari pemakaian busi palsu pada mobil

- Mesin akan bekerja normal pada saat awal dipasang hingga beberapa hari kedepan, artinya pada saat pemasangan busi palsu mesin tidak langsung bermasalah. 

- Mesin akan mbrebet pada kondisi mesin dingin, namun saat mesin sudah mencapai suhu kerja terkadang mesin normal dan ini akan terus terjadi secara random

- Gejalanya mirip seperti mesin kehabisan bahan bakar ( bahan bakar tersumbat )

- Transmisi akan bergetar keras saat mesin mbrebet

Nah itulah ciri - ciri busi palsu dan efeknya terhadap mesin berdasarkan pengalaman. Trouble ini sebenarnya sangat mudah diselesaikan. Namun jika salah dalam diagnosis, proses perbaikan akan memakan waktu yang lama. 

0 Response to "Ciri - Ciri Busi Palsu Dan Efeknya Terhadap Mesin Berdasarkan Pengalaman "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel