Penyebab Tomsol ( Flasher ) Bunyi Terus Menerus Pada Mobil Hyundai i10

lksotomotif.com - Beberapa waktu yang lalu mobil teman saya Hyundai i10 memiliki masalah pada sistem lampu beloknya. Pada saat kondisi normal, flasher ( tomsol ) lampu belok bunyi terus menerus. Pada kondisi ini, saklar lampu belok tidak diaktifkan. 

Pemeriksaan awal saya coba lakukan pembongkaran pada flasher, namun masih tetap bunyi. Bunyi yang ditimbulkan secara terus menerus sangat tidak nyaman. 

Setelah melakukan pemeriksaan awal yang tidak berhasil, saya coba untuk mencari referensi dari berbagai sumber di internet. Ada salah satu sumber yang menurut saya menarik, yang mana pada penjelasannya ia memeriksa saklar lampu hazard dan saklar lampu belok. 

Saya pun langsung eksekusi masalah tersebut dengan melepas saklar lampu belok yang ada pada bagian bawah roda kemudi. 

Berikut Langkah - Langkah Melepas Saklar Lampu Belok Pada Mobil Hyundai i10.

1. Lepas Negatif Baterai 

Untuk mengantisipasi terjadinya short sirkuit pada rangkaian kelistrikan, pastikan terminal negatif baterai dilepas. Caranya pun sangat mudah, dengan menggunakan kunci ukuran 10, kendorkan mur terminal dan lepas secara perlahan. 

2. Lepas Cover Saklar


Cover ini terletak dibawah roda kemudi, untuk melepasnya juga sangat mudah. Lepas tiga skrup yang ada pada bagian depan ( 2 pcs ) dan bagian bawah ( 1 pcs ). Dengan menggunakan obeng plus (+), lakukan pembongkaran secara berhati hati dengan cara memutar roda kemudi agar skrup mudah terlihat. 

Setelah semua skrup terlepas, angkat pelan - pelan cover tersebut dengan menekan pada bagian pengunci yang terletak pada setiap sambuangan. 

membongkar cover roda kemudi hyundai i10

3. Lepas Soket Saklar Belok


Setelah cover terlepas, Anda akan melihat bagian dalam sistem lampu - lampu pada bagian bawah roda kemudi. Soket lampu belok berada pada bagian bawah saklar sebelah kanan. Dengan menggunakan obeng minus (-) kecil, tekan pengunci dengan hati - hati sambil ditarik keluar.

melepas soket lampu belok hyundai i10


4. Bongkar Saklar Lampu Belok 

'Setelah semuanya sudah terlepas, saatnya Anda membongkar bagian dalam soket belok. Tenang, rangkaian saklar belok tidak serumit atau sesulit yang Anda bayangkan, bagian dalamnya sudah menyatu dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan. 

Bongkar dengan cara lepas dua skrup yang ada pada bagian saklar dengan obeng plus (+). Setelah lepas, bongkar perlahan - lahan bagian - bagiannya. Saklar ini terbagi menjadi dua bagian, bagian atas dan bagian bawah. 

memperbaiki flasher hyundai i10 hidup terus menerus



Nah, setelah Anda bongkar selanjutnya adalah bersihkan silicon - silicon yang menempel pada saklar kuningan tersebut. Proses membersihkannya bisa dengan cairan anti karat atau bensin. 

Silicon ini berada diantara celah yang bisa Anda lepas dengan pelan - pelan obeng minus atau dengan tangan pelan - pelan. 

Kesimpulan 

Penyebab utama tomsol ( flasher ) bunyi terus menerus ( continue ) pada mobil Hyundai i10 adalah silicon yang sudah meluber. Luberan ini menutupi semua saklar, yang mana ini menjadi konduktor ( penghantar listrik ).

0 Response to "Penyebab Tomsol ( Flasher ) Bunyi Terus Menerus Pada Mobil Hyundai i10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel