Penyebab Nyendat ( Semput ) Pada Mobil Nissan Urvan

lksotomotif.com - Nissan Urvan termasuk salah satu mobil Van yang banyak digunakan di Malaysia. Mobil ini  digunakan oleh masyarakat sebagai angkutan umum, bus sekolah dan bus sewa. Maka tak heran, jika Anda berkujunng ke Malaysia, Anda akan mudah menemukannya. Hal ini berbanding terbalik dengan di Indonesia, yang mana populasi Nissan Urvan sangat nimim. 

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan problem Nissan Urvan ndut-ndutan/nyendat-nyendat atau semput ( kata orang disini ). Saat posisi idle mesin bekerja dengan normal dan tidak ada kendala. Namun saat mobil berlajan, dan pada posisi putaran tinggi mesin mulai bermasalah.  Round per minutes ( RPM ) mesin turun drastis dan naik normal kembali.

Setelah melakukan beberapa item pemeriksaan dan membaca beberapa pengalaman pemilik Urvan yang lain, saya memutuskan untuk mengganti saringan solar ( diesel ) bagian bawah dan atas. Harga saringan persatuan disini 25 ringgit.

mengganti saringan solar nissan urvan

Tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan proses penggantian, cukup dijepit di ragum dan buka menggunakan spesial service tools, saringan pun terlepas.

penyebab nissan urvan nyendat-nyendat

Setelah diganti dan saya pun langsung memasangnya, oh ya jangan lupa untuk melakukan proses pumpa bahan bakar dengan menggunakan priming pump. Setelah semuanya ok, start agak panjang dan mobil pun menyala.

Langsung test drive beberapa kilometer dan hasilnya pun memuaskan. Mobil sudah tidak nyendat-nyendat dan kembali seperti semula. 

Dari masalah yang sering menimpa Nissan Urvan, selain disebabakan oleh saringan solar yang sudah buruk, bisa juga disebabkan oleh komponen lain seperti accelerator pedal sensor yang berada didekat pedal akselerasi. 

Jika anda sudah melakukan penggantian saringan solar nissan urvan dan ternyata hasil belum memuaskan, maka anda bisa mencoba untuk mengganti accelerator pedal sensor.
 

0 Response to "Penyebab Nyendat ( Semput ) Pada Mobil Nissan Urvan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel