Unik, Begini Pemerintah Malaysia Mengatur Parkir Mobil Liar

lksotomotif.com - Pengaturan parkir mobil dibeberapa negara memiliki aturan yang berbeda - beda. Ini bertujuan agar keteraturan para pengendara terjaga dengan baik sehingga hal ini menambah kerapian sebuah tempat atau kota. 

Pada artikel ini, penulis mendapat pengalaman menarik mengenai pengaturan parkir mobil yang diterapkan di negara Malaysia, khususnya di  negeri Sabah. Sebagai informasi bahwa populasi mobil lebih banyak dibanding sepeda motor di negara Jiran ini. 

Hal ini tidak mengherankan jika dibanding di Indonesia, sebab kredit yang ditawarkan untuk memiliki sebuah mobil sangat mudah dalam rentang waktu yang rata - rata 9 tahun. Selain itu harga bahan bakar yang sangat murah juga ikut mendorong populasi mobil yang semakin pesat. 

Jika Anda baru pertama kali datang ke Malaysia, maka akan sering menjumpai mobil dibanding sepeda motor. Bahkan sepengalaman penulis, rata - rata dalam satu rumah memiliki mobil lebih dari satu. 

Kurangnya lahan parkir pada  tempat - tempat umum di kota, mengakibatkan mobil akan parkir disepanjang jalan yang memungkinkan untuk parkir. 

Pertanyaannya adalah, apakah parkir - parkir tersebut benar - benar tidak dipungut biaya ? jawabannya adalah tidak. 

Pemerintah Malaysia khusunya Negeri Sabah menerapkan kupon parkir. Kupon parkir adalah pembarayan parkir dengan metode manual. Pengemudi harus membeli satu bundel kupon yang berisi lima lembar kupon. 

Apa bedanya dengan elektronik parkir ? jelas beda. Pada kupon parkir ini pengemudi harus menandai setiap satu lembar kupon yang hanya bisa digunakan hanya satu kali. 

aturan parkir di Malaysia

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, bahwa kupon parkir diatas digunakan pada :
- Tahun 2023
- Bulan 12
- Tanggal 9 
- Jam 4 Sore
- Menit ke 15

Setelah kupon digosok, selanjutnya kupon diletakkan tepat diatas dasbord. Tujuannya agar pada saat pemeriksaan parkir oleh pihak berwajib maka kendaraan tersebut tidak dikenanakan sanksi. 

Harga satu bundel kupon yang berisi lima lembar dijual dengan harga yang lumayan murah, sekitar 10 ringgit. 

Oh ya, sanksi yang diberikan jika tidak menggunakan kupon ini lumayan mahal lho. Hampir 100 ringgit atau setara 350 ribu rupiah. 


0 Response to "Unik, Begini Pemerintah Malaysia Mengatur Parkir Mobil Liar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel