Ini Alasan Mengapa Pada Saat Mobil Mundur, Transmisi Manual Mengeluarkan Bunyi Mendengung

penyebab suara mendengung saat gigi mundur

lksotomotif.com - Pernahkah Anda memperhatikan bahwa pada saat Anda memindahkan tuas transmisi ke posisi reverse ( mundur ) dan terdengar suara mendengung pada bagian bawah mobil. Suara akan semakin kencang jika pedal gas semakin ditekan.

Apakah ini kondisi yang normal ? jawabnya adalah ya. Ini adalah kondisi yang normal pada transmisi manual ketika pada posisi mundur akan mengeluarkan bunyi sedikit mendengung. Kondisi ini memang jarang diperhatikan oleh para pengemudi, namun ini adalah sebuah fakta yang perlu Anda ketahui. 

Mengapa Tranmsi Manual Mengeluarkan Bunyi ( Mendengung ) Pada Saat Mobil Berjalan Mundur ? 

Karena ini adalah kondisi yang normal yang terjadi pada semua mobil bertansmisi manual, maka ini adalah dampak dari mekanisme kerja yang terjadi pada gigi mundur transmisi manual. 

Tranmisi adalah komponen yang berfungsi mereduksi putaran dari mesin sebelum diteruskan ke difrensial dan roda. Reduksi yang dihasilkan oleh transmisi dapat disesuaikan oleh pengemudi dengan cara memindahkan gigi. 

Pada umumnya, transmisi manual terdiri dari 5 gigi maju dan 1 gigi mundur. Setiap percepatan gigi disesuaikan dengan kondisi mobil. Dengan demikian, mobil akan memperoleh transfer tenaga mesin yang maksimal. 

Pada gigi maju, mekanisme yang digunakan pada tranmisi manual model terbaru  ( jenis sincromesh ) adalah menggunakan mekanisme gigi jenis helical. Gigi jenis helical digunakan pada gigi maju 1, 2, 3, 4, dan 5. 

Gigi Helical 


Roda gigi helical adalah jenis roda gigi dengan arah gigi miring (tidak tegak lurus dengan muka roda gigi). Kemiringan atau sudut helix gigi pada roda gigi ini sekitar 15-30 derajat. Roda gigi ini dapat dibuat dengan mesin hobbing maupun mesin milling.

Pada pengaplikasiannya, gigi helical digunakan pada transmisi mobil seperti yang terlihat pada gambar diawah ini.

roda gigi helix pada transmisi

Kelebihan Roda Gigi Helical
Berikut ini adalah keunggulan roda gigi helical dibandingkan dengan roda gigi lurus:
  • Tidak bising.
  • Gerakan lebih halus. 
  • Gigi yang miring bergerak secara bertahap dan lebih dari satu gigi saling berhubungan.

Kekurangan Roda Gigi Helical
Berikut kelemahan roda gigi helical dibandingkan dengan roda gigi lurus:
  • Mengalami beban aksial, sehingga perlu bearing yang bisa menahan kombinasi beban aksial dan radial.
  • Proses pembuatannya lebih susah.

Gigi Spurs

roda gigi spurs pada transmisi mobil

Roda gigi lurus (spur gear) adalah jenis roda gigi silinder, dengan poros yang sejajar dan terletak pada bidang yang sama, serta bentuk gigi yang lurus dan berorientasi sejajar dengan poros. Roda gigi lurus merupakan jenis roda gigi yang paling sederhana dan paling umum digunakan karena relatif lebh mudah dibuat dan cocok untuk berbagai macam aplikasi.

Pada transmisi mobil, roda gigi jenis spur digunakan pada gigi mundur. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

gigi spur pada transmisi mobil

Gigi spur yang ditandai dengan kotak berwarna kuning. Terlihat bahwa gigi mundur semuanya berjenis spur. Seperti gigi pada bagian input shaft, idle gear dan counter gear.

Salah satu kelemahan dari jenis gigi spur adalah mengeluarkan suara yang bising saat berputar. Nah, inilah alasan utama mengapa ketika posisi mundur  pada mobil transmisi manual mengeluarkan bunyi mendengung yang berasal dari putaran gigi spur pada gigi mundur. 

0 Response to "Ini Alasan Mengapa Pada Saat Mobil Mundur, Transmisi Manual Mengeluarkan Bunyi Mendengung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel