Apa itu Final Gear Pada Mobil ?

lksotomotif.com - Ketika seseorang akan membeli mobil, maka ia akan melihat spesifikasi pada mobil tersebut. Spesifikasi yang disajikan pada brosur terdiri dari dari banyak spesifikasi, seperti spesifikasi teknis dan non teknis. Pada spesifikasi teknis, banyak data yang ditampilkan, salah satunya yaitu data spesifikasi pemindah daya. 

Pada spesifikasi pemindah daya, pabrikan memberikan data berupa perbandingan gear ratio transmisi dan Final gear. Pada artikel sebelumnya kami sudah mengulas mengenai perbandingan gigi ratio pada transmisi

Nah pada artikel ini, kita akan membahas mengenai Final Gear. Perlu kita ketahui bahwa gear rasio pada transmisi berbeda dengan final gear. Gear ratio transmisi diatur oleh gigi - gigi yang ada pada transmisi, sedangkan Final Gear adalah perbandingan gigi akhir yang diatur oleh difrential. Lihat pada gambar dibawah ini. 

mengenal final gear

Singkatnya, jika kita berbicara mengenai Gear Ratio maka itu berkaitan dengan Transmisi, sedangkan jika kita berbicara mengenai Final Gear maka itu berkaitan dengan Diffrential. Transmisi dan difrential masuk dalam kategori powertrain ( pemindah daya ) yang mana  kedua memiliki fungsi yang berbeda. 

Transmisi berfungsi mengatur tenaga mesin yang akan disalurkan ke roda - roda dengan cara mereduksinya. Sedangkan diffrensial adalah komponen yang berfungsi membagi putaran tenaga dari transmisi ke roda kanan dan roda kiri sesuai dengan kondisi. 

Apa Itu Final Gear ?

Final Gear ( FG ) adalah perbandingan putaran antara Pinion Gear dengan Ring Gear pada diffrensial. Letak pinion gear dan ring gear berada didalam rumah ( housing ) difftrensial. Pinion gear menerima putaran tenaga dari transmisi yang selanjutnya diteruskan ke roda kanan dan kiri melalui ring gear. 

mengenal final gear





Misalkan mobil Suzuki Jimny yang memiliki Final Gear 9/37, ini artinya adalah gigi pinion memiliki 9 gigi dan ring gear memiliki 37 gigi. Maka rasio final gear yaitu 37 : 9 = 4,11 ( untuk memutarkan 1 kali putaran penuh ring gear, maka pinion gear harus berputar 4,11 kali putaran ). 

Efek Final Gear

a. Final Gear Besar

Semakin besar rasio final gear, maka semakin ringan putaran yang diperlukan untuk memutarnya. Ini artinya, mesin tidak membutuhkan tenaga besar untuk menggerakkan roda sehingga tarikan menjadi sangat ringan. Menghasilkan torsi yang besar namun kelemahannya kecepatan mobil akan semakin rendah. 

Jenis ini sangat cocok digunakan untuk kendaraan offroad yang memang membutuhkan momen yang besar dan mengesampingkan  kecepatan yang tinggi. Selain itu, final gear yang besar digunakan untuk mobil - mobil yang besar yang memang diperuntukkan untuk mengangkut beban besar.

b. Final Gear Kecil

Sebaliknya, final gear yang kecil akan membutuhkan tenaga mesin yang besar untuk memutarnya. Ini artinya, final gear yang kecil cocok digunakan untuk menaikkan kecepatan mobil namun tidak cocok untuk menaikkan torsi. 

Jenis ini digunakan untuk mobil - mobil yang mengutamakan kecepatan tinggi dan mengesampingkan torsi yang besar.

Apakah Final Gear Pada Mobil Bisa Diganti ? 

Jawabannya bisa.  Anda bisa mengganti final gear pada mobil kesayangan Anda. Banyak produk - produk aftermarket yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Contohnya Final Gear Suzuki Jimny

9/37 (Rasio 4.11) ( standard SJ410)
9/43 (Rasio 4.77)
8/39 (Rasio 4.87)
8/41 (Rasio 5.12)
8/43 (Rasio 5.37)

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memodifikasi Final Gear

Karena memodifikasi final gear akan berdampak pada tenaga mesin, maka sebelum Anda melakukan itu maka ketahuilah karakter mesin mobil Anda. Untuk mengetahui karakter mesin maka lakukanlah dyno test. 

0 Response to "Apa itu Final Gear Pada Mobil ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )