Penyebab Bau Gosong Di Cabin Mobil Saat Kecepatan Tinggi

lksotomotif.com - Bau gosong tentu akan menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara, selain itu ini juga menjadi pertanda akan kerusakan yang terjadi pada mobil yang sedang kita kendarai. Sebagai pemilik yang baru pertama kali memiliki mobil, bau gosong yang ditimbulkan pada kecepatan tinggi adalah gejala wajar. 

Penyebab Bau Gosong Di Cabin Mobil Saat Kecepatan Tinggi para rentang kecepatan diatas  100 Km/jam disebabkan dari bau yang ditimbulkan oleh Catalitic Converter.

bau gosong catalitic corventer

Catalitic Corventer terletak pada bagian bawah mobil yang menyatu dengan pipa knalpot ( muffler ). Komponen ini berfungsi menyaring kandungan racun pada gas buang sehingga pada akhirnya gas yang terbuang menjadi ramah lingkungan. 

Baca juga : Ciri - Cri Catalitic Corventer Mengalami Kerusakan

Pada saat mobil melaju pada kecepatan tinggi, maka mesin akan mengalami campuran bahan bakar yang kaya ( air fuel ratio ). Campuran bahan bakar yang kaya ( kandungan bahan bakar lebih banyak dibanding nilai standar ) akan mengakibatkan gas pembakaran pada mesin masih menyisakan bahan bakar yang belum terbakar sempurna. Sisa - sisa inilah yang terbakar didala catalic corventer yang berkerja pada suhu tinggi 650 - 780 derajat celcius. 

Bau yang masuk kedalam cabin adalah dampak dari turbolensi yang terjadi pada kecepatan tinggi. Gas buang yang keluar dari ujung knalpot akan masuk kedalam kabin. 

Bau gosong yang ditimbulkan akan hilang dengan sendirinya, jadi tidak perlu khawalir. Selain itu ada juga yang menyaranakan untuk menggunakan bahan bakar yang beroktan 98 dan pacu mobil pada kecepatan tinggi. 


0 Response to "Penyebab Bau Gosong Di Cabin Mobil Saat Kecepatan Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel