Ring Piston ( Compression Ring, Oil Ring Dan Ring Flutter )

cara kerja ring kompresi di mesin
lksotomotif.com - Piston ring terpasang pada ring grooves disekeliling piston untuk menjaga combustion chamber ( ruang pembakaran ) kedap udara antara piston dan cylinder head. Juga mengkonduksikan panas yang diterima piston ke dinding cylinder. 

Piston ring mengikis oli yang disemprotkan ke dinding cylinder untuk meninggalkan oil film ( lapisan oli tipis ) minimum yang dibutuhkan untuk melumasi piston dan piston ring, dan mencegah oli yang berlebihan masuk ke combustion chamber.

Compression Ring ( Ring Kompressi ) 

Ring yang digunakan untuk mempertahankan tekanan pembakaran disebut compression ring, dan yang berfungsi untuk mengikis oli yang berlebihan, disebut oil ring.

Compression ring bergantian membentur bagian atas dan bawah ring groove saat piston naik dan turun. Selama langkah usaha, gas bertekanan tinggi mendorong ring ke bawah. Compression ring juga menaikkan tekanan pembakaran saat gas bertekanan tinggi mendorong ring ke dinding cylinder dari belakang ring.

jenis - jenis kompresion ring piston

Jenis - Jenis Ring Kompresi

1. Barrel Type

2. Taper Type

3. Inner Bevel Type

4. Under Cut Type

Oil Ring ( Ring Oli ) 

ring oli

Oil ring berbentuk runcing dan beralur pada permukaan geseknya untuk menaikkan tekanan unit sehingga kerapatan dengan dinding silinder dapat dipertahankan oleh tegangannya sendiri.

Untuk memenuhi kebutuhan untuk oil ring dengan tekanan unit yang lebih besar untuk mesin putaran tinggi, oil ring dengan expander umumnya digunakan.

Piston ring umumnya dilapis dengan chrome keras pada bagian atas, bawah dan permukaan luar. Chrome-plated ring memiliki ketahanan aus dan konduksi panas yang baik, tetapi ring tipe ini tidak boleh digunakan dengan chromard liner karena dapat menyebabkan kerusakan piston. 

jenis - jenis ring oli
Jenis - jenis Ring Oli 
1. Cutter Type
2. Bevel Cutter Type
3. Round Cutter Type
4. Combined Type
5. Coil Expander

Fungsi Pemompaan  Piston Ring

Karena gerakan dari piston ring naik turun, sulit untuk mempertahankan oil film daripada dengan
gerakan berputar. Karenanya kerugian gesek sangatlah besar. Pelumasan tipe percikan digunakan untuk mensuplai oli pelumas ke permukaan silinder untuk pelumasan efektif, dan ke piston untuk pendinginan efektif. 

Untuk alasan ini, dibutuhkan suplai oli yang cukup. Akan tetapi, saat oli pelumas masuk ke dalam combustion chamber, ini tidak hanya menyebabkan kenaikan pada konsumsi oli, tetapi juga menghasilkan endapan karbon, yang menyebabkan masalah seperti valve bocor, dan mis-firing. 

fungsi pemompaan ring piston

Selanjutnya,juga dapat menyebabkan piston ring macet. Saat mesin bekerja, piston ring bergerak naik dan turun pada groove, sehingga oli pelumas yang dibutuhkan dikirim ke combustion chamber untuk
membentuk oil film. Ini disebut dengan fungsi pemompaan dari piston ring. Salah satu fungsi dari oil ring adalah untuk mengikis kelebihan oli.

Kerjasama antara compression ring dan oil ring memungkinkan untuk mensuplai oli pelumas yang cukup ke bagian bawah piston, dan juga mengurangi seminimum yang diperlukan pada bagian kepala piston. Sehingga mencegah oli pelumas yang berlebihan masuk ke combustion chamber. 

Ring Flutter

ring flutter


Perbedaan dalam diameter silinder antara bagian atas dan bawah terjadi karena perbedaan suhu
antara bagian atas dan bawah silinder, atau karena keausan silinder. Saat piston ring bergerak ke atas dan bawah silinder, diameter ring membesar dan mengecil disepanjang permukaan silinder. 

Selama langkah hisap, ring berhubungan dengan permukaan atas ring groove, dan selama
langkah buang, ring berhubungan dengan permukaan bawah ring. Saat ring berada pada posisi tengah-tengah ring groove, ring dalam kondisi mengambang penuh. 

ring flutter pada mesin



Saat mesin dengan fitur ini bekerja pada putaran tinggi, vibrasi ring bertemu dengan vibrasi natural ring dan bergerak bebas. 

Fenomena ini disebut ring flutter, dan menyebabkan kebocoran gas, oli memburuk, kemudian menaikkan rasio konsumsi oli atau menyebabkan keausan ring dan kerusakan. Untuk mesin putaran tinggi, ring memiliki daya regang tinggi dan lebar sempit untuk mencegah ring flutter. Jika mesin dipacu saat periode pemanasan, dapat menyebabkan ring flutter, karenanya diperlukan perhatian khusus. 

0 Response to "Ring Piston ( Compression Ring, Oil Ring Dan Ring Flutter ) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel