Cara Mengatasi Panas Berlebih ( Overheating ) Pada Mobil Datsun Go

mengatasi datsun go panas berlebih


lksotomotif.com - Panas berlebih atau sering disebut overheating adalah musuh terbesar bagi pengemudi kendaraan. Ini karena panas berlebih pada mesin dapat mengakibatkan dampak yang berbahaya pada mesin itu sendiri. Kecerobohan jika mengabaikan hal ini maka mesin akan mengalami mati tiba-tiba.

Beberapa hari yang lalu kami mendapatkan mobil Datsun Go yang mengalami panas berlebih. Ciri - ciri yang dikeluhkan oleh pemilik yaitu amper panas akan naik secara signifikan jika AC diaktifkan. Namun jika AC dimatikan ( OFF ), amper meter dalam kondisi normal. Selain itu, air radiator akan berkurang drastis saat mesin dinyalakan dengan kondisi yang sudah panas. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kami pun mencoba mulai menganalisa dengan bantuan scan tool. Setelah di cek beberpa sensor yang berkaitan dengan sistem pendingin, semua bekerja dengan normal dan baik.

Pemerikaan lainnya untuk mendukung data tersebut pun dilakukan, mulai dari pengukuran sensor secara manual menggunakan AVO Meter, memerikasa tutup radiator, memerika kebocoran radiator dan kisi - kisi pada bagian depan yang menurut kami juga bisa mempengaruhi.

Dari hasil pemeriksaan semuanya, ternyata semua dalan kondisi baik dan tidak ada tanda - tanda masalah yang serius. 

Setela itu kami pun mencoba untuk memeriksa kondisi kipas dan motor kipas. Secara kinerja, kipas bekerja dengan normal. Namun sedikit keraguan kami akan kinerja kipas adalah suaranya yang mulai kasar. 

Setelah itu kami mencoba untuk melepas kipas dan memeriksa putaran motor kipas yang kami hubungkan langung ke terminal baterai. Hasilnya motor berputar, namun suaranya sedikit kasar dan sudah oblak.

Dari hasil analisa tersebut, kami pun berpendapat untuk mengganti motor kipas. Ini karena mengganti motor kipas adalah pilihan paling ringan dengan sedikit resiko. Mudah diperoleh dan harganya yang relatif lebih murah dibanding komponen pendingin lainnya.

Kami pun membeli motor kipas Datsun Go dengan harga 325.000. Setelah itu kami pun merakit kipas dan memasangnya pada mesin.

mengganti kipas datsun go


Setelah mesin dihidupkan, kondisi amper panas dalam kondisi normal. Lanjut dengan menghiudupkan AC mobil dan ternyata amper panas juga masih normal. 

Untuk meyakinkan hasil perbaikan tersebut, kami pun mengecek kondisi pendingin mesin menggunakan scan tool, terlihat pada data air pendingin berada pada kisaran suhu 85 - 90 derajat celcius.

Dengan keyakinan tersebut, kami pun coba untuk menjalankan mobil dengan kondisi AC On. Setelah melakukan perjalanan, kami pun berkesimpulan bahwa proses perbaikan yang kami lalukan berhasil.

Kesimpulan :

Terjadinya panas berlebih pada mobil Datsun Go yang ditandai dengan amper panas naik jika AC dihidupkan dan air pendingin berkurang, maka ini bisa disebabkan oleh kondisi motor yang sudah tidak maksimal sehingga kipas tidak dapat berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi hal tersebut maka gantilah motor kipas radiator Datsun Go dengan yang baru dengan harga kisaran 350.000 rupiah. 

0 Response to "Cara Mengatasi Panas Berlebih ( Overheating ) Pada Mobil Datsun Go"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel