Nama Dan Letak Sistem Kontrol Mesin Kijang Innova

lksotomotif.com - Kijang Innova adalah salah satu produk Toyota yang sudah melegenda sejak pulihan tahun yang lalu. Menurut banyak cerita kata " Kijang" merupakan singkatan dari " Kerjasama Indonesia Jepang". Pada generasi awal, Kijang dilengapi dengan kontrol mesin konvensional.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, maka pada generasi 2004 Toyota meluncurkan Kijang Innova generasi pertamanya yang sudah menggunakan teknologi kontrol mesin. Dengan demikian, sistem kontrol mesin sudah banyak mengandalkan sistem elektronik yang lebih maju.

Banyaknya komponen - komponen pada sistem kontrol mesin Kijang Innova harus diletakkan dibeberapa area dimobil. Jika ada kerusakan pada sistem kontrol mesin maka mekanik harus mengetahui letak komponen tersebut agar waktu perbaikan efisien.

Bukan hanya mekanik yang harus mengetahui dimana letak setiap komponen kontrol mesin, pemilik juga harus mengetahuinya juga. Ini bermanfaat jika suatu saat mobil mengalami kerusakan atau ada sesutu yang dapat berdampak terhadap keselamatan komponen tersebut dan pemilik dapat mencegahnya.

Bagi Anda  yang belum mengetahui letak sistem kontrol mesin Kijang Innova dan fungsi masing - masing komponen, pada artikel ini kami akan membahasnya.

Nama Dan Letak Sistem Kontrol Mesin Kijang Innova

1. Sistem Kontrol Mesin Pada Bodi Mobil

Sebagian sistem kontrol mesin mobil pada Kijang Innova dipasang pada bodi mobil.

sistem kontrol mesin kijang innova

Fungsi komponen sistem kontrol mesin yang ada pada bodi mobil Kijang Innova.

a. ECM ( Enggine Control Module ) atau sering juga disebut ECU ( Elektronic Control Unit ) yang berfungsi sebagai pengatur utama sistem kontrol mesin. ECM bekerja berdasarkan inputan data dari beberapa sensor yang ada dimesin yang mana nantinya ini akan disesuaikan dengan jumlah semprotan bahan bakar.

b. Pompa Bahan Bakar ( Fuel Pump ) berfungsi menghisap bahan bakar yang ada ditangki yang selanjutnya disalurkan ke sistem bahan bakar pada mesin.

c. Meter Kombinasi Assy ( Panel Instrumen ) berfungsi sebagai informasi kondisi mesin seperti RPM, kecepatan kendaraan, jumlah bahan bakar tersisa, suhu mesin dan lain - lain.

d. Junction Block ( J/B ) sisi Pengemudi adalah tempat fuse ( sekering ) untuk komponen - komponen sistem kontrol mesin yang ada pada bagian bodi ( tidak bagian mesin ).

e. DLC 3 ( Data Link Connector generasi ke 3 ) adalah soket ODB ( On Diagnosis Board ) yang digunakan untuk menyambungkan alat scan tools ketika akan mengetahui kondisi mesin lebih datail, temasuk untuk mendeteksi kerusakan sensor.

f. Mass Air Flow ( MAF Meter ) adalah komponen sensor yang berfungsi mengukur masa udara yang masuk kedalam intake manifold.

g. Rod Assy Pedal Akselerasi ( sensor pedal akeselerasi ) adalah pedal yang bekerja secara elektronik ( by wire ) untuk menggerakkan throtle valve pada intake manifold. Komponen ini menggantikan kabel manual yang banyak digunakan oleh mobil - mobil keluaran terdahulu.

h. Junction Block ( J/B ) dan Relay Block ( R/B ) adalah tempat penggabungan antara fuse  ( sekering ) dan Relay untuk komponen - komponen sistem kontrol mesin baik yang dimesin dan di bodi mobil.


2. Sistem Kontrol Mesin Pada Mesin

Selain pada bodi mobil, sistem kontrol mesin juga banyak yang terpasang pada mesin itu sendiri. Yang tepasang pada mesin adalah komponen - komponen sensor yang mengukur kondisi mesin.

sistem kontrol mesin kijang innova

Fungsi sistem kontrol mesin Kijang Innova yang terpasa pada mesin yaitu sebagai berikut :

a. Sensor Posisi Crankshaft ( CKP ) adalah sensor yang berfungsi mendeteksi sudut putaran poros engkol ( crankshaft ). 

b. Knock Sensor berfungsi mendeteksi getaran pada mesin seperti knocking. Data ini digunakan oleh ECU sebagai koreksi dari hasil pembakaran didalam silinder.

c. Sensor Temperatur Cairan Pendingin atau Enggine Coolant Temperatur ( ECT ) adalah sensor yang berfungsi mendeteksi suhu air pendingin yang ada didalam mesin.

d. Sensor Posisi Throtle ( Throtle Posision Sensor / TPS ) adalah sensor yang mengukur sudut pembukaan valve throtle pada intake manifold.

e. Injektor adalah aktuator yang berfungsi merubah bahan bakar dalam bentuk cair menjadi kabut dengan metode penginjeksian bertekanan tinggi.

f. Igniton Coil berfungsi merubah tegangan rendah dari baterai menjadi tegangan tinggi yang disalurkan ke busi ( spark plug ).

g.Sensor Posisi Camshaft  ( CMP ) adalah sensor yang berfungsi mendeteksi sudut putaran poros bubungan / poros nok ( camshaft ).

h. Katup Kontrol Oli atau juga disebut dengan OCV ( Oil Control Valve ) adalah komponen aktuator yang bekerja untuk sistem Variable Valve Timing Intelegent atau  pengaturan timing pembukaan katup 

0 Response to "Nama Dan Letak Sistem Kontrol Mesin Kijang Innova"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel