7 Ciri - Ciri Oli Mesin Mobil Dan Motor Harus Segera Diganti

ciri - ciri oli mesin harus diganti

lksotomotif.com - Kita mungkin sudah mengetahui bahwa peran oli pada mesin mobil dan motor adalah untuk melumasi bagian - bagian mesin dan mencegah mesin mengalami panas yang berlebih ( overheating ). Tetapi sayangnya banyak pemilik kendaraan mengabaikan penggantian oli secara rutin. Menyepelekan penggantin oli akan membuat mesin bekerja kurang efektif yang pada akhirnya akan berdampak pada umur pemakaian mesin. 

Mengandalkan penggantian oli hanya berdasarkan jarak tempuh tidak dibenarkan, mengingat bahwa oli bisa saja terkontaminasi jauh sebelum mencapai jarak tempuh yang biasanya. Karenanya pelajari ciri - ciri oli harus segera diganti.

Mengapa Anda Perlu Mengganti Oli Secara Rutin

Fungsi Oli Pada Mesin

Mesin mobil dan motor bekerja dengan cara bergesekan antar komponen yang terbuat dari logam. Sesuai dengan hukum fisika bahwa jika ada benda yang bergesekan maka akan menimbulkan panas. Panas pada mesin memang dibutuhkan, namun jika panas tersebut berlebih maka itu akan menimbulkan masalah pada mesin. 

Dengan adanya oli maka panas pada mesin akan diserap dengan cara melumasi bagian - bagian logam yang bergesekan. Oli pada mesin akan berdampak terhadap kinerja mesin yang optimal, daya yang dikeluarkan dan jarak yang bisa ditempuh. 

Penyebab Oli Menjadi Kotor

Seiring dengan waktu pemakaian, semua jenis oli mesin bahkan yang berkwalitas tinggi akan mengalami kontaminasi kotoran dan karbon. Kotoran pada oli disebabkan dari hasil gesekan yang terjadi pada komponen - komponen mesin. Sedangkan kontaminasi karbon disebabkan karena gas pembakaran atau sejenisnya yang masuk kedalam mesin.

Jika oli sudah terkontaminasi dalam jumlah yang banyak, maka  ini dapat menyebkan keausan berlebih pada mesin. Untuk meminimalisir hal ini, setiap mesin dilengkapi dengan filter oli yang berfungsi menangkap endapan yang menumpuk agar oli tetap bersih dan halus. Namun seiring dengan bertambahnya usia pemakaian oli, jumlah endapan kotoran pada oli berlebih dan saringan mungkin tidak dapat bekerja maskimal. 

Interval Penggantian Oli Yang Disarankan

Anda dapat memeriksa interval penggantian oli yang disarankan untuk mobil Anda di pada buku manual pemilik. Interval yang disarankan untuk penggantian oli adalah sekitar setiap 5000 Km  hingga 10.000 Km.  Juga harus diingat untuk memeriksa level oli mesin setiap dua minggu sekali atau  sebelum Anda melakukan perjalanan jauh. 

Namun seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa mengandalkan interval jarak tempuh saja tidak bisa diandalkan, dan Anda perlu memperhatikan berbagai tanda bahwa Anda perlu mengganti oli. 

Konsekuensi Jika Oli Terlambat Diganti

Sebenarnya ini tergantung berapa lama Anda terlambat mengganti oli. Semua kendaraan dilengkapi dengan odometer  yang disediakan pabrikan yang menunjukkan berapa Km yang sudah ditempuh dengan oli yang Anda gunakan. Dan sebenarnya patokan yang diberikan oleh pabrikan adalah pada Km terendah yang dapat Anda kendarai dengan aman. 

Jadi tidak perlu khawatir jika Anda mungkin melewati penggantian oli sedikit lebih lama dari jarak tempuh yang disarankan. Namun, jika Anda terlambat, oli yang sudah lama tersebut  dapat menyebabkan kerusakan serius dan permanen pada berbagai bagian mesin dan menyebabkan Anda membutuhkan perbaikan dan penggantian yang mahal. 

Melewatkan penggantian oli secara teratur akan membuat mesin Anda bekerja kurang efisien dan dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu panas, karena oli tidak dapat lagi melumasi bagian-bagian dengan benar untuk mencegah pemanasan. Oleh karena itu, Anda akan mengalami satu atau lebih dari satu kelainan, termasuk penurunan performa dan efisiensi bahan bakar, peningkatan emisi, dan masalah start.

7 Ciri - Ciri Oli Mesin Motor Dan Mobil Harus Segera Diganti 

1. Oli Berwarna Hitam Pekat Dan Kotor

Oli yang baru  menjaga mesin tetap sehat dengan melumasi semua bagian dan membantunya bergerak dengan lancar. Namun, semakin lama oli digunakan maka  semakin banyak molekulnya terurai dan menimbulkan masalah bagi kendaraan. 

Bagaimana cara mengetahui apakah oli mesin Anda sudah buruk? Warna dan bau oli bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu mengganti oli. Oli yang baru   terlihat berwarna kuning. Namun, berubah menjadi hitam dan kotor  setelah mengumpulkan kotoran dan partikel dari bagian-bagian mesin. 

Akan lebih baik agar  memeriksa oli setiap bulan untuk melihat apakah sudah berubah warna. Anda harus terbiasa dengan warna asli oli yang Anda gunakan, dan lebih baik lagi baunya juga, untuk membuat perawatan mobil dengan sendiri  lebih mudah dalam jangka panjang.

Baca juga : Panduan cara memeriksa kwalitas Oli

Cara mengetahui kwalitas oli yaitu ambil dipstick, lap dengan selembar kain, dan masukkan lagi ke dalam silinder. Tarik keluar dan periksa warna oli. Gosokkan ke  kertas putih untuk melihatnya. Jika warnanya merah tua atau sangat gelap sehingga tampak hampir seperti hitam, maka oli  sudah lama digunakan. 

Catatan penting, karena banyak kebingungan yang umum terjadi adalah seberapa hitam oli  dianggap "buruk". Semua oli mesin menjadi lebih hitam saat mengalir melalui mesin, dan dalam beberapa kasus oli bisa menjadi lebih hitam dalam waktu singkat atau hampir seketika, jadi mengandalkan warna saja tidak selalu merupakan tanda yang dapat diandalkan bahwa Anda memerlukan penggantian oli. 

Tip yang berguna adalah memeriksa konsistensi juga setiap kali Anda memeriksa level oli Anda. Seiring waktu, oli  dapat mengambil kotoran  dan semua partikel kecil ini akan membuat cairan menjadi kurang halus dan lebih berpasir. Jika oli Anda memiliki banyak pasir di dalamnya, itu adalah tanda pasti Anda perlu mengganti oli.

*Catatan: Terkadang, Anda dapat melihat warna oli mesin agak seperti susu atau krem. Nah, itu menandakan bahwa minyak tersebut mengandung air. Bisa jadi pendingin mesin yang masuk ke oli karena paking kepala bocor. Itu juga terjadi ketika Anda melakukan perjalanan jarak pendek, dan mesin tidak dapat menghasilkan panas yang cukup untuk membakar air itu. Sebaliknya, itu menciptakan uap air, dan itu bercampur ke dalam minyak.

Jadi, warna oli mesin yang creamy tidak serta merta perlu diganti jika karena jarak tempuh yang pendek. Anda hanya perlu menggerakkan mesin secukupnya agar uap air tersebut bisa menguap.

2. Suara Mesin  Kasar

Oli yang masih baik akan  menciptakan pelindung tipis ( oil film )  di antara bagian-bagian mesin yang berfungsi melindungi komponen - komponen mesin  dari gesekan. Jadi, jika ada  suara aneh yang berasal dari mesin kendaraan Anda maka itu ciri - ciri perlu penggantian oli.  .

Anda mungkin juga mendengar suara mesin yang kasar saat memanaskan mesin. Hal ini terjadi karena begitu Anda menghidupkan kendaraan, oli langsung disirkulasikan untuk melumasi mesin. Jika kwalitas oli sudah memburuk, oli tidak akan bekerja dengan baik dan tidak bebas bersirkulasi pada sistem pelumasan. Suara kasar ini berasal dari katup yang harus bekerja ekstra lebih keras hanya untuk mensirkulasikan oli secara efektif. 

3. Indling Mesin Kasar

Tanpa pelumasan yang tepat, mesin Anda tidak akan berkerja  dengan mulus, sehingga tingkat gesekan yang tinggi di mesin Anda dapat menyebabkan getaran yang tidak normal  saat idle. Jika Anda melihat masalah ini, sebaiknya hindari pemanasan sebanyak mungkin sampai Anda dapat mengganti oli.

4. Asap Timbul Pada Knalpot

Terkadang, asap putih tipis keluar dari pipa knalpot dalam cuaca dingin, namun kembali  normal dan akan hilang saat mesin panas. Jika ini yang terjadi Anda tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang wajar. 

Namun  jika mesin sudah mengeluarkan asap dan level oli sudah berkurang, warnanya yang sudah berubah dan teksturnya maka itu tanda oli sudah bermasalah dan harus segera diganti. 

Lain halnya jika yang timbul adalah asap putih yang tebal dari knalpot, bisa jadi itu disebabkan karena terjadinya kebocoran oli pada ruang bakar yang disebabkan oleh cincin piston atau gasket kepala silinder yang retak. Jika demikian maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan pada bengkel langganan Anda. 

5. Bau Oli Pada Kabin Kendaraan

Bau oli pada kabin kendaraan seharusnya tidak pernah terjadi. Jika ya, itu bisa berarti mesin terlalu panas atau ,mengalami kebocoran oli. Karena ini dapat menyebabkan masalah yang serius pada mesin, maka segeralah bawa kendaraan Anda pada bengkel langganan Anda.

6. Mesin Boros Bahan Bakar

Seperti yang telah kami uraikan diatas bahwa  oli mesin yang berkualitas baik  dan bebas kontaminan memungkinkan mesin bekerja dengan efisiensi optimal. Yang mana ini dapat digunakan untuk menempuh jarak yang jauh.

Oleh karena itu, salah satu tanda yang cukup jelas bahwa Anda memerlukan penggantian oli adalah penurunan penghematan bahan bakar ( boros bahan bakar ). Jika setelah perjalanan jauh, Anda menyadari bahwa mobil Anda tiba-tiba mengkonsumsi bahan bakar yang jauh lebih banyak dari biasanya, Anda harus segera  untuk mengganti oli Anda.

7. Lampu Oli Menyala 

lampu oli pada mesin

Tanda-tanda lain yang paling jelas perlu penggantian oli adalah lampu oli pada cluster instrumen menyala. Lampu ini akan menyala jika level oli terlalu rendah pada sistem pelumasan. 

0 Response to "7 Ciri - Ciri Oli Mesin Mobil Dan Motor Harus Segera Diganti "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel