Jangan Salah, Ini Cara Benar Memeriksa Kwalitas Dan Kwantitas Oli Mesin

Oli menjadi bagian terpenting akan kinerja mesin. Dengan adanya oli, komponen - komponen logam yang saling bergesekan akan diminimalisir terjadinya keausan sehingga hal ini akan sangat bermanfaat akan masa pakai dan kinerja mesin itu sendiri.  Oli juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar pembakaran yang terjadi pada ruang bakar maksimal.

Kita sebagai pengemudi harus tahu cara memeriksa oli mesin dengan benar. Walau sekilas terlihat mudah gampang, namun hal ini tidak boleh kita abaikan. Bayangkan saja jika oli mesin mobil kita berkurang saat akan bepergian jauh. Ini akan menjadi bencana finansial bagi kita.

Pada artikel ini kami akan memandu anda bagaimana cara memriksa oli yang benar sesuai dengan standar prosedur yang ada. Tidak banyak hal yang harus anda siapkan untuk memeriksa oli, anda hanya cukup menyediakan sebuah kain lap atau selembar tisu yang biasanya sudah ada di cabin mobil anda.

Pada pemeriksaan oli, ada 2 hal penting yang harus anda perhatikan yaitu :

a. Level Oli ( Tinggi Oli )

b. Kwalitas Oli ( Warna Oli )

Baiklah marilah kita sama - sama untuk mengetahui cara pemeriksaan oli


1. Matikan Mesin

Dalam memeriksa oli, mesin harus dalam keadaan mati. Ini berfungsi agar oli tidak meluap sehingga memudahkan kita untuk melihat tinggi ( level ) oli.

2. Mencari Letak Stik Oli ( Tongkat Oli )



Stick oli ( tongkat pemeriksa oli ) letaknya diarea samping mesin. Gagang bagian ujungnya bisanya lebih dominan warna kuning, walau sebagian ada juga yang warna hitam. Stik oli pada bagian mesin hanya terdapat 1 buah, jadi anda jangan khawatir akan kesalahan jika saat pembukaannya karena cuma 1 buah.


3. Cabut Stick Oli


Stik oli rata - rata terbuat dari sebuah bilah logam yang lentur dengan panjang kira-kira 50 cm. Tidak ada sistem pengunci disini. Sehingga anda cukup menariknya dengan sedikit tenaga untuk mengeluarkan semunya. Ketika stik oli sudah terangkat semuanya, lakukan pembersihan pada ujungnya menggunakan tisu atau kain lap. Pastikan tidak ada oli yang masih menempel atau menetes.


4. Masukkan Kembali Stick Oli (1)



Setelah stick oli tercabut dan sudah dibersihkan dengan kain lap atau selembar tisu, maka selanjutnya adalah masukkan kembali stick oli ke lubangnya. Dorong dan tekan secara perlahan setick oli hingga mentok sampai gagang pemegangnya, tidak boleh setengah atau menggantung.


5. Periksa Kwalitas Dan Level Oli



Untuk melihat kwantitas ( level Oli ) perhatikanlah dititik mana oli menempel pada stik oli. Level oli dikatan masih aman jika berada diantara level maksimal dn minimal. Namun jika oli sudah melewati batas minimal maka segeralah lakukan pemeriksaan sebelum dilakukannya penggantian atau penambahan oli. Karena ini bisa saja terjadi akibat adanya kebocoran atau hal lain yang merugikan.

Sedangkan jika ingin melihat kwalitas oli maka perhatikanlah warna cari oli tersebut. Kwalitas oli masih normal jika masih bewarna kekuning-kuningan atau hitam. Namun jika warnanya sudah beruba menjadi warna putih kesusuan, ini bisa ditimbulkan bahwa oli sudah bercampur dengan air pendingin.


6. Masukkan Kembali Stick Oli ( 2 )


Ini adalah langkah terakhir dari pemeriksaan level dan kwalitas oli. Setelah semuanya sudah aman, maka masukkanlah stik oli pada lubangngnya. Bersihkan setiap kotoran yang ditimbulkan dari tetesan oli atau yang sejenisnya.

Demikianlah artikel cara benar memeriksa kwalitas dan kwantitas oli pada mesin anda mobil anda. Lakukan hal ini minimal satu minggu sekali agar sistem pelumasan pada mesin masing tetap terjagas.

0 Response to "Jangan Salah, Ini Cara Benar Memeriksa Kwalitas Dan Kwantitas Oli Mesin"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel