Yang Harus Diperhatikan Saat Bekerja Di Bagian Kompartemen Mesin

cara aman bekerja di compartement mesin

lksotomotif.com - Bagian kompartemen mesin adalah bagian ini pada mobil. Pada bagian ini terpasang mesin dan semua mekanisme yang berkaitan dengan kinerja mesin. Seperti sistem kelistrikan mesin, bahan bakar dan fluida.  

Kompartemen mesin terdiri dari banyak mekanisme dan fluida yang dapat bergerak secara tiba-tiba, menjadi panas, atau mengandung listrik. Untuk menghindari kematian atau cedera serius, perhatikan langkah pencegahan berikut. 

Ketika Bekerja Pada Kompartemen mesin 

1. Jauhkanlah tangan, pakaian dan peralatan dari kipas dan drive belt mesin. 

2. Berhati-hatilah untuk tidak menyentuh mesin, exhaust manifold, dll., sesaat setelah pengendaraan karena part tersebut panas. Oli dan fluida lain dapat juga menjadi panas. 

3. Jangan meninggalkan apapun yang dapat terbakar dengan mudah, seperti kertas dan kain lap, dalam kompartemen mesin. 

4. Jangan merokok, karena dapat memercik atau membuat nyala api ke bahan bakar atau baterai. Bahan bakar dan uap baterai mudah terbakar. 

5. Lebih berhati-hati saat bekerja pada baterai. Baterai mengandung asam belerang yang beracun dan korosif. 

6. Hati-hati karena fluida rem dapat merusak tangan atau mata dan merusak permukaan cat. Bila fluida mengenai tangan atau mata Anda, segera siram area yang terkena dengan air bersih. Bila Anda masih merasa tidak nyaman, konsultasikan ke dokter. 

Ketika Bekerja Di Dekat Kipas Pendingin Elektrik Atau Gril Radiator

Pastikan kunci kontak berada di posisi "LOCK". Dengan kunci kontak dalam posisi "ON", kipas pendingin elektrik mungkin dapat berputar secara otomatis jika temperatur cairan pendingin mesin tinggi dan/atau air conditioner sedang hidup.


Menggunakan Kacamata Pengaman 

Pakailah kacamata pengaman untuk melindungi mata Anda dari material yang dapat terlempar, jatuh, semburan fluida, dll.


Bila Anda melepas filter pembersih udara saat mengemudi dengan filter pembersih udara yang dilepas, ini dapat menyebabkan keausan mesin berlebihan karena udara yang kotor. 

Bila tingkat fluida rendah atau tinggi, ini adalah normal permukaan minyak rem menjadi sedikit berkurang karena pad rem aus atau bila permukaan minyak rem dalam akumulator menjadi tinggi. Bila reservoir sering diisi, mungkin itu menunjukkan masalah yang serius.

0 Response to "Yang Harus Diperhatikan Saat Bekerja Di Bagian Kompartemen Mesin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel