Mengoperasikan Transmisi Otomatis Toyota Calya Sesuai Anjuran Pabrikan

lksotomotif.com - Transmsisi otomatis adalah transmisi yang bekerja secara otomatis dengan sistem pemindah yang lebih sedikit. Mobil yang dilengkapi dengan transmisi otomatis tidak memiliki pedal kopling, dan  orang menilai bahwa mobil  transmisi otomatis sangat mudah dioperasikan dibanding mobil bertransmisi manual.

Jika Anda belum mengetahui perbedaan keduanya, kami telah membahasnya pada artikel sebelumnya dengan judul "perbedaan antara transmisi otomatis dengan transmisi manual".

Toyota Alya sebagai salah satu mobil Low Cost Green Car (LCGC) juga ada yang disematkan transmisi otomatis. Walau terbilang lebih mudah dioperasikan, namun ada beberapa hal yang patut diketahui oleh para pemilik tentang cara mengoperasikan transmisi otomatis Toyota Calya.

Ini menyangkut tentang pengoperasikan yang memang telah dibuat oleh pabrikan untuk mencegah terjadinya kerusakan. Seperti kita ketahui bahwa kerusakan pada transmisi otomatis rata - rata membutuhkan biaya yang sangat banyak dibanding memperbaiki transmisi manual.

Mengoperasikan Tuas Transmisi Otomatis Toyota Calya

Berikut ini adalah cara mengoperasikan transmisi otomatis Toyota Calya.

mengoperasikan transmisi otomatis toyota calya

Panah warna abu-abu mengartikan : Operasikan dengan pedal rem ditekan dan tombol tuas transmisi ditekan saat kunci kontak diputar ke posisi "ON". 

Panah warna pink mengartikan :Operasikan dengan tombol tuas transmisi ditekan. 

Ketika menggeser tuas transmisi antara P dan D4, pastikan bahwa kendaraan telah berhenti.


Fungsi Posisi Tuas Transmisi

Posisi   Tuas TransmisiFungsi
PMemarkir   Kendaraan/menghidupkan mesin
RMundur
NNetral
D3Pengendaraan Normal
3Posisi Pengereman   Mesin
2Posisi Pengereman   Mesin yang maksimal

*: Geser ke posisi D4 merupakan pilihan yang paling cocok dengan gigi untuk kondisi pengendaraan normal. Posisikan tuas transmisi ke D4 yang telah dianjurkan untuk pengendaraan normal.


Sistem shift lock 

Sistem shift lock adalah sistem untuk mencegah pengoperasian yang tidak disengaja pada tuas transmisi saat menghidupkan. Tuas transmisi dapat digeser dari P hanya ketika kunci kontak di posisi "ON" dan pedal rem sedang ditekan. 


Bila tuas transmisi tidak dapat dipindah dari "P" 

Pertama kali, periksa apakah pedal rem sedang ditekan. Jika Anda tidak dapat menggeser tuas transmisi meskipun pedal rem telah ditekan, mungkin ada masalah dengan sistem shift lock. Bawalah kendaraan segera ke dealer Toyota Anda untuk diperiksa. Langkah-langkah berikut mungkin digunakan sebagai tindakan darurat untuk memastikan bahwa tuas transmisi dapat digeser. Membebaskan shift lock: 

mengatasi tuas transmisi otomatis tidak dapat ke P


  • Gunakan rem parkir. 
  • Putar kunci kontak ke posisi "LOCK". 
  • Tekan pedal rem.
  • Dengan tombol shift lock override ditekan, geser tuas dari posisi P sambil menekan tombol tuas transmisi.
Ketika mengemudi di permukaan jalan licin 

Jangan mengakselerasi atau memidah gigi secara mendadak. Perubahan pengereman mesin yang tiba-tiba dapat menyebabkan kendaraan berputar atau tergelincir, yang menyebabkan sebuah kecelakaan. 

Untuk mencegah kecelakaan ketika membebaskan shift lock 

Sebelum menekan tombol shift lock override, pastikan untuk mengaktifkan rem parkir dan menekan pedal rem. Jika secara tidak sengaja menekan pedal gas yang diduga sebagai pedal rem ketika tombol shift lock override ditekan dan tuas transmisi digeser keluar P, kendaraan dapat hidup tiba-tiba, menyebabkan kecelakaan yang mengakibatkan kematian atau cedera serius.


0 Response to "Mengoperasikan Transmisi Otomatis Toyota Calya Sesuai Anjuran Pabrikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel