Menentukan Kapasitas Jack ( Dongrak ) Sesuai Dengan Jenis Mobil Anda

meentukan kapasitas dongkrak

lksotomotif.com - Jika Anda saat ini berpikir untuk membuat daftar suku cadang yang paling penting untuk dimiliki di garasi atau mobil Anda, maka jack ( dongkrak ) adalah daftar penting yang harus masuk. Namun yang harus Anda pertimbangkan adalah memilih ukuran yang tepat sesuai dengan kondisi mobil yang Anda miliki.

Jika dongkrak yang Anda pilih ternyata tidak cocok dengan mobil Anda maka itu sama sekali tidak berguna. Berapa ukuran jack ( dongkrak ) yang dibutuhkan untuk mobil Anda ? jawaban ini perlu dirinci yang mana Anda harus memahami bagaimana dongkrak menjadi faktor keamanan utama. 

Dongrak akan mengakangkat dan menahan mobil saat Anda masuk ke bagian bawah mobil untuk memeriksa bagian atau melakukan perbaikan. Dengan demikian, memilih ukuran dongkrak yang tepat adalah pilihan yang cermat.

Apakah Anda perlu mengganti roda atau membuat beberapa penyesuaian pada komponen apa pun, kendaraan perlu dinaikkan dengan dongkrak. Panjang ketinggian berbeda dari satu jenis mobil ke mobil lainnya tetapi ukuran standarnya antara 100 dan 500 mm. Beberapa dongkrak  mungkin menawarkan elevasi yang sedikit lebih tinggi atau lebih rendah, dan Anda harus selalu memeriksanya sebelum mengambil model yang Anda inginkan.

Mengapa dongkrak mobil memiliki ukuran yang berbeda? Mengapa tidak hanya ada satu ukuran yang cocok untuk semua? Nah, ukurannya berbeda-beda karena mobil dibuat  dalam berbagai ukuran. Setiap dongkrak memiliki peringkat bobot tertentu dan tidak dapat mengangkat apa pun yang lebih berat dari itu. Menggunakan dongkrak untuk mengangkat mobil lebih berat dari peringkat bobotnya sangat berisiko.

Menentukan Kapasitas Jack ( dongrak ) 

Apa yang Anda lihat pada sebuah dongkrak bukanlah bentuk atau ukurannya, melainkan adalah kapasitas bobot yang dapat ditahannya. Karena dongrak hanya mengangkat satu sudut bagian kendaraan, maka bobot yang harus bisa diangkat adalag 3/4 dari bobot keseluruhan kendaraan. 

Misalnya, beban dongkrak maksimum 2 ton seharusnya cukup untuk sedan empat atau lima penumpang ukuran penuh. Jadi penting untuk memeriksa berat mobil Anda sebelum membeli dongkrak. Caranya pun mudah, cukup periksa buku manual mobil Anda atau telusuri untuk mengetahui berat mobil Anda. Jika mobil Anda memiliki berat 1,8 Ton, Anda memerlukan dongkrak seberat 1,3 Ton atau sedikit lebih tinggi demi keselamatan.

Dongrak ( Jack ) seberat 2 ton juga cocok untuk SUV.  Tetapi ketinggian ground clearence  pada mobil bepenggerak 4 roda ( 4x4 )  lebih tinggi dari mobil biasa. Jadi, menggunakan dongkrak kecil tidak akan aman untuk desain grund clearence yang tinggi. Anda akan membutuhkan dongkrak 3 ton yang lebih besar untuk mengangkat SUV dan kendaraan 4 × 4. Namun, model 4 ton akan menjadi pilihan teraman untuk kendaraan ini.

0 Response to "Menentukan Kapasitas Jack ( Dongrak ) Sesuai Dengan Jenis Mobil Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )