Jenis - Jenis Ventilasi Pada Tangki Bahan Bakar Mobil

Tangki merupakan salah satu komponen pada sistem bahan bakar mobil.  pada mobil adalah sebagai tempat penampungan bahan bakar, baik untuk mobil bensin dan mobil diesel. Umumnya tangki bahan bakar pada mobil passanger terletak dibagian belakang kendaraan, sedangkan pada mobil - mobil truk desain tangki diletakkan dibagian samping. 

Letak tangki terkadang ada disebelah kanan belakang atau sebelah kiri belakang, ini karena setiap merek mobil berbeda - beda lokasinya. Untuk mengetahui letak tangki disebelah kanan atau kiri caranya mudah, lihat pada bagian indikator bahan bakar.

Pada intinya, peletakkan tangki didesain agar berjauhan dengan sumber panas seperti mesin ataupun saluran pembuangan gas buang. Ini mencegah agar tangki tidak terkena panas yang mana ini sangat berbahaya dan menyebabkan kebakaran.

Tangki pada mobil dibuat dari material yang kuat anti penyok dan karat. Posisinya yang berada dibawah kendaraan rawan terkenda benturan sehingga pabrikan mendesain tangki seaman mungkin. Selain itu, tangki juga dilengkapi dengan ventilasi. 

Bahan bakar yang berada didalam tangki pada  waktu lama akan menguap seiring dengan kondisi cuaca disekitarnya. Uap terjadi karena proses evaporasi ini harus dibuang keluar karena  akan menimbulkan pengembunan pada dinding tangki dan menyebabkan uap air. 

Uap air yang banyak dan tidak terkontrol akan menyebabkan bercampurnya dengan bahan bakar dan jelas merusak kwalitas bahan bakar tersebut. Karenanya, uap ini harus segera dibuang keluar dengan mempertimbangkan keamanan dan keselamatan.

Adapun jenis - jenis ventilasi pada tangki bahan bakar mobil terbagi menjadi 3 jenis ; 


1. Ventilasi pada tutup tangki

ventilasi pada tutup tangki

a. Jenis ventilasi ini banyak dipakai pada kendaraan ringan. Dengan adanya ventilasi, bensin selalu mendapat tekanan atmosfir, namun uap bensin yang keluar menimbulkan polusi udara.
b.  Waktu mengganti tutup tangki baru, periksalah apakah terdapat ventilasi pada tutup tangki.



2. Ventilasi pada tanki

ventilasi pada tangki


a. Konstruksi untuk ventilasi ini sering digunakan pada kendaraan
b. Jika ujung saluran ventilasi tidak dipasang pada tempat yang bersih, kotoran
dapat masuk pada tanki atau menutup saluran.


3. Ventilasi Dengan Katup

ventilasi dengan katup
a.  Jenis ventilasi ini lebih aman terhadap kebocoran saat kendaraan posisi miring sekali bahkan terbalik
b.  Penguapan bensin berkurang, pemakaian bensin irit
c.  Slang pada katup tekan kadang-kadang dihubungkan ke karburator supaya uap bensin terbakar dan menghindarkan polusi udara jika uap bensin dari tangki langsung terbuang ke atmosfir.


0 Response to "Jenis - Jenis Ventilasi Pada Tangki Bahan Bakar Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel