Tidak Harus Turun, Begini Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki Mobil Dari Indikator Bahan Bakar

lksotomotif.com - Saat mengetahui bahan bakar pada mobil yang kita kendarai mulai menipis, maka segeralah mencari tempat pengisian bahan bakar yang terdekat ( SPBU ). Untuk mengetahui level bahan bakar pada mobil maka pengemudi cukup melihat indikator bahan bakar yang terdapat pada cluster instrumen ( dasbord).

Ketika sudah menemukan SPBU, biasanya pengemudi lupa atau tidak mengetahui disebelah mana letak tutup tangki bahan bakar. Ini sering terjadi pada  pengemudi yang belum  pernah mengendarai merek kendaraan tersebut.

Perlu kita ketahui bahwa setiap merek kendaraan memiliki letak tutup tangki yang berbeda - beda, ada yang disebelah kanan  atau sebelah kiri.

Ini kelihatan sangat sepeleh, namun jika ini terjadi saat Anda akan masuk ke SPBU dan dalam kondisi padat merayap maka sudah pasti ini akan sangat merepotkan pengemudi dan juga kendaraan lain jika dipaksa untuk turun hanya untuk melihat letak tutup tangki.

Namun sebenarnya letak tutup tangki pada setiap mobil sudah tertera di indikator bahan bakar pada cluster instrumen. Ini yang jarang sekali diketahui oleh para pemilik kendaraan dan mungkin Anda sendiri baru mengetahuinya.

Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki Dari  Indikator Bahan Bakar

Cara mengetahui lokasi tutup tangki bahan bakar pada mobil pun caranya sangat mudah, Anda tidak perlu repot - repot turun atau menggerakkan kaca spion untuk melihat dimana posisi tutup tangki pada mobil yang sedang Anda kendarai. 

mengetahui lokasi tutup tangki bahan bakar mobil  pada indikator bahan bakar

Jika Anda perhatikan pada indikator bahan bakar diatasm maka disitu ada icon berbentuk kotak pengisian bahan bakar dan  disebelahnya terdapat tanda panah.  Nah tanda panah tersebutlah yang menjadi penanda tutup tangki berada. 

Pada gambar diatas, tanda panah berada pada bagian sebelah kanan icon kotak pengisian bahan bakar, maka tutup tangki mobil tersebut berada pada bagian sebelah kanan. 

Sedangkan pada gambar yang dibawah pada unit Mistubishi Xpander, letak tanda panah berada disebelah kiri logo  kotak pengisian bahan bakar. Berarti tutup tangki bahan bakar pada mobil XPander berada disebelah kiri. 

atri tanda panah pada indikator bahan bakar mobil


Oh ya, sebenarnya ada juga cara jadul yang bisa digunakan yaitu dengan patokan lubang knalpot. Jika lubang knalpot disebelah kiri maka tutup tangki disebelah kanan. Sebaliknya, jika lubang knalpot disebelah kanan maka tutup tangki disebelah kiri.

Itulah arti tanda panah pada indikator bahan bakar pada setiap mobil. Jadi cukup dengan melihat tanda panah, maka Anda sebagai pengemudi sudah mengetahui letak tutup tangki pada mobil yang dikendarai. 

0 Response to "Tidak Harus Turun, Begini Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki Mobil Dari Indikator Bahan Bakar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel