Xpander Terbakar, Investigasi Awal Disebabkan Kesalahan Pemasangan Aksesoris

xpander-terbakar-lagi



lksotomotif.com - Baru - baru ini pemilik Xpander bernama Yenni mengunggah postingan di beranda facebook  mengenai mobil Xpander miliknya yang terbakar. 

Dari informasi yang ia tulis bahwa knologi terjadi pada  " tanggal 13 Agustus 2020. Sekitar jam 9 pagi alarm mobil Xpander miliknya berbunyi lama dan setelah dilihat didalam cabin, kondisi bagian dalam sudah terbakar.  Setelah kejadian tersebut ia pun melaporkannya ke dealer Mitsubishi Sardana Belian Motor dan oleh pihak bengkel mobil di Towing ke bengkel. 

Setelah dari tanggal dibawanya mobil ke bengkel hingga hari ini, hasil investigasi dari pihak Sardana Berlian Motor menyimpulkan bahwa ini terjadi karena kesalahan pemasangan aksesoris sealplate yang kami pasang sudah 6 bulan lebih, sementara kabel sill plate itu tidak terbakar sama sekali. Yang terbakar mulai dari Kotak ECU (Sekring) hingga  dashboard mobil dan posisi siil plate berada di bawah pintu yg masih utuh tidak terbakar sama sekali."



Berikut photo-photo lengkapnya

gara-gara-pasang-sill-plate-mobil-terbakar


Terlihat dasbord bagian sebelah kiri bolong karena terbakar, ini Persis seperti apa yang disampaikan oleh pemilik. Perlu Anda ketahui bahwa tepat dibawah lubang tersebut adalah lokasi fuse box pada Xpander. Jika  Anda pemilik Xpander kurang percaya, Anda bisa dengan mudah  melihat fuse boxnya  saat laci dibuka. 

pasang aksesoris, xpander terbakar


Benar juga apa yang disampaikan bahwa sill plate yang dipasang tidak terbakar. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, sill plate sama sekali tidak mengalami masalah ataupun dampak dari terbakar.

Dari beberapa kejadian terbakarnya mobil, faktor terbesarnya adalah diakibatkan karena pemasangan aksesoris kelistrikan. 


Mengapa sudah lebih 6 bulan sejak dipasang sill plate baru terbakar ? 


Sill plate xpander


Pemasangan aksesoris kelistrikan standarnya dilakukan oleh yang sudah profesional. Seperti harus ada penambahan sekering ( fuse ) dengan kapasitas amper yang sesuai, dapat mengambil sumber jalur tegangan yang aman, teknik penyambungan kabel yang baik ( disolder, dibungkus menggunakan isolasi bakar), jika hanya mengandalkan isolasi biasa ini sangat rentan. 

Dari gambar yang dibagikan diatas oleh pemilik, lokasi utama terjadinya kebakaran persis tepat di fuse box. Seperti kita ketahui bahwa fuse box adalah kotak tempat diletakkannya semua jenis sekering yang ada pada kendaraan. 

Dugaan kuat, ini terjadi karena konsleting ( arus pendek ). Bisa disebabkan karena pemilihan fuse yang tidak standart, sambungan atau rangkaian aksesoris yang kendor. 

Jika demikian, proses claim kepada pihak bengkel juga sangat berat. Mengingat pada mobil sudah dilakukan penambahan aksesoris kelistrikan. 

Namun demikian, kita tunggu dari hasil investigasi pihak Mitsubishi. 

Ini adalah pelajaran penting bagi Anda pemilik mobil untuk selalu aware dalam melakukan pemasangan segala aksesoris pada mobil. Bukan hanya kelistrikan, bagian apa saja yang berpotensi menimbulkan kerusakan pada part original akan menghanguskan garansi mobil tersebut. 

Jika pun terpaksa harus memasang aksesoris tambahan, maka pilihlah jasa pemasangan yang sudah profesional, terkadang pihak bengkel resmi juga menyediakan jasa tersebut. Oleh karena itu, bijaklah dalam menambah segala perangkat tambahan pada mobil. 

0 Response to "Xpander Terbakar, Investigasi Awal Disebabkan Kesalahan Pemasangan Aksesoris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel