Hal Menarik Yang Tidak Diketahui Oleh Banyak Orang Tentang Balapan F1



lksotomotif.com - Balapan Formula 1 adalah salah satu balapan mobil tercepat di dunia. Bukan hanya semata - mata mengandalkan kecepatan, mobil - mobil ini dibuat dengan penuh pertimbangan yang mencakup segala aspek.

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1946, F1 telah mengalami banyak perubahan yang tertuang pada regulasi. Aturan ini setiap musimnya mengalami perubahan untuk menyempurnakan dan memperkecil faktor resiko bagi setiap tim.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada hal menarik tentang balapan F1. Berikut ini adalah fakta - fakta tersembunyi yang jarang diketahui oleh banyak orang mengenai balapan jet darat ini.

A. Faktor Teknik

  1. Mobil Formula 1 dapat menyemburkan tenaga 1.013 HP  dari mesin 1,6 liter dan ditambah 162 HP dari tenaga baterai, ini karena  F1 memiliki aturan harus menggunakan mesin hybrid. 
  2. Mobil Formula 1 dapat mencapai kecepatan dari  0–100 Km/ jam  dalam waktu  1,6 detik.  Namun dalam kondisi balapan normal, waktunya bisa melorot menjadi  menjadi antara 2,1 dan 2,5 detik, ini  karena beban bahan bakar dan faktor ban. 
  3. Pemberhentian  Formula 1 di faddock sangat cepat. Mereka dapat mengganti 4 ban dalam 2 detik,  rekornya terbarunya adalah 1,88 detik. 
  4. Downforce ( tekanan kebawah )  pada mobil F1 sangat tinggi, sehingga mereka bisa berkendara terbalik di terowongan dengan kecepatan 160 Km/jam  atau lebih. Mobil  tidak jatuh (Jika mesin bisa mengatasinya). Pada kecepatan tersebut, mobil menopang bobotnya sendiri dan tidak peduli di mana lintasannya.
  5. Karena downforce yang sama, mobil F1 dapat menikung dengan kecepatan yang sangat tinggi.
  6. Mobil Formula 1 dapat berhenti sepenuhnya dari kecepatan  200 km / jam hanya dalam waktu kurang dari 2,9 detik dalam dalam rentang jarak  dari 65 m dengan cakram rem mencapai suhu hingga 1300 C.
  7. Pembalap Formula 1 biasanya merasakan tekanan sebesar 5 G ( grafitasi ) saat pengereman, 2 G saat berakselerasi, dan 4 hingga 6 G saat menikung. Pilot pesawat tempur mengalami maksimum 8G. Pada 9 G, biasanya manusia akan  pingsan. Rata-rata manusia akan pingsan pada tekanan  6G.
  8. Perpindahan gigi pada Mobil Formula 1 hanya memakan waktu  8 milidetik (0,008 detik)
  9. 3.666 adalah perkiraan jumlah perpindahan gigi yang akan dilakukan pengemudi selama balapan 78 lap, berdasarkan rata-rata 47 perpindahan gigi per lap.

sirkuit balapan f1

B. Faktor Keselamatan 

  1. Jules Bianchi menabrak bagian belakang traktor saat balapan, selamat dari benturan seberat 94 G. Sayangnya, beberapa bulan kemudian dia meninggal di rumah sakit karena komplikasi. Itu adalah satu-satunya kematian yang disebabkan oleh kecelakaan F1 sejak Ayrton Senna pada tahun 1994.
  2. Robert Kubica selamat dari kecelakaan di mana dia menabrak dinding beton saat dalam penerbangan dengan kecepatan 230 km / jam. Gaya awal pada tubuhnya adalah 75 G dalam satu milidetik. Dia kemudian berputar  enam kali dan berhenti ke samping di samping penghalang. Dia kembali ke balapan sebulan kemudian.
  3. Fernando Alonso menabrak penghalang karet dengan kecepatan 305 km / jam, dengan kekuatan puncak 46 G. Dia berjalan menjauh dari kecelakaan itu.
  4. Felipe Massa menabrak  pegas seberat 700 G saat melaju dengan kecepatan lebih dari 280 km / jam. Pegas itu menabrak helmnya, menembus pelindung dan mematahkan tengkoraknya. Dia selamat dan kembali ke trek beberapa bulan kemudian. Dia pensiun dari F1 pada 2017.

C. Faktor Manusia

  1. Pembalap F1 mengemudi dengan fokus maksimum, selama hampir dua jam. Banyak yang hanya berkedip sekitar empat kali per putaran, karena kedipan tersebut dapat menyebabkan mereka kehilangan titik pengereman
  2. Pembalap F1 kehilangan rata-rata berat badan 3kg dalam perlombaan
  3. Suhu rata-rata di dalam kokpit F1 selama balapan adalah mencapai 50 derajat Celcius
  4. Pembalap F1 meminum 1,5 liter cairan dalam perlombaan melalui sistem minum mereka di dalam mobil
  5. Setiap roda kemudi disesuaikan dengan pengemudi. Pada roda kemudi  memiliki sekitar 25 tombol dan sakelar dan 4 tuas  di bagian belakang. Harganya sekitar $ 50.000 ( 73 jutaan )  dan itu adalah komponen  pertama yang dikeluarkan pengemudi dalam kecelakaan (biasanya karena marah).
  6. Setiap kursi dibuat mengelilingi pengemudi. Dengan ukuran yang sangat pas agar saat terjadi gerakan lateral, tulang pengemudi tidak mengalami patah tulang. 
  7. Mobil dibuat dengan berat yang termasuk  pengemudi. Mobil harus memiliki bobot seminimum mungkin. Berat apapun itu sangat dipertimbangkan karena dapat memperlambat mobil.
  8. Pembalap F1 melakukan sebagian besar latihan  mereka selama liburan musim dingin,  kebanyakan berfokus pada leher mereka. Pembalap F1 berada dalam kondisi yang lebih baik daripada kebanyakan atlet karena mereka juga harus melatih bagian tubuh yang tidak harus dilakukan orang lain.
  9. Pembalap F1 paling sukses bisa mendapatkan $ 40 juta( 600 Milyar )  per tahun sebagai gajinya saja, tidak termasuk biaya sponsor atau branding. Lewis Hamilton menghasilkan $ 60 juta (  800 Milyar ) saat ini. 

0 Response to "Hal Menarik Yang Tidak Diketahui Oleh Banyak Orang Tentang Balapan F1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )