Teknologi Mazda Cruise Control Yang Harus Anda Ketahui

mazda radar cruise control

lksotomotif.com - Mazda Motor Corporation adalah produsen mobil asal  Jepang yang kini masih eksis dengan produk - produknya, Mazda  telah memproduksi mobil sejak 1920. Merek ini secara konsisten meningkatkan teknologi keselamatan aktif di mobilnya. Salah satu yang terbaru yaitu Mazda Radar Cruise Control ( MRCC ) atau radar kontrol jelajah  adalah teknologi yang dengan aman menjaga kecepatan jelajah, dengan mempertimbangkan lalu lintas jalan raya disekitarnya. 

Teknologi ini mengandalkan radal gelombang milimeter untuk menilai kecepatan kendaraan yang ada didepannya. Pada waktu yang sama, ini juga berfungsi sebagai pengukur jarak dari mobil yang ada didepannya. Sistem kemudian akan memproses informasi ini dan secara otomatis komputer akan mengontrol kecepatan mobil tersebut dengan jarak yang aman dengan mobil yang ada didepan. 

Fungsi lain dari Mazda Cruise Control adalah memastikan kelsematan penumpang dengan menjaga jarak yang telah ditentukan dengan mobil yang ada didepannya. Cruise control akan mengurangi stress pada pengemudi selama berkendara dijalan raya. 

Dengan mengaktifkannya, pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas karena putaran mesin sudah diseting oleh komputer untuk terus melaju dengan kecepatan yang sudah ditentukan. Sistem ini juga bekerja dengan baik selama pergerakan lalu lintas lambat. 

Mazda radar cruise control secara otomatis mengatur kecepatan kendaraan sesuai dengan mobil di depan. Jika kendaraan di depan berhenti, maka sistem juga menghentikan kendaraan untuk menjaga jarak aman dari mobil di depan. Khususnya, selama berkendara jauh ini mengurangi kelelahan pengemudi.

Selain itu, MRCC juga dilengkapi dengan Distance Recognition Support System (DRSS). DRSS secara visual menampilkan jarak berikutnya ke pengemudi. Jadi, pengemudi bisa bertindak cepat dalam situasi darurat.

Bagaimana MRCC bekerja?

cara kerja mazda radar cruise control

Mazda Radar Cruise Control hadir dengan fungsi 'stop and go' ( berhenti dan melaju ). MRCC secara otomatis menjaga jarak aman dari kendaraan di depan. Radar yang terletak di depan mobil terus memantau dan memindai jarak di jalan yang selanjutnya. 

Sistem akan secara otomatis mempertahankan kecepatan jelajah yang ditetapkan sendiri. Ketika mobil Anda mendekati kendaraan yang lebih lambat, MRCC secara otomatis menyesuaikan kecepatan mobil Anda. Kemudian menjaga jarak  aman dari mobil di depan.

Selanjutnya pengemudi bisa mengatur jarak dari mobil di depan dengan menekan tombol-tombol yang ada di setir. Saat Anda berpindah jalur atau kendaraan di depan bergerak ke samping, MRCC secara otomatis mengembalikan mobil Anda ke kecepatan jelajah semula.

Jika kendaraan di depan benar-benar berhenti, radar cruise control secara otomatis menghentikan kendaraan Anda. Untuk menghindari tabrakan, sistem juga memperingatkan pengemudi untuk pengereman cepat. Saat kendaraan di depan menjauh, sistem memberi tahu Anda. Setelah pengemudi sedikit mengetuk atau menekan pedal gas, sistem akan otomatis berakselerasi ke kecepatan yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, fungsi stop and go sangat membantu dalam lalu lintas yang macet. Pada kondisi  lalu lintas yang padat, pengemudi dapat bersantai dan menghindari tindakan akselerasi dan deselerasi yang berulang-ulang.

Kesimpulannya, Mazda radar cruise control (MRCC) Mazda menambah keselamatan penumpang. Sistem ini juga membantu selama berkendara di jalan raya karena dapat menghindari situasi stres dan menghindari kelelahan saat mengemudi.

0 Response to "Teknologi Mazda Cruise Control Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel