3 Hal Ini Harus Diperhatikan Oleh Pemilik / Pengendara Mobil Saat Mengisi BBM Di SPBU

3 Hal Ini Harus Diperhatikan Oleh Pemilik / Pengendara Mobil Saat Mengisi BBM Di SPBU


Mengisi bahan bakar minyak ( BBM ) adalah aktifitas yang rutin dilakukan oleh pengemudi atau pemilik kendaraan. Mengisi bahan bakar di SPBU jelas lebih menguntungkan dan terjamin kwalitas bahan bakarnya dibanding harus beli di tempat eceran, kecuali jika pada situasi tertentu.

Bagi pemilik kendaraan mungkin selama ini ketika mengisi BBM di SPBU adalah hal yang biasa dan tidak pernah memiliki masalah. Namun sebenanya ada hal - hal penting yang patut diperhatikan ketika akan mengisi bahan bakar di SPBU yang kami rangkum menjadi 3 hal.

Bagi pengendara sepeda motor mungkin 3 hal diatas bisa diabaikan, mengingat sepeda motor adalah kendaraan kecil dan tidak merepotkan serta jika terjadi kerusakan tidak memakan biaya yang besar.

Namun untuk pemilik mobil atau yang sedang mengendarai, maka rangkuman ini wajib diketahui. Mengingat mobil adalah barang mahal dan membutuhkan perawatan yang harus diperhatikan walau sekecil apapun untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Berikut ini adalah 3 hal yang harus diperhatikan oleh pemilik / pengendara mobil saat mengisi BBM di SPBU.


1. Pilihlah SPBU Dengan Kwalitas BBM Yang Baik

Apakah ada SBPU yang memiliki BBM kwalitas buruk , kok bisa ? pertama yang harus kita ketahui bahwa BBM yang disalurkan oleh pertamina semuanya memiliki kwalitas yang sama. Namun setelah dilokasi SPBU tersebut dan masuk kedalam tangki penampungan, kondisi BBM bisa saja menjadi lebih buruk.

Maksud lebih buruk disini, bukan angka oktan dan  cetane yang berubah melainkan adalah kondisi tangki yang terkadang sudah buruk/kotor. Buruknya konisi tangki penampung pada SBPU akan menjadikan BBM tersebut menjadi kotor.

Bagi pemilik mobil bensin, kondisi seperti ini mungkin tidak terlalu berdampak signifikan. Namun bagi pemilik mobil - mobil diesel yang sudah menggunakan teknologi commonrail, ini sangat berpengaruh terutama pada kondisi saringan solar ( fuel filter ) yang mudah kotor. Lebih lanjut jelas akan menimbulkan dampak kerusakan yang besar bagi mesin diesel commanrail.

Tips yang banyak disarankan oleh pemilik mobil diesel comman rail untuk mengetahui apakah SPBU tersebut memiliki BBM solar yang baik adalah dengan melihat kondisi SPBU tersebut. Jika di SPBU tersebut banyak didatangi mobil-mobil besar sepert truk dan bus maka bisa dipastikan kwalitas solarnya baik.

2. Turun Dari Mobil Saat Proses Pengisian BBM

Apakah tidak percaya dengan jumlah liter dengan uang yang kita bayarkan ? bukan hanya itu namun ada yang lebih penting, Tidak jarang petugas SBPU sering salah mengisi jenis BBM yang dimasukkan ke tangki mobil. Mobil bensin yang diisi solar atau sebaliknya mesin solar diisi bensin. 

Kondisi ini biasanya terjadi jika SPBU tersebut pada kondisi ramai sehingga sedikit merepotkan petugas SPBU dan akhirnya terjadi kesalahan saat mengisi jenis BBM ke tangki mobil Anda.

Bagi pemilik mobil bensin yang terisi solar mungkin tidak terlalu berdampak, mungkin mobil hanya mengalami mogok dan langsung kuras tangki. Namun untuk  mesin diesel yang diisi bensin ini namanya kiamat dan sangat bersiko karena menimbulkan kerusakan yang sangat besar. 

Tidak ada salahnya pengendara mobil  untuk turun sejenak dan melihat fuel transfer yang dimasukkan kedalam lubang tangki mobil Anda. Jika pun diakhir baru ketahuan bahwa mobil salah isi BBM maka segeralah matikan mesin dan lapor ke pihak SPBU agar segera dilakukan pengurasan tangki. Biasanya mereka akan mengganti dengan BBM yang sesuai dan gratis.

3. Mengetahui Letak Tutup Tangki

Ini sebenarnya tidak terlalu penting ( receh ), namun demikian Anda jangan pernah menyepelekan hal yang satu ini. Perlu kita ketahui bahwa setiap mobil memiliki letak tutup tangki yang berbeda, ada yang disebelah kanan dan ada yang disebelah kiri. 

Pastikan sebelum masuk ke area SPBU, Anda sudah mengetahui dimana letak lubang tangki mobil yang sedang dikendarai. Akan sangat repot jika dalam kondisi mengantri dan ternyata mobil Anda salah lubang. Sama sekali tidak berpengaruh terhadap mesin, namun dengan mengetahui letak tutup tangki maka Anda tidak akan melakukan hal yang memalukan.

Ternyata ada cara cepat untuk mengetahui letak tutup tangki mobil, bagaimana caranya ? kami sudah pernah mengulasnya di artikel sebelumnya, cara mudah mengetahui letak tutup tangki mobil.

Nah, itulah yang perlu Anda perhatikan saat mengisi BBM di SPBU. Dari segi keselamatan, seperti bermain HP, mengecas HP dan menghidupkan lighter juga harus diperhatikan. Selain itu saat pengisian BBM dan Anda sering buka tutup pintu mobil juga bisa menyebabkan kebakaran.

0 Response to "3 Hal Ini Harus Diperhatikan Oleh Pemilik / Pengendara Mobil Saat Mengisi BBM Di SPBU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )