Mengenal Downpipe Dan Manfaatnya Bagi Mobil

apa itu downpipe


lksotomotif.com   -   Bagi penikmat modifikasi sederhana, downpipe adalah salah satu solusi yang bisa dipilih untuk mendongkrak tenaga mobil tanpa perubahan yang signifikan. Secara bahasa, downpipe terdiri dari dua kosa kata, down artinya bawah sedangkan pipe artinya pipa. Secara sederhana, downpipe adalah pipa knalpot ( dimana knalpot adalah pipa yang terletak dibawah mobil ). Namun pada penyebutannya, downpipe identik dengan   knalpot aftermarket yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa yang bertujuan untuk mempercepat aliran gas buang.

Downpipe dipercaya dapat mendongkrak tenaga mobil, terutama mobil -mobil yang sudah dilengkapi dengan turbo. Downpipe aftermarket memiliki diameter pipa yang berbeda dengan ukuran bawaan  ada yang menggunakan catalytic converter dan ada yang tidak menggunakan catalytic converter.

Katika Anda mengganti knalpot standar bawaan pabrik dan menggantinya dengan dengan downpipe aftermarket, maka ini memungkinkan turbo untuk kerja lebih efisien dalam mengalirkan gas dari rumah turbin ke knalpot dan ini akan berdampak terhadap kenaikan tenaga pada kendaraan.

Tanpa disadari, sebenarnya pipa knalpot yang didesain oleh pabrikan menjadi sedikit penghambat aliran gas buang dari exhaust manifold yang akan keluar. Banyak faktor mengapa pabrikan tetap mempertahankan ini. Maka dengan menggunakan downpipe, aliran gas buang menjadi maksimal dan meningkatkan dorongan pada kendaraan.


diagram downpipe pada mobil

Manfaat Downpipe Bagi Mobil

Keuntungan terbesar dengan mengganti downpipe adalah memaksimalkan tenaga dari turbo dan menghasilkan suara khas mobil yang lebih agresif.

Jenis - Jenis Downpipe

Downpipes aftermarket ( yang dijual dipasaran ) biasanya hadir dalam dua jenis  konfigurasi. Ada yang menggunakan catalytic conventer aliran tinggi dan tanpa catalitic ( dihilangkan ). Seperti kita ketahui bahwa fungsi catalytic conventer adalah membersihkan kandungan racun pada gas buang. Artinya, jika sebelumnya kendaraan Anda dilengkapi dengan catalytic conventer dan diganti dengan downpipe tanpa catalytic maka gas buang pada knalpot akan mengalami perubahan, biasanya bau lebih menyengat ( bau bahan bakar mentah ). Ini terjadi karena gas buang tidak mengalami proses pembersihan.

jenis-jenis downpipe


Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Memasang Downpipe


Pada sebagian besar mobil - mobil yang sudah dilengkapi turbo rasanya kuras pas jika tidak melakukan modifikasi  untuk mendongkrak tenaga, pada fase ini orang sering menyebutnya sebagai " stage 2 power level". Artinya komputer telah mengalami modifikasi bersamaan dengan dipasangnya downpipe.

Sebelum memasang ini, usahakan agar mengkalibrasi ulang sensor oksigen (O2 ) agar tidak muncul kode eror inefisiensi catalytic conventer. Jika Anda memasang downpipe pada kendaraan dan tidak memiliki sofware pengaturan yang tepat, kemungkinan lampu check enggine akan menyala.

Apakah Downpipe Legal Untuk Digunakan ?  

Jawaban singkatnya adalah tidak, karena memodifikasi sistem emisi gas buang secara otomatis kandungan racun tidak akan berkurang dan peraturan dibeberapa wilayah aturan ini sangat ketat. Selain itu kerusakan mesin yang diakibatkan karena pemasangan downpipe akan menghanguskan waranty.

0 Response to "Mengenal Downpipe Dan Manfaatnya Bagi Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel