Cara Menyetel Sudut Pengapian Dengan Lampu 12 Volt

Pada sistem pengapian konvensional yang masih menggunakan distributor, penyetelan sudut pengapian umumnya menggunakan alat bantu timing light. Timing light bekerja dengan cara memancarkan cahaya berkedip yang ditembakkan pada puli poros engkol.

Bila Anda tidak mempunyai timing light untuk memeriksa sudut pengapian, maka cara lain yang bisa digunakan yaitu menggunakan lampu 12 volt. Ini adalah cara sederhana yang bisa dicoba untuk menggantikan timing light.

Prinsip Penyetelan Sudut Pengapian Dengan Lampu  12V

- Saat kunci kontak “ON” dan kontak pemutus terbuka -- lampu akan menyala, karena arus primer akan mengalir melalui lampu kontrol ke massa, tidak mengalir melewati kontak pemutus.

- Saat kontak pemutus tertutup, maka lampu akan mati, karena arus primer akan mengalir melalui kontak pemutus ke massa, tidak mengalir melewati lampu.

Saat pengapian = saat kontak pemutus mulai membuka = saat lampu kontrol mulai menyala


Langkah Kerja Penyetelan Sudut Pengapian Dengan Lampu 12 Volt

- Pasang lampu kontrol seperti terlihat pada gambar dibawah. Satu sambungan dihubungkan ke koil (-) atau ke kontak pemutus dan sambungan yang lain dihubungkan ke massa.

cara menyetel sudut pengapian dengan lampu 12 volt


- Kunci kontak “On” dan putar poros engkol motor dengan tangan sesuai dengan arahnya. Kalau tanda pengapian sudah dekat (yang terletak pada puli atau roda gaya), putar motor pelan dan lihat lampu. Hentikan putaran poros engkol motor begitu lampu mulai menyala. Kemudian lihat saat pengapian pada tanda. Saat pengapian ialah tepat pada saat lampu mulai menyala. 


Jika saat pengapian salah, cara menyetelnya adalah sebagai berikut :

- Tepatkan tanda pengapian, yaitu dengan memutar poros engkol motor sesuai dengan arahnya. Jangan memutar motor berlawanan arah, karena akan mengakibatkan penyetelan saat pengapian salah, karena adanya kebebasan di dalam penggerak distributor.

- Kendorkan sekrup pengikat distributor, sehingga distributor dapat diputar.

- Kunci kontak “On” dan putar rumah distributor searah putaran poros distributor, sampai lampu mati. Arah putaran poros distributor dapat dilihat dari posisi pengikat advans vakum. Lihat gambar.

menyetel pengapian distributor


Putar rumah distributor perlahan-lahan, tetapi arah putarannya berlawanan dengan putaran rotor dan lihat lampu. Rumah distributor berhenti diputar jika lampu control mulai menyala. Ingatlah : saat pengapian ialah tepat pada saat lampu mulai menyala.

- Keraskan kembali sekrup pengikat distributor.
- Putar poros engkol motor dengan tangan satu putaran lagi, yaitu untuk mengontrol kembali apakah saat pengapian yang sudah disetel memang sudah tepat

0 Response to "Cara Menyetel Sudut Pengapian Dengan Lampu 12 Volt "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel