Fungsi Car LIft ( Pengangkat Mobil ) Dan Jenis - Jenisnya

Car Lift - Saat mobil mengalami kerusakan, pasti memerlukan perbaikan. Jenis perbaikan yang dilakukan pun bermacam - macam tergantung dari kerusakan yang terjadi. Untuk memperbaiki mobil yang rusak, biasanya mekanik akan mengambil cara yang paling cepat dan tepat untuk segera menyelesaikan masalah yang terjadi pada mobil tersebut.

Ada perbaikan mobil yang memang tidak membutuhkan mobil harus diangkat, namun demikian beberapa kerusakan pada bagian bawah mobil mengharuskan mobil diangkat untuk memperbaiki dalam waktu singkat.

Untuk mempercepat kerja mekanik, bengkel - bengkel mobil biasanya sudah menyediakan pengangkat kendaraan ( car lift ).


A. Fungsi Car Lift

Car lift adalah alat pengangkat kendaraan secara keseluruhan. Jika dibandingkan dengan dongkrak, car lift mengangkat kendaraan secara keseluruhan. Sedangkan dongkrak  hanya mengangkat bagian tertentu saja.

Mengangkat mobil dengan car lift akan memberikan keleluasaan yang lebih besar kepada mekanik di bengkel untuk bergerak secara leluasa di bawah kendaraan saat  memperbaiki kerusakan. Ini karena hampir seluruh komponen yang ada di bawah kendaraan dapat dilepas dan digerakkan dengan mudah. Selain itu,  mekanik dapat berdiri dan berjalan di bawah kendaraan sehingga perbaikkan lebih mudah dilakukan dan menghemat waktu perbaikan sehingga lebih cepat.

Car lift pada umumnya hanya digunakan oleh bengkel-bengkel besar. Mengingat  karena harganya yang lumayan  mahal juga membutuhkan area bengkel yang luas.

Car lift yang tersedia saat ini hanya untuk kendaraan - kendaraan passanger (Sedan, SUV, MPV dan sejenisnya ) dengan berat maksimum 2000 Kg ( 2 ton ). Sedangkan car lift  untuk kendaraan - kendaraan yang mempunyai bobot lebih berat seperti truck, sampai saat ini berlum tersedia.


B. Jenis Penggerak Car Lift


Jika ditinjau dari media penggeraknya, car lift dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu;

  • Penggerak Mekanik (Poros berulir)
  • Penggerak Hidrolik ( Cairan minyak )
  • Penggerak Pneumatic ( Udara )

C. Jenis - Jenis Car Lift


C.1. Tipe Single Post Car Lift

car lift jenis single post

Single post car lift adalah pengangkat kendaraan yang hanya menggunakan satu tiang (kaki). Pada car lift tipe single post terdapat empat lengan penyangga yang terletak di ujung car lift dan dapat diatur sedemikian rupa seperti panjang-pendek serta arah lengannya. Ini bertujuan untuk  menyesuaikan bidang tumpuan pada mobil sehingga mobil dapat terangkat dengan aman.

Jenis car lift  ini banyak digunakan pada perusahaan pencucian kendaraan ( doorsmeer ), ini karena fungsinya yang hanya mengangkat kendaraan agar bagian bawah   dapat dijangkau untuk dibersihkan.

Namun jenis car lift single post sangat tidak direkomendasikan untuk perbaikan mesin ataupun chasis. Mengapa ? karena jumlah peyangganya yang hanya satu, faktor ketahanan terhadap goncangan sangat kecil dan membayakan bagi para mekanik yang bekerja dibawahnya. Jika pun harus dipaksakan bekerja di bawah car lift jenis ini, perlu kehati-hatian yang lebih agar kendaraan tidak bergoncang terlalu besar.


C.2 Tipe Two Post Car Lift

car lift jenis two post


Two post car lift adalah alat pengankat kendaraan yang memiliki dua tiang (kaki). Car lift jenis two post juga memiliki landasan penyangga kendaraan yang dapat diatur untuk menyesuaikan dengan bodi atau rangka kendaraan.

Car lift tipe two post ini cocok untuk perbaikan  mesin  maupun chasis seperti service  rem, suspensi, penggantian ball joint, service berkala  dan lain-lain. Untuk mengoperasikan car lift jenis ini hampir sama dengan   jenis single post seperti  penyangga yang dapat diatur panjang pendeknya untuk mempermudah menjangkau tumpuan  pada bagian chasis mobil.

Namun demikian, perlu perhatian khusus ketika akan memposisikan mobil agar seimbang. Saat penempatan mobil usahakan pada posisi tengah dan panjang semua penyangga panjangnya sama.



C.3. Tipe Four Post Car Lift

car lift jenis four  post

Four post car lift adalah alat pengangkat kendaraan yang memiliki empat tiang (kaki). Jika dibabndingkan dengan tipe car lift yang lian, tipe four post memiliki tingkat keamanan yang paling baik karena mobil benar-benar berada di tumpuan yang terhubung antara dua tiang.

Betumpunya keempat roda mobil  pada setiap tumpuan car lift menjadikan mobil menapak dengan baik. Sehinggai jenis ini dinilai lebih tahan terhadap guncangan yang besar. Oleh karenanya, jenis ini digunakan untuk perbaikan keselaran roda ( spooring ) yang memang dalam perbaikan sering terjadi guncangan pada mobil saat dilakukan penyetelan.


Akan tetapi car lift type four post ini dinilai kurang  cocok untuk perbaikan chasis seperti rem, suspensi, ball joint dan lain-lain. Karena pada jenis perbaikan tersebut, posisi roda mobil haruslah tergantung. Sedangkan pada jenis car lift ini, roda mobil malah menjadi tumpuan.


C.4. Tipe Scissor Car Lift

car lift jenis scissor

Scissor car lift adalah alat pengangkat mobil yang cara bekerjanya mirip mekanisme gunting. Kelebihan car lift jenis ini adalah bentuknya yang portable ketika tidak dioperasikan.

Dalam kondisi off penuh, car lift scissor akan masuk kedalam lubang pada lantai sehingga kondisi lantai menjadi lebih rata dan tidak mengganggu lalu lintas diatasnya.



D. Cara Menggunakan Car Lift Yang Aman

Bentuk konstruksi car lift yang digerakkan secara mekanik maupun hidrolik, hampir tidak dapat dibedakan, termasuk cara menggunakannya pun hampir sama. Dengan demikian, jika sudah bisa menggunakan car lift penggerak mekanik maka otomatis akan dapat menggunakan penggerak hidrolik. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

Pindahkan kendaraan ke area car lift, dan atur posisi lengan penyangga pada tempat yang aman untuk diangkat, hinga kendaraan dapat diangkat dengan aman. Faktor keamanan yang harus diperhatikan adalah :

  • Daya angkat car lift atau SWL (Safe Working Load) harus diatas berat kendaraan.
  • Posisi kendaraan pada car lift harus seimbang dan tepat pada dudukan yang aman, untuk menghindarkan kendaraan terguling.
  • Di sekitar car lift harus bebas dari barang-barang yang mungkin mengganggu pada saat kendaraan diangkat.
  • Tekan tombol motor listrik hingga kendaraan terangkat setinggi yang diinginkan. Untuk car lift yang menggunakan lengan pengangkat, sebelum mobil terangkat, periksa dahulu lengan pengangkat apakah sudah tepat pada dudukan yang diharapkan dan terhindar dari komponen-komponen yang mungkin rusak.
  • Jika car lift dilengkapi dengan alat pengaman (umumnya penggerak hidrolik) maka pasanglah alat pengaman tersebut untuk mencegah kerusakan pada sistem hidrolik car lift dan sekaligus mencegah car lift turun secara tiba-tiba.
Nah itulah ulasan mengenai fungsi car lift dan jenis - jenisnya.

0 Response to "Fungsi Car LIft ( Pengangkat Mobil ) Dan Jenis - Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel