8 Jenis Tang ( Pliers ) Yang Sering Digunakan Pada Bidang Otomotif

8 jenis tang yang sering digunakan pada bidang otomotif


Tang ( Pliers ) - Saat melakukan perbaikan atau perawatan mesin, mekanik akan menggunakan alat yang sesuai agar proses pengerjaannya menjadi lebih cepat dan efisien. Dari sekian banyak peralatan ( tools ) dibidang otomotif, salah satunya adalah tang. Tang termasuk menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh para mekanik.


A. Fungsi Tang ( Pliers )

Tang adalah alat yang di gunakan untuk memegang benda kerja dan memudahkan mekanik dalam melakukan pekerjaanya. Prinsip kerja tang adalah dengan cara menjepit yang dilakukan dengan menekan kedua belah gagangnya. 

Mekanik akan menggunakan tang untuk beberapa keperluan. Tidak semua keperluan hanya bisa menggunakan 1 ( satu ) tang, melainkan harus disesuaikan dengan jenis tang yang digunakan. Ini bertujuan agar benda tersebut tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. 

B. Jenis - Jenis Tang ( Pliers )

B.1. Combination Plier ( Tang Kombinasi )

tang kombinasi

Tang kombinasi adalah jenis tang dengan beragam fungsi ( multi fungsi ) dan ini sangat berguna. Rahangnya mempunyai gerigi untuk memegang beda rata, sedangkan pada  gerigi yang bulat berfungsi  untuk memegang pipa. Pada bagian ujung dalam rahangnya bisa digunakan untuk memotong.

Jenis tang kombinasi ini juga sebagai bisa digunakan sebagai alat  untuk melilit dan memotong kabel, menggenggam komponen-komponen bulat berukuran kecil, membengkokkan logam yang tipis dan memutar komponen yang keras. Jika Anda berkeinginan untuk membeli tang dengan multi fungsi, maka kami sangat menyarankan untuk membeli tang kombinasi ini.


B.2. Long Nose Plier ( Tang Cucut )

tang cucut ( long noise )

Tang cucut adalah tang  yang digunakan  untuk menjepit komponen - komponen yang berada pada ruang yang kecil ( sempit ). Rahang bagian ujungnya yang semakin panjang semakin kecil akan memudahkan penggunya menggapai komponen yang akan diperbaiki.

Selain itu, tang cucut juga bisa digunakan untuk membengkokkan plat yang lunak dan memutar komponen dengan rahangnya yang bergerigi.


B.3. Slip Joint Pliers  ( Tang Sambungan )

tang slip joint

Tang sambungan  adalah tang yang bisa di stel jangkauan bukaan rahangnya. Tang ini digunakan banyak untuk memutar besi bulat atau pipa. Ukuran diameter pipa yang kecil dapat disesuaikan dengan mengecilkan ukuran rahang. Caranya, pindahkan pada lubang yang tengah. Sedangkan jika pipa berdiamter besar, pindahkan ke lubang bagian sisi pinggir.


B.4. Interlocking joint plier ( Tang Air ) 

tang interlocking

Tang air adalah tang  yang digunakan untuk menjepit benda bundar atau bengkok dengan sangat kuat. Tang ini juga termasuk tang multi fungsi yang  mempunyai kelebihan  sama seperti slip joint pliers. Namun jenis tang ini memiliki bukaan rahang yang lebih besar.

Interlocking joint plier terdiri dari tiga bagian utama: stationary jaw, adjustable jaw, pivot pin dan  nut. Stationary jaw memiliki lima slot melengkung yang pas dengan curved teeth pada adjustable jaw. Jaw berada pada sudut 45 derajat dengan handle untuk memberikan cengkeraman tambahan pada benda kerja ketika daya diaplikasikan untuk memutar bidang yang dikerjakan.


B.5. Cutting Plier ( Tang Potong )

tang potong

Tang potong adalah tang yang fungsi utamanya adalah sebagai pemotong. Tang ini bisa digunakan untuk memotong kabel, slang berdiamter kecil, pipa tembaga kecil dan yang setara. Rahang pemotong ( cutting jaw ) dibuat pada sudut di antara kedua  pegangan/gagangan.

Tang potong tersedia dengan berbagai macam ukuran dan yang paling sering digunakan yaitu ukuran panjang 7 inchi. Pivot pin telah dikunci secara permanen dan tidak bisa diatur agar tidak terjadi kelonggaran pada rahang saat digunakan. Rahang ( jaw ) mempunyai dua permukaan pemotong yang tajam.  


B.6. Vice Grip Pliers  ( Tang Kuat )

tang kuat


Tang buaya adalah tang yang fungsi utamanya untuk menjepit. Perbedaannya dengan jenis tang - tang yang lain adalah tang buaya mempunyai kekuatan jepit yang sangat besar. Kekuatan jepit ini bisa di sesuaikan oleh pengguna sesuai dengan keinginan. 

Karena mempunyai daya jepit yang kuat, tang ini banyak digunakan menjepit benda - benda yang akan dibor, digerinda, diruncingkan dan lain  - lain. 



B.7. External Circlip Pliers ( Tang Sirklip Luar )

tang sirklip luar

Tang Sirklip Luar adalah tang  yang digunakan untuk melepaskan dan memasang external circlip. Circlip adalah komponen yang digunakan untuk menahan bearing pada shaft. Tang circlip ini mempunyai mekanisme kerja keterbalikan dengan arah tekanan tangan. Ketika tang ditekan maka rahang akan membuka, sebaliknya ketika tang dilepas maka rahang mengecil.


B.8. Internal Circlip Pliers ( Tang Sirklip Dalam )

tang sirklip dalam

Tang Sirklip Dalam adalah tang  yang digunakan untuk melepaskan atau memasang internal circlip yang berada di lubang komponen. Mekanisme kerja tang sirklip dalam ini keterbalikan dari cara kerja tang sirklip luar. 

Nah, itulah 8 jenis tang ( pliers ) yang banyak digunakan pada bidang otomotif. Setiap tang mempunyai kelebihan dan kelemahan masing - masing. Oleh karenanya, penggunaan tang yang tepat akan memudahkan pekerjaan.

Sedangkan penggunaan tang yang salah juga dapat berakibat fatal, seperti komponen yang akan diperbaiki semakin rusak atau tang itu sendiri yang mengalami kerusakan. 

0 Response to "8 Jenis Tang ( Pliers ) Yang Sering Digunakan Pada Bidang Otomotif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel