Fungsi Sistem Suspensi Pada Mobil Dan Jenis - Jenis Pegas Yang Digunakan


Sistem suspensi terletak diantara bodi kendaraan dan roda-roda, dan dirancang untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan sehingga menambah kenyamanan. Komponen suspensi terdiri dari pegas, shock absorber, ball joint, stabilizer bar, strut bar, suspension arm, bumper.

Adapun jenis - jenis sistem suspensi yang digunakan pada mobil terbagi menjadi beberapa jenis  ( type ) seperti pada diagram dibawah ini.

Komponen Utama Sistem Suspensi

1. Pegas Coil


Pegas coil adalah pegas berbentuk spiral ( melingkar ). Jenis pegas ini digunakan pada mobil - mobil sedan ( berpenumpang ) karena dinilai lebih baik dalam meredam guncangan sehingga sangat cocok untuk menambah rasa kenyamanan dalam berkendara.

 2. Pegas Daun
Pegas daun adalah pegas yang berbentuk tipis memanjang yang digunakan pada mobil - mobil yang mempunyai beban kerja angkut yang besar seperti truk, container, dumtruk dan sejenisnya. Selain itu, biasanya juga ditambahkan pegas pembantu untuk memaksimalkan kerja pegas daun.

 3. Pegas Batang torsi
Pegas batang torsi digunakan untuk pegas mobil pada bagian roda depan. Jenis pegas ini digunakan untuk mobil - mobil keluaran jaman dulu. Untuk saat ini, jenis pegas batang torsi sudah jarang digunakan, ini karena konstruksi pegas batang torsi yang menempel pada chasis sehingga banyak memakan tempat.


0 Response to "Fungsi Sistem Suspensi Pada Mobil Dan Jenis - Jenis Pegas Yang Digunakan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel