Istilah - Istilah ( Glosarium ) Pada Kopling ( Clutch )

glosarium kopling


Kopling atau clutch adalah komponen pada kendaraan yang berfungsi memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi. Kopling digunakan pada kendaraan - kendaraan yang bertransmisi manual.

Pada kopling terdapat beberapa komponen yang memiliki fungsi masing - masing. Pada artikel ini, kami akan merangkum nama - nama pada kopling dalam bentuk glosarium.

1. FF (Front Engine Front Drive) yaitu suatu jenis kendaraan dengan mesin di bagian depan kendaraan dan sebagai roda penggeraknya adalah roda depan.

2.FR (Front Engine Rear Drive) yaitu suatu jenis kendaraan denganmesin di bagian depan kendaraan dan sebagai roda penggeraknya adalah roda belakang.

3.FWD/ AWD/ 4WD (Four Wheel Drive) yaitu suatu jenis kendaraandengan roda penggeraknya adalah roda depan dan belakang.

4. Kopling yaitu suatu perangkat/ sistem yang merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dan daya dari mesin ke unit pemindah tenaga selanjutnya dengan lembut dan cepat.

5. Kopling Gesek yaitu suatu kopling yang menggunakan gaya gesekmekanis untuk mencapai fungsi kerjanya. Kopling Hidrolik yaitu suatu kopling yang menggunakan gaya hidrolis untuk mencapai fungsi kerjanya.

6. Kopling Magnet yaitu suatu kopling yang menggunakan gaya magnet untuk mencapai fungsi kerjanya.

7. Kopling Satu Arah (One Way Clutch) yaitu suatu unit kopling yang hanya meneruskan putaran dan daya pada satu arah saja, sedangkan pada arah yang berlawanan tidak meneruskan putaran dan daya.

8. Master Silinder yaitu salah satu bagian dari sistem hidrolis yang merupakan suatu pompa pembangkit tekanan, yang kita operasionalkan dengan tenaga mekanik (injakan kaki)

9.Mekanisme Hidrolik yaitu suatu sistem pengoperasian dengan menggunakan tenaga hidrolis dengan suatu master silinder dan release silinder/ actuating silinder.

10. Mekanisme Mekanik yaitu suatu sistem pengoperasian dengan menggunakan tenaga mekanik dengan batang (linkage) maupun dengan kabel (cable).

11. Release Silinder yaitu salah satu bagian dari sistem hidrolis yang merupakan suatu silinder aktuator yang mengaktualisasikan tekanan hidrolis dari master silinder menjadi tenaga mekanis pada
pistonnya/ push rod.

12. Roda Gila (Fly Wheel) yaitu salah satu komponen motor yang berfungsi sebagai penyeimbang putaran motor (balancer) sekaligus penyimpan tenaga putar yang dihasilkan oleh putaran poros
engkol, sehingga poros engkol dapat berputar terus guna manghasilkan langkah usaha kembali (kesinambungan kerja).

13. RR (Rear Engine Rear Drive) yaitu suatu jenis kendaraan dengan mesin di bagian belakang kendaraan dan sebagai roda penggeraknya adalah roda belakang.

14. Transmisi yaitu salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk mendapatkan variasi momen dan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan dan kondisi pembebanan, yang pada umumnya dengan menggunakan perbandingan-perbandingan roda gigi.

0 Response to "Istilah - Istilah ( Glosarium ) Pada Kopling ( Clutch ) "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel