Istilah - Istilah ( Glosarium ) Pada Baterai

istilah - istilah pada baterai


Baterai adalah komponen utama pada sistem kelistrikan kendaraan. Fungsi Baterai  sangat vital, selaian sebagai pemasok tegangan baterai juga berfungsi menyimpan tegangan yang diberikan oleh alternator ( dinamo cas ).

Untuk mempelajari baterai, kita perlu mengetahui istilah - istilah pada baterai itu sendiri. Berikut ini adalah istilah - istilah ( glosarium ) baterai.

1. Ampere Hour Capacity adalah banyaknya arus pada baterai yang diisi penuh dapat menyediakan arus selama 20 jam pada 27 derajat Celsius, tanpa penurunan teganngan tiap sel dibawah 1.75 volt.

2. Baterai adalah dua atau lebih sel elektrik yang dihubungkan, biasanyasecara seri, dan bekerja serempak sebagai satu unit sumber tenaga.

3. Alat Pengisian Baterai (Battery Charger) Salah satu alat dalam bengkel yang dipergunakan untuk memperbaharui energy dalam baterai dengan cara mengalirkan arus ke dalam baterai dengan arah berlawanan dari saat dipakai.

4. Cold Cranking Current (CCA) adalah arus (dalam ampere) dari baterai yang diisi penuh sehingga dapat memberikan arus untuk 30 detik pada 18 derajat Celsius selama itu tetap menjaga tegangan setiap sel 1.2 volt atau lebih.

5. Circuit adalah rangkaian jalur konduktor tertutup yang dapat dialiri arus

6. Reaksi Kimia adalah perubahan yang terjadi pada pplat positif dan negatif dalam larutan elektrolit yang menghasilkan energi listrik pada saat baterai mendapatkan beban pengeluaran arus listrik.

7. Pengaliran arus (Discharge) adalah saat baterai mengalirkan arus listrik keluar dari baterai

8. Elektrolit pada baterai otomotif adalah larutan antara asam sulfat dan air

9.  Hydrometer adalah  alat dengan pelampung yang dipakai untuk menentukan spesifikasi grafitasi larutan elektrolit pada baterai, ini akan menentukan seberapa besar pengisian yang harus dilakukan.

10. Sambungan Parallel cara untuk menggabungkan dua atau lebih baterai untuk mendapatkan beda potensial yang sama setelah menghubungkannya.

11. Plat adalah lempengan logam dengan paduan lead oxida, acam sulfat dan air, ditempatkan didalam baterai, biasanya jumlah plat negatif satu lebih banyak daripada plat positif.

12. Baterai Primer adalah tipe baterai yang dapat disimpan dan menghasilkan energi listrik, tetapi tidak dapat diisi kembali.

13. Kepadatan Relatif (Relative Density) adalah rasio massa antara larutan yang dibandingan dengan volume air.

14. Reserve Capacity adalah kapasitas layanan adalah banyaknya waktu dalam menit pada baterai yang diisi penuh dapat memberikan arus sebesar 25 ampere pada 27 derajat Clsius setelah sistim
pengisian dilepas.

15. Baterai Sekunder adalah Baterai yang dapat disimpan dan menyalurkan energi listrik dan dapat diisi kembali dengan memberikan arus dengan arah berlawanan pada saat baterai mengalirkan arusnya.

16. Separator adalah pembatas antara plat positif dan negatif tetapi yang memungkin aliran ion dapat melewatinya.

17. Sambungan Seri adalah cara menggabungkan dua atau lebih yang dapat menyediakan satu jalur tunggal arus keluaran.

18. Voltage adalah nilai tegangan listrik yang dilambangkan dengan Volt

0 Response to "Istilah - Istilah ( Glosarium ) Pada Baterai "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel