Mengatasi Kode Masalah P0171 ( Campuran Bahan Bakar Kurus ) Pada Mesin Toyota

mengatasi masalah kode P0171 mesin toyota

lksotomotif.com - Ini adalah salah satu kode masalah yang paling umum pada mesin  V-6 dan mesin yang lebih besar. P0171 adalah kode yang mengindikasikan "System Too Lean (Bank 1)," atau sistem campuran bahan bakar terlalu kurus. Ini   dipicu oleh sensor gas buang pertama (02) (alias sensor upstream 02) di sisi "Bank 1" mesin (ditunjuk sebagai sisi mana yang memiliki silinder nomor satu ).

Seperti kita ketahui bahwa campuran udara dan bahan bakar harus berada pada nominal ideal untuk mendapatkan hasil pembakaran yang sempurna. Campuran udara bahan bakar yang kurus mengakibatkan pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit, namun ini berakibat pada pembakaran yang tidak sempurna serta kenaikan suhu mesin yang tidak normal. 

Campuran Udara-Bahan Bakar

Hampir semua mesin bensin Toyota mengupayakan campuran udara dan  bahan bakar  pada nilai 14,7:1, dan mereka mencapai tujuan ini dengan mengukur jumlah oksigen dalam aliran gas buang menggunakan sensor O2. 

Modul kontrol mesin (ECM, kadang-kadang disebut sebagai ECU) menggunakan pembacaan dari sensor O2 untuk menyesuaikan campuran udara/bahan bakar untuk efisiensi yang optimal. Ketika campuran memiliki terlalu banyak oksigen, ECM menambahkan lebih banyak bahan bakar ke mesin.

Jika pembacaan oksigen tidak berubah dengan cara yang sesuai dengan perubahan campuran bahan bakar - yaitu mesin mengalami campuran lebih kaya, tetapi sensor oksigen tidak mengukur perubahan kadar oksigen - ECM akan mendaftarkan kode P0171 OBD II. Kode P0171  cukup sering yang  dipicu bersamaan dengan kode P0174, yang muncul saat sensor Bank 2 mendeteksi terlalu banyak oksigen di knalpot.

Pemecahan Masalah Kode P0171

Seringkali, P0171 berarti bahwa Toyota Anda mengalami masalah dengan sensor Mass Air Flow  (MAF ) yang kotor atau rusak, atau kebocoran vakum di bagian hilir sensor MAF (mungkin di jalur PCV atau di katup itu sendiri). Tentu saja, kode ini juga dapat menandakan sensor O2 yang buruk di bank 1.

Selain itu, jarang (tetapi masih mungkin) bahwa kode P0171 dapat tersandung oleh injektor bahan bakar yang tersumbat, oleh filter bahan bakar yang kotor yang menyebabkan tekanan bahan bakar rendah, atau bahkan kebocoran gas buang sebelum sensor O2 pertama. Bukankah mendiagnosis kode masalah mesin adalah hal yang menyenangkan ? 

Sering kali, cara terbaik untuk merespons P017 adalah dengan mencoba membersihkan sensor MAF dan saluran yang mengalir ke dan darinya. Ini akan sering menyelesaikan masalah ini.

Saat Anda membersihkan sensor MAF, pastikan untuk memeriksa semua saluran termasuk selang vakum dan Positive Crankase Valve ( PCV ). Cari kerutan, retakan dan kerusakan lain serta  ganti part yang rusak sesuai kebutuhan. Selain itu, pastikan untuk memeriksa semua sambungan dan selang pada saluran masuk udara dan periksa kebocoran intake manifold.

Akhirnya, bukanlah sebuah ide yang buruk untuk mengganti filter udara dan saringan  bahan bakar Anda, terutama jika mereka akan segera diganti.

Jika membersihkan sensor MAF dan memeriksa saluran tidak menyelesaikan masalah, mungkin sudah waktunya untuk mengganti sensor O2 di bank 1. Lihat manual Toyota Anda untuk lokasi tepatnya, yang khusus untuk model tersebut. Jika itu tidak berhasil, mungkin inilah saatnya untuk meminta bantuan seorang profesional.

0 Response to "Mengatasi Kode Masalah P0171 ( Campuran Bahan Bakar Kurus ) Pada Mesin Toyota "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel