Tiga Jenis Konfigurasi Bodi Mobil ( Car Body Configuration )

lksotomotif.com - Konfigurasi bentuk bodi mobil biasnaya ditentukan oleh tata letak kompartemen mesin, penumpang dan bagasi. Yang mana ketiga bagian tersebut diartikulasikan secara terpisah. Fitur desain utama adalah pilar penyangga atap mobil yang dihitung dari arah depan ke belakang. Kita mengenalnya dengan nama pilar A, pilar B, pilar C dan pilar D. 

Konfigurasi bodi mobil yang umum adalah desain bodi satu kotak. Desain satu kotak ini contohnya Van, minivan dan MPV. Sedangkan contoh desain bodi dua kotak misalnya hatchback dan desain bodi tiga kotak yaitu sedan/saloon.

Desain Bodi Mobil Satu Kotak

konfigurasi desain bodi mobil satu kotak


Desain bodi mobil satu kotak juga disebut konfigurasi monospace, mono-box atau monovolume. Bentuk dsain bodi mobil satu kotak yaitu satu volume yang terdiri dari area mesin, kabin dan kargo. Ciri khas dari bentuk ini adalah meletakkan pilar A kendaraan lebih jauh kedepan.

Dipercaya secara luas bahwa desain bodi satu kotak menawarkan ruang interior terbesar untuk dimensi eksternal tertentu,  namun ada juga yang  meragukan efektivitasnya. Desain bodi satu  kotak membebaskan ruang di depan pengemudi dengan memajukan kaca kearah depan.

desain mobil satu kotak

Namun demikian, seperti terlihat pada gambar di atas, ruangan tambahan tersebut (area abu-abu) tidak terlalu berkontribusi pada kenyamanan pengemudi. Itu hanya menciptakan perasaan "lebih bebas" bagi pengemudi.

Karena kaca depan didorong ke depan, sebenarnya visibilitas ( jarak pandang ) pengemudi   berkurang. Pengemudi bahkan tidak bisa melihat bagian depan mobilnya, sehingga menimbulkan beberapa masalah saat  parkir.

Desain bodi satu kotak digunakan pada kendaraan komersial ringan seperti , minivan, MPV dan MPV mini. Mobil penumpang dengan desain satu kotak antara lain Vellfier, Hyundai Staria, Daihatsu Grandmax.

Desain Bodi Mobil Dua Kotak

konfigurasi desain bodi mobil dua kotak

Desain bodi mobil dua kotak mengartikulasikan satu untuk volume mesin dan satu untk volume yang menggabungkan volume penumpang dan kargo ( barang ). Contoh dari desain mobil dua kotak yaitu mobil wagon/estate atau hatcback (  tiga pintu atau lima pintu ).  Contoh mobil wagon yang ada di Indonesia yaitu Toyota Corona Estate, Honda Accrord Maestro, Honda Civic Shuttle.

Desain Bodi Mobil Tiga  Kotak

konfigurasi desain bodi mobil tiga  kotak

Desain bodi mobil tiga kotak adalah istilah gaya otomotif yang luas yang menggambarkan sebuah coupé, sedan/saloon, notchback atau hatchback dimana bila dilihat dari profil volume utama diartikulasikan ke dalam tiga kompartemen atau kotak terpisah: mesin, penumpang, dan kargo.

Nah desain bodi mobil  tiga kotak ini sangat bervariasi. Seperti yang pernah diungkapkan hemmings Motor News berkata:

Ketiga kotak ini, yang dikotak-kotakkan sebagaimana adanya, digunakan untuk menunjukkan area yang berbeda dari sebuah mobil—khususnya sedan. Mesin di bawah kap dan kompartemen sekitarnya adalah kotak pertama. Area tempat duduk penumpang adalah kotak lain, atau kotak kedua. Kotak terakhir atau ketiga adalah area kargo atau bagasi. Tidak ada aturan tentang kotak mana yang harus ditempatkan.

Di mana Renault Dauphine adalah salah satu mobil  tiga kotak yang membawa mesinnya di belakang dan kargo di depan, bentuk  koda Octavia mengintegrasikan hatchback dengan artikulasi tiga kotak. Bentuk  ini kemudian digunakan oleh koda Superb yang lebih besar, yang dipasarkan sebagai TwinDoor, di dalam liftgate yang dapat dioperasikan sebagai penutup bagasi atau sebagai hatchback penuh. 

Seperti halnya Ford Escort Eropa generasi ketiga (juga sebuah hatchback), kotak ketiga mungkin merupakan peninggalan. Dan bentuk  tiga kotak tidak harus berbentuk kotak: Car Design News menyebut Fiat Linea yang cair dan bulat sebagai desain tiga kotak dan sebagian besar contoh gaya bulat yang mencolok dari genre ponton adalah desain tiga kotak.

Contoh mobil desain bodi tiga kotak yaitu mobil - mobil sedan. Seperti kita ketahui bahwa jenis sedan di Indonesia sangat banyak. Hampir semua pabrikan mempunyai produksi sedan.

0 Response to "Tiga Jenis Konfigurasi Bodi Mobil ( Car Body Configuration )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )