Apa Itu Pilar Pada Mobil ? Ini Dia Penjelasannya

Jika sebuah rumah memerlukan batang penyangga ( tiang beton ) sebagai tumpuan beban utama pada sebuah bangunan, maka pada mobilpun juga demikian. Yang mana pada mobil mempunyai beberapa tiang - tiang penyangga beberapa bagian penting pada kendaraan. Tiang - tiang inilah yang disebut sebagai pilar pada mobil.

Banyaknya jumlah pilar - pilar pada kendaraan mobil berbeda - beda, tergantung dari jenis mobil tersebut. Tetapi pada dasarnya hanya terdiri dari 3 atau 4 pilar pada setiap kendaraan.


Selain sebagai penopang utama untuk komponen, pilar pada mobil juga berfungsi sebagai faktor pengamanan untuk para penumpang didalamnya. Dimana pilar terletak pada lokasi - lokasi yang secara tidak langusng melindingi penumpang dari benturan luar.

Pilar - pilar ini juga sebagai bidang desain untuk menandakan bentuk lekukan pada kendaraan. Hal ini memudahkan kita untuk menganalisa bentuk lekukan bodi pada setiap pilar yang ada.

Jenis - jenis pilar pada mobil Sedan

Seperti yang terihat pada gambar diatas bahwa pilar - pilar pada mobil sedan berjumlah 3, yaitu pilar A, pilar B, dan pilar C. Adapun fungsi - fungsi pada setiap pilar yaitu sebagai berikut :

Pilar pada jenis mobil Sedan
Pilar pada jenis mobil Sedan
1. Pilar A terletak pada bagian paling depan kendaraan, berfungsi sebagai penopang kaca depan mobil dan melindungi penumpang dari benturan bagian depan.

2. Pilar B terletak dibagian tengah kabin dan berbatasan antara penumpang pada cabin bagian depan ( pengemudi ) dan penumpang. Pilar B berfungsi sebagai dudukan safety belt ( sabuk pengamanan ) untuk penumpang depan.

3.Pilar C terletak dipaling belakang pada mobil jenis sedan. Mempunyai fungsi yang sama pada pilar B yaitu sebagai dudukan safety belt ( sabuk pengamanan ) untuk penumpang. Selain itu, ia juga berfungsi sebagai dudukan kaca mobil bagian belakang. Pilar - pilar ini menjadi rangka utama pada mobil yang saling berkaitan.

Sedangkan pada jenis mobil SUV ( Sport Utility Vehicle ) jumlah pilar nya 4, yaitu pilar D yang terdapat pada bagian belakang. Jenis SUV memang lebih panjang jika dibandingkan jenis sedan. Sehingga membutuhkan pilar tambahan untuk menopang beban - beban tambahan pada bagian belakang.

Pilar pada mobil jenis SUV
Pilar pada mobil jenis SUV 

Pilar D pada mobil jenis SUV berfungsi sebagai dudukan kaca belakang dan juga  penahan / penopang bagian bagasi belakang.


2 Responses to "Apa Itu Pilar Pada Mobil ? Ini Dia Penjelasannya"

  1. sekedar tambahan om, Arti lain dari pilar ini adalah tiang atau penyangga. Setiap mobil mempunyai pilar-pilar yang dipasang dengan berbagai jumlah menurut tipe mobilnya. Pilar ini berguna untuk menyangga bagian mobil yang lain, seperti: atap, pintu, dan sebagainya.

    Pada mobil sedan, jumlah pilar ada 3 buah, yaitu: pilar A, B, dan C. Sedangkan mobil SUV [Sport Utility Vehicle], jumlah pilarnya ditambah 1, yaitu pilar D - mobil SUV terbaru

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel