Jenis - Jenis Bantalan Poros Engkol ( Crank Shaft )

Crankpin dan crank journal pada poros engkol menerima beban yang besar ( dari tekanan hasil pembakaran ) di ruang bakar yang mengakibatkan torak ( piston ) bergerak kebawah yang mendorong poros engkol berputar tinggi. Oleh sebab itu digunakan bantalan - bantalan antara pin dan jurnal yang dilumasi dengan oli untuk mecegak keausan dan terbakar akibat gesekan yang terjadi.

Selain itu, pada crank pin dan jurnal poros engkol juga terdapat lubang - lubang kecil sebagai aliran oli yang memungkinakan terjadinya pelumasan yang maksimal. Komponen ini bekerja dengan keras karena putaran yang tinggi serta menerima beban yang besar.

Adapun macam - macam bantalan yang digunakan pada poros engkol



Bearing Poros Engkol
Bearing Poros Engkol

Poros engkol atau bagian - bagian lainnya yang berputar pada kecepatan tinggi dibawah beban besar menggunakan bantalan tipe sisipan ( insert type bearing ), tipe ini mempunyai daya tahan serta kemampuan mencegah keausan yang baik. Tipe bantalan sisipan ini terdiri dari lapisan baja ( steel sheel ) dan lapisan metal didalamnnya. Bantalan ini berhubungan langsung dengan crankpin atau journal.

Lapisan baja ( steel sheel ) mempunyai bibir pengunci ( locking lip ) untuk mencegah agar bantalan tidak ikut berputar. Tipe bantalan sisipan ini ada beberapa macam. Masing - masing mempunyai lapisan metal yang berbeda. Umumnya bantalan medel sisipan dibuat dari metal ( logam ) putih, kelmet metal atau aluminum.

Pada tiap bantalan mempunyai nomor yang berbeda - beda yang terdapat pada bagian ujungnya. Bila ingin mengganti bantalan, bacalah buku pedoman reperasi untuk mengetahui nomor pada setiap bantalan.

1. Logam Putih
Logam putih ( white metal ) adalah lapisan baja yang dilapisi dengan timah ( tin ), timah hitam ( lead), seng dan campuran lainnya. Bantalan tipe ini sering digunakan pada mesin - mesin dengan beban ringan.

2. Logam Kelmet
Logam kelmet ( kelmet metal ) adalah lapisan baja yang dilapisi dengan tembaga ( cooper ) dan paduan timah hitam ( lead alloy ). Logam kelmet lebih keras dan daya tahannya lebih besar dibanding degan logam putih. Umumnya logam Kelmet digunakan pada mesin yang bebannya besar dan kecepatan tinggi.

3. Logam Alumunium
Lapisan aluminium ( aluminium steel ) adalah lapisan baja yang mengandung alumunium dan campuran timah yang dilebur menjadi satu. Mempunyai daya tahan dan radiasi panas yang baik dibandingkan dengan logam putih atau logam kelmet. Logam ini bisanya digunakan pada mesin bensin.


Celah oli pada bantalan
Celah oli pada bantalan
Celah oli pada bantalan
Oli pelumas harus disalurkan dengan cukup untuk mecegah kontak langsung logam dengan logam antara fixed bearing dan poros engkol selama berputar pada bantalan.Diperlukan adanya celah yang tepat antara bantalan dan poros engkol untuk membentuk lapisan oli film. Celah ini disebut celah oli ( oil clearance ). Ukurannya bermacam - macam tergantung pada jenis mesinnya. Tetapi pada umumnya antara 0,02 - 0,06 mm.

0 Response to "Jenis - Jenis Bantalan Poros Engkol ( Crank Shaft )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel