Mengenal Diesel Comman Rail Dan Keunggulannya

lksotomotif.com - Common rail adalah sistem penginjeksian bertekanan tinggi yang dikontrol secara elektronik untuk mengatur dan membuat tekanan penginjeksian didalam ruang bakar lebih tinggi dari penginjeksian secara konvensional.

Pada pompa injeksi konvensional sangat sulit menaikkan tekanan injeksi pada rpm mesin rendah, karena tekanan injeksi sesuai dengan putaran mesin, oleh sebab itu injection pump konvensional menggunakan fuel injection nozzle dengan lubang nozzle yang kecil.

Pada system common rail dapat mengontrol tekanan penginjeksian secara flexible dengan mengabaikan putaran mesin, dan secara nyata menghasilkan gas buang yang bersih. 

apa itu diesel comman rail

Pompa Bahan Bakar (supply pump)

Pump supply berfungsi untuk menaikkan tekanan bahan bakar hingga 120 Mpa, kemudian dikirim ke common rail (reservoir kecil). Pada pump supply terdapat control valve untuk mengatur tekanan pompa yang dikontrol oleh ECU.

Common Rail

Common rail adalah sebuah reservoir kecil yang berfungsi untuk mempertahankan tekanan bahan bakar dan dikontrol dengan common rail pressure sensor dan regulator sebelum dikirimkan ke masing-masing injector secara bersamaan.

Pressure Sensor

Pressure sensor berfungsi untuk mendeteksi tekanan bahan bakar di dalam common rail dan mengirimkan sinyal tekanan ini ke ECU.

Pressure Limiter

Pressure limiter berfungsi untuk membebaskan tekanan bahan bakar yang berlebihan di dalam common rail dan mengembalikannya ke tangki bahan bakar. 

Electronic Control Unit (ECU)

ECU berfungsi untuk mendeteksi putaran mesin dan menerima sinyal dari sensor-sensor kemudian mengirimkan sinyal ke injector untuk mengontrol jumlah bahan bakar yang diinjeksikan (amount of fuel), dan saat penginjeksian bahan bakar (timing injeksi) untuk mendapatkan penginjeksian yang optimal.

Electronic Driver Unit (EDU)

EDU berfungsi untuk membuka dan menutup injektor berdasarkan sinyal dari ECU.

Injektor

Injektor berfungsi untuk menginjeksikan bahan bakar sebagai respon perintah dari ECU secara optimum juga mengatur penginjeksian bahan bakar setiap saat. Pada injeksi pump konvensional tekanan penginjeksian bervariasi sesuai dengan putaran mesin.

Keunggulan Common Rail

• Performa mesin optimal

• Hemat bahan bakar

• Suara dan getaran rendah

• Ramah lingkungan 

0 Response to "Mengenal Diesel Comman Rail Dan Keunggulannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )