Mengenal Bahan Cylinder Liner ( Lapisan Dinding Silinder )

cylinder liner


lksotomotif.com - Cylinder liner atau lapisan dinding silinder adalah tempat dimana piston melakukan pekerjaannya. Dinding silinder menjadi tumpuan utama piston untuk bergerak naik dan turun secara teratur. Agar piston dapat bekerja secara maksimal, maka setiap mesin memiliki material silinder liner yang berbeda -beda. 

Umumnya bahan dari cylinder liner sama dengan bahan cylinder block. Akan tetapi, liner terhitung memiliki bentuk yang lebih simpel, sehingga memungkinkan menaikkan kekerasan melalui perlakuan panas atau pelapisan permukaan liner dengan chrome untuk memperbaiki ketahanan terhadap keausan.

1. Blok silinder besi tuang

cast iron cylinder liner
Komposisi metalikal ditabur dengan graphit (timah hitam) dalam perlit. Saat bagian graphit dan karbon dari dinding silinder aus, mereka membentuk banyak lubang oli dan akan memperbaiki pelumasan. Selanjutnya bahan ini mudah dicor dan dibuat. 

Memungkinkan produksi massal dan mengurangi biaya, dan karenanya secara luas digunakan untuk blok silinder sekarang ini, akan tetapi, terdapat beberapa kekurangan; memiliki kekuatan, keuletan dan ketahanan korosi yang kurang, dan ekspansi panas tinggi.

2. Liner besi tuang spesial (Monichro liner)

Besi tuang campuran ini mengandung molybdenum, nickle dan chrome. Nickle dan chrome menaikan ketahanan aus, ketahanan korosi dan ketahanan panas. Molybdenum menaikkan keuletan.

3. Liner besi tuang spesial (Super Tarkalloy)

Ini adalah besi tuang campuran yang mengandung silicon, manganese dan boron. Liner ini memiliki ketahanan aus tinggi, sebagai tambahan, bahan ini memiliki fitur tertentu yang tertulis di bawah ini;

• Rasio ketahanan aus tinggi, kira-kira 2 kali besi tuang campuran biasa.

• Mengurangi keausan piston ring.

• Biaya lebih rendah dibanding chrome-plated liner.

• Tidak mungkin terjadi piston ring scuffing dan piston seizure.

• Penyesuaian sangat baik memungkinkan piston ring tipe lain dipasang chrome-plated ring atau

Tarkalloy ring.

• Productivitas baik dan kualitas tinggi.

4. Liner Porous Chrome-Plated

Liner Porous Chrome-Plated

Pelapisan dengan chrome pada permukaan liner dapat menaikkan kekerasan dan pada saat yang sama, mengurangi koefisien aus, dan memperbaiki ketahanan aus, ketahanan korosi dan ketahanan panas. Akan tetapi, tidak ada lubang-lubang oli pada liner karena permukaannya halus, sehingga kemampuan pelumasan buruk. 

Masalah oli pelumas ini diatasi dengan lekukan yang dibuat pada permukaan liner untuk menahan oli pelumas. Liner chrome-plated memiliki rasio ketahanan aus tinggi kira-kira 2 sampai 3 kali liner besi tuang, akan tetapi berbeda antara tipe mesin, dan kondisi kerja. Kerugian dari liner ini adalah mahal, dan tidak cocok digunakan dengan chrome-plated piston ring


5. Chromard Liner

Chromard liner dikembangkan oleh Laystall Cromard Co., England, dan ini mengkompensasi kekurangan chrome-plated liner. Ini berarti ketahanan aus dan korosi sangatlah baik, akan tetapi, piston seizure mudah terjadi. Sebelumnya, permukaan yang tidak rata dibuat di dalam tabung baja tipis dengan mesin honing khusus. Chrome plate diberikan dengan ketebalan kira-kira 0.05 mm, dan setelah proses honing dilakukan untuk membuat lubang oli. Tipe liner ini memiliki ketahanan aus yang lebih tinggi dibanding tipe liner sebelumnya, dan sekarang hanya digunakan untuk mesin diesel ukuran kecil.

Fitur dari chromard liner:

• Ketahanan aus tinggi, ketahanan korosi tinggi dan konduksi panas sangat baik.

• Oli secara merata terpelihara karena ketidak rataan antar lubang dikurangi.

• Tipisnya ketebalan dinding menghasilkan lubang yang lebih besar meskipun jika ukuran blok silinder

sama.

• Jangan mengelupas lapisan chrome.

0 Response to "Mengenal Bahan Cylinder Liner ( Lapisan Dinding Silinder ) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )